Cara Menggunakan Google Alerts dan Manfaatnya

AnakUI.comCara Menggunakan Google Alerts, Banyak yang meremehkan Google Alerts, tetapi jika dikonfigurasi dengan benar, ini bisa sangat membantu dan memberikan wawasan yang berharga. Google Alerts sanagat membantu untuk bisnis kalian, memantau reputasi bisnis Anda hingga memantau kompetitor Anda, ini dapat menemukan peluang baru untuk perkembangan bisnis kalian.

Apa Itu Google Alerts?

Google Alerts adalah Layanan notifikasi gratis dari google yang canggih dengan setelan fleksibel untuk mendukung tujuan pemasaran dan SEO Anda.

Jika Anda mengatur Google Alert dengan benar, layanan ini bisa mendapatkan semua penyebutan penting di kotak masuk Anda untuk meningkatkan tingkat keberhasilan bisnis Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara setting Google Alerts dan bagaimana cara kerjanya, Mari simak artikel dari anakUI.com tentang cara setting Google Alerts dibawah.

Cara Menggunakan Google Alerts

Cara Menggunakan Google Alerts lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat akun Google atau masuk ke akun yang sudah ada dan ikuti petunjuk lebih lanjut dibawah:

Cara Menggunakan Google Alerts

  • Pastikan Anda masuk ke Google Play.
  • Buka https://www.google.com/alerts.
  • Masukkan kata kunci yang ingin Anda cari atau yang ingin Anda analisis pencariannya. Jika ada lebih dari satu kata kunci, pisahkan
    dengan koma.
  • Anda juga dapat memilih beberapa frase kata kunci yang diberikan oleh Google di bagian bawah atau pratinjau lansiran.
  • Jika Anda sudah mengetik semua kata kunci, klik Create Alert.
  • Jangan lupa untuk memasukkan alamat email yang aktif Anda gunakan agar Google dapat mengirimkan hasil pencarian
    berdasarkan kata kunci yang Anda pilih.
  • Konfirmasi segera setelah Anda menerima email Google Alert.
  • Setelah semua setting selesai, klik Alert, dan Anda akan langsung menerima email notifikasi dari Google Alert.

Membuat peringatan

Baik Anda menyiapkan Google Alerts untuk nama perusahaan, pesaing, atau berita apa pun, prosesnya sama.

1. Buka https://www.google.com/alerts dan ketik istilah pencarian Anda.

2. Klik tombol Tampilkan Pilihan di bawah kotak pencarian untuk menerapkan pengaturan yang paling sesuai untuk Anda.

3. Dengan menelusuri daftar variabel, Anda akan dapat menyesuaikan fitur peringatan, seperti:

Cara Menggunakan Google Alerts

  • Seberapa sering: Terima pemberitahuan untuk permintaan pencarian Anda sekali sehari, seminggu sekali, atau saat itu terjadi.
  • Sumber: Minta pemberitahuan dari semua sumber atau sesuaikan untuk menerima pemberitahuan dari blog, buku, video, dll.
  • Bahasa: Pilih bahasa tertentu atau terima notifikasi dalam semua bahasa.
  • Wilayah: Pilih wilayah atau negara tertentu yang ingin Anda analisis.
  • Berapa banyak: Pilih frekuensi hasil pencarian dengan menerapkan opsi “hanya hasil terbaik” atau “semua hasil”. Filter “semua hasil” dirancang untuk memberi tahu pengguna tentang setiap item yang ditemukan di seluruh web, sedangkan opsi “hanya hasil terbaik” hanya menghasilkan hasil penelusuran yang paling relevan.
  • Kirim ke: Masukkan alamat email yang akan menerima peringatan.

Ini adalah saat Google Alerts menampilkan pratinjau notifikasi mendatang, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda telah menyiapkan semua setelan dengan benar.

Cara Menggunakan Google Alerts

4. Klik tombol Buat Peringatan.

Mengedit lansiran

Untuk mengedit atau mengubah Google Alerts, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

  1.  Buka Google Alerts.
  2. Klik ikon pensil di sebelah lansiran yang Anda buat.
  3. Buat perubahan dengan istilah pencarian atau filter Anda.
  4. Tekan tombol Perbarui Peringatan.

Manfaat Google Alerts

Alternatifnya, Anda dapat mengedit Lansiran Google dengan membuka email pemberitahuan dan mengeklik tombol Edit lansiran ini.

Setelah Anda diarahkan ke https://www.google.com/alerts, lakukan langkah yang sama seperti di atas.

Menghapus lansiran

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan Google Alerts, ada dua cara untuk melakukannya. Mereka adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman Google Alerts Anda dan klik ikon tempat sampah di sebelah lansiran.
  2. Buka salah satu email notifikasi Google Alert dan tekan tombol Unsubscribe.

Anda kemudian akan dialihkan ke halaman Google Alerts untuk mengonfirmasi keputusan Anda.

Manfaat Operator

Saat menyetel Google Alerts, Anda dapat memanfaatkan operator penelusuran yang mempersempit dan menyempurnakan hasil secara signifikan. Sebagai contoh:

  • Dengan bantuan operator situs:, Anda dapat mencari di dalam situs web tertentu. Misalnya, ketikkan situs: anakui.com jika Anda ingin membatasi pencarian hanya pada halaman situs web AnakUI.
  • Letakkan kata kunci di dalam tanda kutip jika Anda ingin mencari frasa yang tepat. Misalnya, cari “meja ikea” jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sama persis.
  • Menyetel Lansiran Google dengan tanda hubung atau minus – di depan kata kunci tertentu dapat membantu Anda mengecualikan penelusuran yang mengandung istilah ini. Misalnya, Anda dapat mengetikkan ikea home decor -candles jika Anda tidak ingin mendapatkan hasil yang berisi kata kunci “lilin” saat mencari secara online.

Pengaturan tambahan

Dengan mengeklik tombol pengaturan di dekat bagian Lansiran Saya, Anda juga dapat menyetel waktu saat Anda ingin menerima pemberitahuan dan apakah akan mengirimkan setiap lansiran secara terpisah ke dalam satu email.

Cukup tekan kotak centang di sebelah Waktu Pengiriman, lalu pilih waktu untuk menerima pemberitahuan. Selanjutnya, untuk menentukan frekuensi pengiriman setiap lansiran ke kotak masuk Anda, klik kotak centang di sebelah Intisari. Terakhir, tekan tombol Simpan untuk menutup pengaturan Google Alert.

Manfaat Menggunakan Google Alerts

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Alerts merupakan layanan yang belum banyak diketahui orang. Mungkin ada beberapa yang tidak tertarik dengan layanan ini atau mungkin tidak mengetahuinya sama sekali.

Faktanya, Google Alerts memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para penggunanya, baik untuk blogger maupun website perusahaan.

Setelah mengetahui Cara Menggunakan Google Alerts diatas, mari kita simak beberapa Rangkuman manfaat menggunakan Google Alerts dibawah:

Pemantauan Pengembangan Kompetitor

Google Alerts memudahkan Anda menganalisis perkembangan merek secara online. Sehingga Anda bisa mengetahui penilaian pelanggan terhadap brand Anda, positif atau negatif? Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda cukup memasukkan kata kunci berupa nama brand untuk mendapatkan notifikasi terbaru.

Lacak Kapasitas Kompetitor

Dengan menggunakan Google Alerts, Anda dapat memantau pergerakan kompetitor dengan lebih fleksibel. Anda dapat melacak pesaing dengan memasukkan kata kunci terkait pesaing dan mengatur frekuensi notifikasi yang Anda inginkan. Nantinya, Anda akan menerima informasi kompetitor yang sesuai dengan permintaan pencarian Anda melalui email.

Selalu Update Berita Terbaru

Ide desain untuk strategi digital marketing bisa datang dari mana saja. Salah satunya adalah tren terbaru. Nah, Google Alerts akan membantu Anda mendapatkan informasi terbaru sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Cara ini bisa membuat strategi digital marketing Anda menjadi lebih sempurna.

Penutup

Nah itulah tadi artikel kita tentang Cara Menggunakan Google Alerts dan manfaatnya, Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA