10 Daftar Game yang Bagus untuk Mengasah Otak

anakui.com – Saat berpikir untuk bermain game, mempelajari keterampilan baru tidak selalu terlintas dalam pikiran. Itulah mengapa game yang bagus untuk mengasah otak tidak terlalu familiar di kalangan pecinta game. Tapi bagi sobat yang suka mencari tantangan ketika bermain game, kami punya daftar lengkapnya.

Beberapa kondisi memberikan peluang besar untuk mendapatkan cukup waktu agar pikiran kita tetap tajam. Mulai dari kuis, teka-teki, dan game teka teki asah otak online lainnya dapat membantu “berolahraga” dan mengasah otak kita. Ya, latihan fisik saja tidak cukup. Sobat juga perlu melatih otak agar tetap fresh.

Oleh karena itu, mari kita bicara tentang permainan asah otak dan jawabannya yang akan membantu sobat meningkatkan kapasitas otak, memori, dan konsentrasi serta menikmati manfaat jangka panjang dalam hidup.

Game yang Bagus untuk Mengasah Otak 2022

Game untuk meningkatkan IQ memiliki banyak keuntungan. Secara khusus, itu sering memberikan peluang untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas pribadi seseorang, dan dapat dimainkan kapan saja, di mana saja. Belum lagi, game ini membantu sobat merasa lebih baik dan rileks, tanpa memandang usia.

Selain itu, sama seperti latihan fisik yang membuat tubuh kita kuat, permainan mengasah otak, termasuk game online, berpotensi mempertajam ingatan kita dan menjaga otak kita tetap sehat dan aktif. Ini terutama berlaku untuk game yang melibatkan pemikiran kritis dan pemecahan masalah.

Sekarang, mari kita lihat 10 game yang bagus untuk mengasah otak dan sangat pas untuk sobat coba saat ini.

1. Sudoku

game yang bagus untuk mengasah otak

Sudoku adalah permainan penempatan angka yang mengandalkan ingatan jangka pendek. Menyelesaikan teka-teki sudoku membutuhkan melihat ke depan dan mengikuti jejak hasil. Jika memasukkan 6 ke dalam kotak ini, itu harus menjadi 8 dan ini harus menjadi 4.

Jenis perencanaan ini membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi jangka pendek. Sobat dapat memainkan Sudoku online, di aplikasi atau di atas kertas. Temukan Sudoku biasa di koran, beli buku berisi kumpulan teka-teki, atau unduh aplikasi gratis untuk hp atau tablet.

Teka-teki Sudoku tersedia dalam berbagai tingkat kesulitan. Saat memulai, mainkan permainan yang mudah sampai mempelajari aturannya. Jika sobat bermain di atas kertas, gunakan pensil. Game asah otak matematika ini sangat cocok dimainkan dengan teman-teman yang lain

2. Lumosity

game yang bagus untuk mengasah otak

Lumosity adalah salah satu program pelatihan otak dan kesehatan mental yang paling populer. Sobat dapat mendaftar untuk mendapatkan akun gratis untuk memainkan 3 game per hari atau memilih layanan berlangganan untuk lebih banyak. Sobat juga dapat melacak hasil dan peningkatan yang sobat dapatkan.

Game melatih konsentrasi dewasa ini menyenangkan, karena tes dan aktivitas kesehatan mental Lumosity didukung oleh sains. Sobat dapat memainkannya di situs web atau mengunduh aplikasi gratis untuk iOS dan Android. Lumosity juga memiliki aplikasi meditasi dan mindfulness yang disebut Lumosity Mind.

3. Crosswords

game yang bagus untuk mengasah otak

Teka-teki silang adalah pelatih otak klasik yang tidak hanya mengakses bahasa, tetapi juga memori pada berbagai tingkat pengetahuan. Ada banyak cara untuk mengerjakan teka-teki silang baik online maupun offline. Ketika membeli koran, hampir selalu ada teka-teki silang di dalamnya.

Atau sobat bisa pilih buku teka-teki silang yang sesuai dengan tingkat keahlian dan minat. Sobat juga dapat menemukan banyak pilihan teka-teki silang online atau melalui aplikasi gratis atau murah. Situs web AARP menawarkan teka-teki silang harian gratis untuk semua orang, baik anggota grup atau tidak.

4. Elevate

Sobat perlu mengunduh aplikasi untuk memainkan 35 game pelatihan otak yang berbeda-beda dari Elevate dengan nuansa pendidikan yang kuat. Ini gratis (dengan pembelian dalam aplikasi) dan memiliki puluhan ribu ulasan bintang 5 di versi iOS dan Android.

Permainan mengasah otak remaja ini berfokus pada membaca, menulis, berbicara, dan matematika. Sobat dapat menyesuaikan pelatihan untuk berfokus pada bidang apa pun yang disukai. Seperti kebanyakan permainan otak lainnya, sobat dapat melacak kemajuan untuk melihat bagaimana keterampilan meningkat.

5. Peak

Peak adalah opsi khusus aplikasi lainnya (tersedia untuk iOS dan Android) yang menawarkan permainan asah otak tradisional untuk membantu konsentrasi, memori, pemecahan masalah, ketangkasan mental, dan lebih banyak fungsi kognitif.

Jika sobat adalah orang yang kompetitif, sobat dapat termotivasi dengan melihat performa dibandingkan dengan pengguna lain. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi biaya langganan yang rendah membuka lebih banyak fitur.

6. Happy Neuron

Happy Neuron membagi permainan dan aktivitas menjadi 5 area otak penting: memori, perhatian, bahasa, fungsi eksekutif, dan visual/spasial. Seperti Lumosity, pelatihan dipersonalisasi untuk sobat. Kemajuan dilacak, dan game asah otak website didasarkan pada penelitian ilmiah.

Sobat harus membayar biaya berlangganan bulanan untuk menggunakan situs ini, dan versi aplikasi yang disederhanakan hanya tersedia untuk pengguna Android. Namun, Happy Neuron menawarkan uji coba gratis sehingga sobat dapat melihat apakah sobat menyukai pendekatannya.

7. Braingle

Situs web gratis Braingle memiliki koleksi permainan asah otak terbesar di dunia dan menawarkan komunitas online dengan lebih dari 15.000 teka-teki, permainan, dan permainan asah otak lainnya serta penggemar.

Sobat juga dapat melatih otak dengan membuat teka-teki sendiri. Braingle menawarkan berbagai produk, termasuk ilusi optik, kode dan sandi, serta kuis trivia.

8. Queendom

Queendom memiliki ribuan tes dan survei kepribadian. Ini juga memiliki koleksi “alat otak” yang luas termasuk teka-teki logika, bahasa, spasial dan matematika. kuis trivia; Dan tes bakat – untuk melatih dan menguji otak.

Akun gratis diperlukan untuk menyimpan hasil dan skor. Beberapa pengujian hanya memberikan hasil snapshot secara gratis dan mengenakan biaya untuk laporan lengkap.

9. Brain Age Concentration Training

Brain Age Concentration Training adalah pelatihan otak dan sistem kesehatan mental untuk sistem Nintendo 3DS. Berisi banyak sekali permainan untuk mengasah konsentrasi, daya ingat, berhitung dan kemampuan otak lainnya.

Menyenangkan, portabel, dan menantang. Brain Age juga tersedia di Nintendo Wii U, tetapi tidak di sistem game terbaru Nintendo, Switch. Sobat sangat disaranakn mencoba game melatih fokus yang satu ini.

10. Wordle

Game puzzle berbasis web dari The New York Times ini meledak popularitasnya pada awal tahun 2022 dan sekarang memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Premisnya sederhana. Pengguna memiliki 6 upaya untuk menebak kata 5 huruf.

Kombinasi tantangan pemecahan masalah Wordle dan antarmuka yang mudah digunakan memberikan pelatihan mental yang memuaskan.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA