Pengertian Intuisi , Manfaat Dan Cara Melatihnya

anakui.com – Pengertian Intuisi , Sebut saja firasat, dorongan, kesemutan, sedikit suara di kepala Anda, firasat. Ini semua cara alam memberitahu Anda.

Intuisi berarti kemampuan untuk mengetahui atau memahami sesuatu secara naluriah dan langsung di luar pikiran rasional. Anda mungkin pernah mengalami momen intuitif, tetapi apakah ada cara untuk hidup dengan intuisi Anda?

Inilah yang perlu Anda ketahui untuk mengetahui apa artinya yang benar-benar intuitif dan bagaimana memanfaatkan kekuatan super ini.

pengertian intuisi

Berikut Pengertian Intuisi

Sangat intuitif untuk mengakses informasi di luar apa yang dapat Anda lihat, dengar, rasakan, cium, dan sentuh. Ini adalah pengetahuan yang lebih tinggi yang berasal dari dalam yang memandu hidup Anda.

Pada dasarnya, intuisi meliputi:

  • Bisa merasakan perasaan orang lain
  • Memiliki visi kebaikan tertinggi untuk semua orang
  • Dengarkan suara hati Anda dan percayalah pada insting Anda.
  • Jangkar kesadaran Anda pada saat ini
  • mengamati lingkungan sekitar

Hasilnya, Anda membuat keputusan yang lebih baik, menarik sinkronisitas, dan menjalani kehidupan yang melebihi impian terliar Anda.

Manfaat intuisi yang Terbukti Secara Ilmiah

Pengertian Intuisi Menurut Sonia Choquette, seorang guru dan pelatih intuisi di Mindvalley’s Sixth Sense Superpower Quest, menjalankan intuisi membantu Anda menyatukan pikiran dan hati. Dia percaya bahwa hati Anda adalah pusat yang memungkinkan Anda mencapai potensi penuh Anda.

Jika menurut Anda ini berlebihan, mari kita lihat tiga manfaat yang didukung sains dari menjadi orang yang intuitif.

#1: Mengirim Pesan Melalui Hati Anda

Sebuah fakultas di University of Edinburgh melakukan penelitian tentang apakah orang memiliki kemampuan untuk ‘mengirim’ pesan hanya dengan pikiran mereka.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, ‘pengirim’ dan ‘penerima’, dipisahkan menjadi dua ruangan yang berbeda.

Penerima mendengarkan derau putih, memakai kacamata pengaman, dan terkena lampu merah untuk mencegah pengirim mengirimkan informasi sensorik.

Itu menunjukkan kepada pengirim video tertentu dan menginstruksikan penerima untuk mengirim gambar video hanya dengan hati.

Selanjutnya, empat video berbeda diperlihatkan kepada penerima, dan penerima harus memilih video yang menurut mereka telah dilihat oleh pengirim.

‘Hit rate’ yang diharapkan adalah 25%, tetapi penerima benar-benar mencapai ‘hit rate’ sebesar 33%. Peningkatan 7% yang luar biasa!

Pendiri Mindvalley Vishen menjelaskan bahwa 7% dapat dianggap bukan masalah besar. Namun, ketika diterapkan pada situasi dunia nyata, ini bisa menjadi sangat penting.

Ini menunjukkan bahwa kemungkinan intuisi menjadi nyata adalah satu banding miliaran yang mendukung intuisi.

#2: Memprediksi Masa Depan

Studi lain tentang makna intuitif membuat peserta memprediksi apakah gambar acak yang ditampilkan di komputer berada di belakang ‘Tirai #1’ atau ‘Tirai #2’.

Para peneliti mengukur respons fisiologis halus, seperti pembukaan kelenjar keringat di telapak tangan peserta.

Peserta berjuang untuk secara sadar memutuskan ‘tirai’ mana yang ada di belakang gambar. Anehnya, tubuh mereka secara intuitif mengetahui jawabannya dua atau tiga detik sebelum sistem acak komputer memutuskan tirai mana yang akan digunakan.

Meskipun peserta tidak selalu secara sadar menyadari intuisi dan pengetahuan sebelumnya tentang fisiologi mereka, telapak tangan yang berkeringat hampir 100% akurat.

Institut HeartMath melakukan penelitian yang sangat mirip dan mengukur detak jantung peserta dengan hasil yang identik. Fisiologi kita tampaknya mampu memprediksi masa depan dengan cara yang misterius.

#3: Buat Keputusan Terbaik — Segera

Studi lain tentang Pengertian Intuisi memvalidasi intuisi yang kita rasakan saat membuat keputusan penting.

Mereka mempelajari pembeli mobil dan menemukan bahwa beberapa pembeli mobil menghabiskan banyak waktu untuk menganalisis informasi tentang berbagai pilihan mobil. Hanya 25% yang puas dengan keputusan pembelian mereka.

Pembeli mobil lain membuat keputusan cepat dan intuitif berdasarkan firasat. Mereka puas dengan pembelian 60% dari waktu.

Pengambilan keputusan yang intuitif tampaknya bekerja lebih baik daripada pengambilan keputusan yang rasional.

Cara Melatih Intuisi

Ada banyak cara untuk menggunakan intuisi Anda. Faktanya, Anda menggunakannya sepanjang waktu tanpa menyadarinya. Bayangkan betapa mudah dan mudahnya hidup Anda setelah Anda mulai menggunakannya dengan sengaja dan sadar!

Pengertian Intuisi Menurut pakar dan pelatih intuisi Mindvalley, berikut adalah lima cara praktis untuk mempertajam intuisi Anda.

#1: Berhentilah Berpikir berlebihan

Jeffer Allen, seorang penyembuh dan pelatih energi di Mindvalley’s Duality Quest, menjelaskan bahwa terlalu banyak kebisingan batin adalah alasan terbesar orang tidak dapat mendengar intuisi mereka.

Apa itu Kebisingan batin ?

Ini adalah kasus dengan:

  • Periksa detail dan pola yang tidak penting
  • Carilah ketelitian ekstrim dalam segala hal yang Anda lakukan
  • Berusaha keras untuk membuat keputusan yang paling optimal.
  • terlalu banyak bicara
  • Mengantisipasi serangkaian hasil hipotetis.
  • Ceritakan kisah orang yang tidak Anda kenal

Intuisi memungkinkan Anda menjalani hidup dengan cara berpikir. Ketika Anda berhenti memikirkan apa yang harus dilihat, Anda akan takjub dengan apa yang Anda lihat.

Pengertian Intuisi Penting untuk dipahami bahwa tidak ada yang salah dengan pikiran rasional yang cenderung menganalisis segalanya. Intuisi adalah tentang pemikiran yang seimbang sehingga Anda dapat menggunakan keduanya.

Agar lebih intuitif, Anda sebaiknya berpikir berlebihan dan mematikan penganalisis. Ini akan segera membantu Anda melihat gambaran yang lebih besar.

#2: Hilangkan Gangguan

Selain pikiran yang mengganggu intuisi, perhatian dapat terganggu oleh gagasan, pemikiran, pendapat, norma sosial, ingatan, dan kelupaan orang lain.

kebutuhan akan validasi dan penerimaan bisa menjadi penghalang nyata untuk menjadi lebih intuitif.

“Jawaban yang diperoleh melalui intuisi mungkin tidak sesuai dengan norma sosial. Inilah mengapa kita menilai diri kita sendiri dan mempertanyakan intuisi kita karena takut tidak disetujui oleh orang lain,” .

Bahkan ingatan Anda tentang masa lalu sulit dipahami, bertentangan dengan intuisi Anda yang selalu berada di saat ini.

Sederhananya, untuk menjadi lebih intuitif, Anda perlu beralih ke intuisi Anda, jauh dari semua gangguan eksternal.

#3: Meditasi

Kita semua memiliki intuisi dari waktu ke waktu, tetapi meditasi dapat memperdalamnya.

Sonia Choquette merekomendasikan meditasi pagi untuk mengalihkan fokus Anda dari dunia luar ke suara hati Anda yang memandu hari Anda.

Bermeditasi sebelum tidur mengaktifkan kembali imajinasi Anda dan membuka pikiran bawah sadar Anda.

Intinya, latihan meditasi memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan dunia dengan kemungkinan tak terbatas.

#4: Menari

Kapan terakhir kali Anda menikmati tarian yang bagus? Bukankah itu luar biasa

Ternyata menari tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tetapi juga dapat meningkatkan intuisi Anda.

Sonia menyebut pengertian dan metode menari adalah alat ‘Menari dalam Api Perlawanan’.

Dia menjelaskan bahwa mengikuti perasaan dan energi adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang intuitif. Jadi, tarian ini membantu Anda menyerah pada energi yang menggerakkan Anda dan menghentikan Anda dari berpikir.

#5: Tanda Pemberitahuan

Intuisi Anda tidak berasal dari kecerdasan Anda, jadi Anda tidak berbicara secara langsung. Ia berbicara melalui tanda, simbol, dan metafora.

Itu bisa berupa suasana hati yang menarik perhatian, hit, atau lelucon.

Secara alami, menjadi lebih intuitif berarti beradaptasi lebih baik dengan lingkungan Anda dan melihat semua perubahan halus daripada hidup dengan autopilot.

Untuk melihat lebih banyak tanda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa yang berbeda dari tempat ini? Apa yang telah berubah?
  • Apa yang tidak saya perhatikan sebelumnya?
  • Apa tiga hal baru tentang tempat ini?

Saat Anda menerima tanda tangan, Anda harus menerimanya sebagai informasi penting dan segera mengambil keputusan dalam hitungan detik.

Akhir Kata

Artikel diatas membahas tentang Pengertian Intuisi , semoga artikel ini dapat membantu , terimakasih

Leave a Comment