Tahun baru memunculkan berbagai resolusi baru. Entah dari sektor kehidupan, perkuliahan atau bahkan percintaan. Ada pula yang menyabut tahun dengan perubahan penampilan supaya terlihat lebih fresh. Perubahan seperti ini biasanya dilakukan oleh para perempuan.

Yes, girls kita ngga bisa terlepas dari suatu hal bernama make-up. Suka tidak suka suatu saat kita pasti akan berurusan dengannya (minimal pas dampingin si dia wisuda, hihi). Tentunya bersolek tidak akan jadi masalah bagi mereka yang pada dasarnya bisa dan gape dalam penggunaannya.

Trus gimana jadinya sama yang ngga bisa alias buta make-up? Bisa bedain lip gloss sama lip tint juga udah syukur. Jangan cemas, karena itulah artikel ini ada untuk memberikan tips untuk kamu yang ngga bisa atau baru akan mencoba make up.

 

1. Bersihkan wajah

Pertama-tama cuci muka dulu ya sis

Pertama-tama cuci muka dulu ya sis (Blaž Vizjak via Compfight cc)

Girls, kalau biasanya kamu hanya membersihkan wajah setelah beraktivitas dan terkena debu, tambahkan lagi dalam daftar kalian untuk melakukannya sebelum ber make-up. Gunanya untuk membersihkan kotoran dan minyak yang mendiami wajahmu. Selain itu, wajah jadi mudah didandani setelah dibersihkan. Inget, hal ini wajib loh untuk dilakukan.

 

advertisement

2. Pelembab is a must

 

Aww, baru pake pelembab aja udah cakep begini :">

Aww, baru pake pelembab aja udah cakep begini :”> (cantikalamiku.com)

Setomboy-tomboynya kamu, kulitmu tetap butuh perhatian dan pelembab lah yang akan jadi jawabannya. Dia akan membuat kulitmu terjaga kelembabannya dan tidak kering, serta ssebagi dasar dari riasanmu. Pengaplikasiannya juga mudah. Jadi buat kamu yang merasa tidak bisa dandan, mulailah dengan step terendah yaitu merawat kulit dengan menggunakan pelembab. Ingat, pilihlah pelembab dengan SPF 50 yang akan melindungimu dari jahatnya paparan sinar matahari.

 

3. It’s not about BB cream and foundation

Salah satu merek BB cream. Apa merek yang kamu pakai?

Salah satu merek BB cream. Apa merek yang kamu pakai? (Idhren via Compfight cc)

Dandan itu ngga melulu harus menggunakan BB cream dan foundation. Kalau kamu mau bisa loh hanya dengan menggunakan pelembab dan bedak saja yang tentunya akan cocok digunakan untuk tampilan sehari-hari. Bedak sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu compact dan powder. Kalau kamu suka dengan tampilan yamg ringan disarankan untuk memilih powder. Untuk warna pilihlah yang senatural mungkin dan mendekati warna wajahmu.

Kalau kamu memilih untuk menggunakan bb cream juga tak apa. Namun kembali lagi usahakan untuk memilih warna natural yang mirip dengan warna wajahmu. Tentunya kamu tidak mau terlihat seperti memakai topeng kan?

Jika kamu masih bingung, silakan kunjungi toko kosmetik terdekat dan meminta saran dari Beauty Advisor di sana.

advertisement

 

4. Alis akan membuatmu berbeda

Pensil alis

Tapi yaa, ga kaya gini jugaa

Siapa sangka hanya dengan merapikan dan mempercatik alis akan memberimu penampilan berbeda. Tapi itu memang faktanya. Jadi mulai sekarang yang perlu kamu lakukan adalah, bersahabatlah dengan pensil alismu. Tapi, kekurangannya adalah belajar membentuk alis tak semudah keliatannya. Perlu banyak latihan dan eksperimen. Jadi, jangan lelah mencoba!

 

5. Bermain dengan eyeliner

Pake eyeliner

Hmm, sulit, tapi aku pasti bisa! (Mustafa Sayed via Compfight cc)

Ketahuilah, eyeliner mampu membuat matamu lebih cantik dan hidup. Males pake mascara atau eye shadow? Gampang pake aja eyeliner. Cepat, simple tapi berefek wah. Sayangnya, kamu harus sabar-sabar dalam pengaplikasiannya. Karena bukan tidak mungkin kamu bakalan messed up antara kanan dan kirinya. Makanya disarankan untuk pemula memakai eyeliner pensil atau spidol. Selain mudah digunakan, ia juga mudah untuk pembentukan. Setelah kamu lebih lihai bolehlah menggunakan jenis gel atau cair.

 

6. Blush on, blush up your cheek

Blush on

Cakep? Maaciii (from stylelist.ca)

Selanjutnya blush on atau bronze. Merasa mukamu pucat? Pakai blush on. Dia akan memberikan tampilan fresh untuk wajahmu. Untuk efek natural pilih warns pink atau peach. Sapukan di wajah seperlunya. Oh Iya, kalau kamu mau lebih praktis bisa loh memilih lip gloss khusus yang juga bisa dijadikan blush on.

 

7. Lipstick makes your lips movin

Pake lipstik

Hmm, ga perlu semonyong ini juga kali ya? (Brandilyn Photography via Compfight cc)

The last, lipstick alias gincu. Ini nih benda yang ngga boleh ketinggalan. Lipstick akan menyempurnakan tampilanmu. Kalau kamu pikir lipstick hanya bisa membuat penampilanmu menor, think about it again. Selain itu produk untuk bibir ini banyak jenisnya mulai lip balm, lip butter, lip gloss sampai lip tint. Tinggal pilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa pilih warna yang cocok untukmu juga ya.

 

Nah, itu tadi tips buat kalian yang pemula dalam hal make up. Semoga seteleh membaca artikel ini kamu jadi terinspirasi ya. Nggak ada salahnya kok bermain sedikit dengan bedak dan lipstick. Selain itu, banyak tutorial make up simpel yang dapat kamu pelajari juga. Kuncinya jangan lelah berlatih dan bereksperimen. Xoxo.

 

Head photo credit: kaje_yomama via Compfight cc



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (58%)
  • 😍 (17%)
  • 😒 (6%)
  • 😮 (6%)
  • 😆 (5%)
  • 😡 (4%)
  • 😭 (3%)