1000 Buku Untuk Desa Labansari


0

Labansari – Cikarang Timur, Mahasiswa Public Relations President University, menggelar kampanye Gerakan 1000 Buku untuk Desa Labansari, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pembukaan acara peresmian Taman Baca tersebut sukses diselenggarakan pada 8 Februari 2016 di SDN 01 Labansari. Acara ini dihadiri oleh 400 warga yang sangat antusias dalam memeriahkan acara tersebut. Pembukaan acara ini juga disaksikan oleh Sekretaris Desa Labansari Bapak Suparja, Kepala Sekolah SDN 01 Desa Labansari Bapak Camin, Kepala Program Studi Komunikasi President University Bapak Dindin Dimyati, serta Dosen Ilmu Komunikasi President University Bapak Bobry P. Khaerudin, Bapak Achmad Supardi, dan Bapak Muhammad Shihab.

Kampanye Gerakan 1000 buku ; Bukumu, Duniamu, Yuk Baca Buku! adalah salah satu proyek dari mahasiswa tingkat akhir Public Relations President University untuk memenuhi syarat kelulusan dalam ujian akhir semester tingkat akhir. Acara Bukumu, Duniamu: Yuk Baca Buku! dibagi menjadi 2 proyek. Proyek pertama adalah kampanye Gerakan 1000 Buku, yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi berupa buku dan/atau uang. Proyek yang kedua yakni mengenai budaya membaca yang meliputi pembukaan Taman Baca, mengajar, sosialisasi akan manfaat yang didapat dari membaca, serta pengadaan lomba mewarnai.

1455457128299

Acara ini dibuka dengan jalan sehat yang dimulai dari Balai Desa Labansari menuju ke SDN 01 Labansari. Antusiasme para peserta jalan sehat dalam acara pembukaan Taman Baca diikuti oleh 400 peserta anak-anak dan ibu-ibu dari berbagai RT dan RW yang ada di Desa Labansari. Pembukaan Taman Baca Desa Labansari dimeriahkan oleh penampilan ibu-ibu yang antusias mengikuti lomba karaoke dangdut untuk menyegarkan suasana. Hal ini bertujuan agar ibu-ibu dapat mengajak anak-anaknya untuk datang ke Taman Baca dan menggunakan fasilitas didalamnya.

Sumbangan dan donasi terus berdatangan dari berbagai pihak yang mendukung acara Gerakan 1000 buku sehingga dapat terlaksana dengan baik. Banyak sekali sumbangan buku-buku, mulai dari buku pelajaran, buku komik, kamus dan lain sebagainya yang sangat bermanfaat untuk dibaca oleh anak-anak di Desa Labansari. Donasi yang didapatkan, digunakan untuk merenovasi gedung yang saat ini sudah menjadi taman baca sebagai fasilitas penunjang utama.

1455257275729

1454749306466

Di dalam Taman Baca Desa Labansari terdapat berbagai macam buku yang bisa dibaca oleh anak-anak maupun ibu-ibunya. Karena tidak hanya buku pengetahuan saja yang ada di Taman Baca tersebut, tetapi tersedia juga buku bacaan yang dapat dibaca oleh ibu-ibunya. Hal ini dapat mendorong ibu-ibu untuk tidak hanya mendorong minat anaknya untuk membaca tetapi ibunya pun dapat juga menguntungkan fasilitas Taman Baca Desa Labansari. Dengan membuat Taman Baca di SDN 01 Labansari, diharapkan dapat memfasilitasi anak-anak yang ada di Desa Labansari agar mau membaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka seputar ilmu pengetahuan dan umum.

Tidak hanya membuat Taman Baca dan memberikan fasilitas yang dapat digunakan didalamnya, rencananya para mahasiswa Public Relations President University ini juga akan mengadakan kegiatan Mengajar dan Sosialisasi Manfaat Membaca. Kegiatan ini akan diberikan kepada siswa-siswi yang ada di Desa Labansari untuk mendorong minat mereka akan pentingnya membaca untuk masa depan mereka yang kebih baik. Kegiatan mengajar akan dilakukan dari tanggal 9 sampai 19 Februari 2016 di SDN 01 Labansari.

20160207_074757

Desa Labansari adalah desa binaan President University yang terletak di Kabupaten Bekasi tepatnya di Kecamatan Cikarang Timur yang berbatasan langsung dengan Kota Karawang, Jawa Barat. Mata pencaharian utama Desa Labansari adalah buruh tani. Sebagian besar areal persawahan dimiliki oleh warga luar desa, sehingga hasil panen akan diberikan kepada pemilik sawah. Selain buruh tani, warga Desa Labansari juga memiliki keterampilan mengayam bambu, anyaman yang dihasilkan adalah bilik. Bagi sebagian warga yang memiliki keahlian tambahan seperti membuat kue, itu akan menjadi modal untuk mencari tambahan penghasilan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply