2nd UI Islamic Book Fair


0

2nd UI Islamic Book Fair
Peradaban dan Lembar Kejayaan

grand design

 

2nd UI Islamic Book Fair (IBF) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Kampus Salam UI. UI IBF merupakan kegiatan yang berkontribusi dalam bidang edukasi demi kemajuan negeri. UI IBF dengan tema “Peradaban dan Lembar Kejayaan” dilaksanakan untuk memfasilitasi perkembangan ilmu pengetahuan sebagai pembangun peradaban bangsa. UI IBF akan dilaksanakan pada tanggal 26-29 November 2014 di Balairung Kampus UI Depok dan terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya.

Berawal dari pembangunan sebuah peradaban, para pengunjung UI IBF akan diajak untuk mengeksplor berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Mulai dari acara utama UI IBF yaitu Book Fair bersama dengan puluhan penerbit dalam 4 hari. Dalam pelaksanaannya, akan ada acara pembukaan yang diawali dengan Pawai Bedug Keliling bersama ratusan massa. Selanjutnya akan dibuka dengan sambutan oleh Rektor UI, Walikota Depok, dan Gubernur Jawa Barat. Rangkaian selanjutnya ialah Grand Opening dan Talkhow yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh pembangun dalam bidang Ilmu Pengetahuan yaitu Hatta Rajasa (Menteri Koordinator Ekonomi RI Periode 2009-2014), Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Prof. Thomas Djamaluddin (Ketua LAPAN), Prof. Terry Mart (100 fisikawan berpengaruh di dunia), Ustadz Bachtiar Nasir, Lc. (Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia), Ustadz Efendi Anwar,Lc. (Ketua Perwakilan Badan Tahfidz Al-Qur’an Internasional di Indonesia), DR. Sarmini, Lc. (Penulis Balitaku Hafal Al Quran, Alumnus University of Africa, Sudan), DR. Adian Husaini M.Si., Ph.D (Peneliti INSISTS, Peraih penghargaan buku terbaik non fiksi dalam Islamic Book Fair, 2006), Hidayat Nur Wahid* (Wakil Ketua MPR RI periode 2014-2019), Dino Patti Djalal* (Politisi, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat), Faldo Maldini (Ketua PPI UK Periode 2013-2014), Azhar Nurun Ala (Penulis Buku Ja(t)uh, Tuhan Maha Romantis dan Seribu Wajah Ayah), Irfan Amalee (Penulis, Co.Founder @PeaceGreenID dan wiramuda), Shofwan Al banna Choiruzzad S.Sos., MA, Ph.D (Excecutive Secretary ASEAN study center FISIP UI, Alumnus Ritsumeikan University), Iman Usman (Co. Founder and CEO ruangguru.com, Founder Indonesia Future Leader), Ika Kartika (Founder Keke Busana), Fenny Mustafa (Founder Zoya), dan Nurhayati Subakat (Founder Wardah). Lalu, rangkaian yang tidak kalah menarik yaitu Bedah Buku dan Film bersama Ahmad Rifa’i Rif’an (Penulis Buku ‘Maaf Tuhan Kami Sedang Sibuk”), Danial Rifki (Sutradara Film Haji Backpacker), Helvy Tiana Rosa (Penulis Buku Ketika Mas Gagah Pergi), Meyda Sefira (Penulis Buku Hujan Safir), dan Rendy Saputra @KangRendy (Motivator Muda, Penulis Keke Bussines Lesson, Managing Director Keke Busana).

Selain itu akan ada rangkaian acara lainnya seperti Kontes Islamic Art Fair, Donor Darah dan Pengobatan Gratis bersama LAZNAS Bank Syariah Mandiri, Konser Amal Palestina, Presentasi Kemanusiaan “Let’s ACT Indonesia” dari Aksi Cepat Tanggap, Seminar Akbar Pendidikan oleh Keke Busana untuk guru Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, Ratusan Souvenir dan Doorprize Gratis dari Sponsor UI IBF untuk ratusan pengunjung yang beruntung, serta Pemberian Beasiswa pendidikan bagi 28 Mahasiswa Terpilih oleh 2nd UI IBF bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri.

UI Islamic Book Fair dikonsep secara megah dengan menghadirkan berbagai Ahli Ilmu Pengetahuan dibidangnya dan berbagai acara lainnya. Hal tersebut untuk mewujudkan misinya dalam pencerdasan umat, membangun peradaban Indonesia, sebagai media interaksi antara penulis buku, tokoh pendidikan maupun para ilmuwan dengan para pengunjung, terutama bagi para pecinta buku dan menjadikan UI IBF sebagai sarana bagi para mahasiswa untuk menebar kebaikan dengan passion yang dimiliki masing-masing.

Kegiatan UI IBF disponsori oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Bank Syariah Mandiri, Keke Busana, Rabbani, dan Bolo Bolo. Selain itu, UI IBF juga bekerja sama dengan omisi Nasional Rakyat Palestina (KNRP) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) serta media Kabar Kampus, Republika Online, Suara Mahasiswa, anakui.com, majalah annida, islamedia, event jogja, info bandung, depokklik.com, acara jakarta, radio itb dan puluhan media lainnya.

 

Contact Persons :

Lisa Nurfalah PJ Media Partner UI Islamic Book Fair

0858-5244-4405

Email : sparklingibf@gmail.com

Twitter: @ui_ibf dan @salamui

Web: ui-islamicbookfair.com

Fan Page: UI Islamic Book Fair


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply