3 Gaya Belajar yang Bisa Kamu Coba, Kamu yang Mana?

Tahukah kamu, gaya belajar tiap orang-orang berbeda dan ini penting banget diketahui supaya kamu lebih mudah memahami informasi dengan cepat. Nah kamu termasuk tipe yang mana nih?


0

Dalam hidup, tentunya kamu gak bakal lepas dari yang namanya belajar dong. Apalagi mahasiswa, pastinya butuh proses belajar yang maksimal agar bisa mendapatkan IPK sempurna. Salah satu cara untuk memaksimalkan proses belajar adalah dengan cara mengetahui gaya belajar.

Ternyata tiap orang pasti memiliki gaya belajar yang berbeda dalam mempelajari sesuatu. Ada tipe yang mudah memahami informasi melalui proses visual, seperti membaca, ada yang lebih suka mendengar materi dari video, dan ada pula yang lebih suka mempraktekkannya secara langsung.  Nah, gaya belajar ini penting banget diketahui supaya kamu lebih mudah memahami informasi dengan cepat. Menurut De Porter dan Mike (2002), ada 3 (tiga) macam gaya belajar. Kalo kamu yang mana nih?

1. Gaya Belajar Visual

Gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang cenderung mengandalkan ketajaman penglihatan dibandingkan pendengaran. Biasanya nih tipe ini lebih gampang memahami informasi dari membaca materi atau  mengamati sebuah objek, seperti melihat tulisan, gambar, poster, diagram, grafik, dan sebagainya.

Berikut ini adalah ciri-ciri pemilik gaya belajar visual, antara lain:

  • Mudah memahami materi yang disampaikan dalam bentuk gambar.
  • Senang membaca.
  • Lebih menyukai instruksi tulisan daripada lisan.
  • Mudah kehilangan konsentrasi bila ada yang mengganggu pandangan, namun tidak terganggu bila ada keributan.

Kalo kamu masuk kategori di atas, cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan cara memahami materi melalui ilustrasi gambar atau video. Kamu bisa mulai membuat peta konsep, diagram, atau peta dengan warna untuk mempermudah memahami materi. Jangan lupa gunakan simbol tiap konsep dan menulis dengan beragam warna agar materinya lebih gampang diserap.

2. Gaya Belajar Auditori

Sumber: essaytigers.com

Nah, kalo gaya belajar yang satu ini cenderung mengandalkan indera pendengaran. Pemilik gaya belajar yang satu ini lebih mudah menangkap informasi melalui diskusi verbal dan mendengarkan penjelasan dosen.

Berbeda dengan gaya belajar sebelumnya, pemilik gaya belajar auditori punya ciri khusus nih, yakni:

  • Jago ngomong.
  • Saat belajar, suka bicara sendiri.
  • Senang membaca dengan keras sambil mendengar suara sendiri.
  • Doyan dengerin musik dibanding gambar.
  • Jago dalam meniru nada dan irama bicara.
  • Kesulitan dalam mengingat sesuatu yang visual.
  • Gak tahan berisik.

Tips untuk kamu yang memiliki gaya belajar auditorial, kamu bisa memulainya dengan merekam materi dari dosen dan belajar di ruangan yang tenang agar gak merasa terganggu saat mendengar suara orang lain. Biar lebih gampang, kamu bisa mengulang kata atau kalimat yang ingin dipahami sambil mengubahnya menjadi sebuah nyanyian. Dijamin, tips ini bakalan bikin kamu jadi lebih gampang memahami konsep deh.

3. Gaya Belajar Kinestetik

Sumber: unsplash.com

Eits, gak cuma indera penglihatan dan pendengaran. Adapula gaya belajar kinestetik yang cenderung melibatkan gaya gerak. Biasanya nih pemilik gaya belajar ini gak bakal bisa diem, sebab mereka cenderung menyukai gambaran imajinasi berdasarkan gerakan alias suka mempraktekkan apa yang dipelajari secara langsung.

Nah, kalo gaya belajar kinestetik, ciri-cirinya seperti ini nih:

  • Kalo menghafal, sukanya sambil berjalan atau menggerakkan anggota tubuh. So, biasanya nih tipe gaya belajar ini gak bakal bisa diem.
  • Lebih mudah memahami materi dengan cara dipraktekkan secara langsung.
  • Aktif dan banyak bergerak.

Karena pemilik gaya belajar kinestetik cenderung gak bisa diem, makanya gaya pembelajaran konvensional yang hanya duduk diam mendengar harus dihindari. Kalo gitu, metode belajar yang bisa kamu terapkan adalah dengan membuat gerakan yang bisa bikin kamu nyaman saat belajar, misalnya sambil menggerakkan jari atau memperagakan konsep yang dipelajari sambil mengeksplorasi lingkungan sekitar. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu di sekitar supaya proses pemahaman konsep dapat lebih mudah dilakukan.

Nah sudah tau kan ciri-ciri dan tips tiap gaya belajar. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah semangat kamu untuk belajar ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017). Baca artikel Ditha Adinda lainnya.