Sebagai mahasiswa UI, kita pastinya memiliki kegiatan atau jadwal yang cukup padat, baik untuk urusan akademik, non-akademik, sampai yang cuma hura-hura sekali pun. Tak jarang kita memilih untuk membuat to do list agar kita tidak melupakan kegiatan atau jadwal yang telah kita susun sebelumnya.

Namun, ada beberapa hal yang tidak menjadi prioritas kita dan sering kali membuat kita lupa. Padahal, hal-hal tersebut bisa dibilang cukup penting, loh. Apa sajakah itu? Berikut anakui.com akan merangkum tiga hal yang sering membuat mahasiswa UI skip.

1. Mengisi EDOM

Sumber gambar: edom.ui.ac.id

EDOM adalah singkatan dari Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa. Sesuai namanya, merupakan situs khusus bagi mahasiswa untuk memberikan penilaian, saran, dan kritik untuk dosen yang telah mengajar mereka pada semester tertentu. Terdapat 16 poin yang harus diisi oleh mahasiswa dengan rentang skor 1—6. Selain itu, mahasiswa dapat menuliskan saran, kritik, atau sekadar apresiasi pada kolom komentar yang telah disediakan.

advertisement

Nah, karena pengisian EDOM ini biasanya dilakukan setiap akhir semester, mahasiswa UI sering lupa untuk melakukannya. Mereka baru ingat untuk mengisinya ketika mendapat informasi bahwa nilai dari mata kuliah mereka telah dipublikasikan di SIAK (Sistem Akademik). Hal ini karena mereka baru bisa melihat nilai setelah mengisi EDOM.

Mumpung sekarang sedang menjelang akhir semester nih, jangan lupa isi EDOM, ya. Kelihatannya memang sepele, tapi dengan mengisi EDOM, kamu bisa memberikan masukan pada dosen sehingga mereka bisa mengajar dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA: Arti Dibalik Nilai A B C D E yang Kamu Dapat Semasa Kuliah

advertisement

2. Perpanjang Masa Pinjam Buku

Meminjam buku di Perpustakaan Pusat (Perpusat) sudah menjadi kebiasaan bagi mahasiswa UI. Perpusat memang memiliki koleksi buku, jurnal, skripsi, dan referensi lain yang cukup lengkap. Selain itu, meminjam buku di Perpusat juga lebih hemat dibandingkan dengan membeli buku baru.

Saat kita meminjam buku, kita akan diberi masa pinjam selama dua minggu dengan batas maksimal 10 buku. Jika terlambat mengembalikan, kita akan dikenai denda sebesar Rp2000 per buku dan per harinya. Sayangnya, tidak semua mahasiswa mengingat batas waktu dari masa pinjam itu. Akibatnya, mereka sering lupa dan ujung-ujungnya kena denda, deh.

Selain itu, alasan malas ke Perpusat juga bisa jadi penyebabnya. Padahal, kemalasan itu bisa diatasi dengan memperpanjang masa pinjam via email. Khusus untuk hal tersebut, kita harus mengirimkan email H-1 sebelum masa pinjam habis agar pada hari H batas pinjamnya permohonan perpanjangan masa pinjam kita dapat diproses. Biar tidak lupa lagi, kamu bisa menulis masa batas pinjam buku tersebut di to do list-mu. Jadi, kamu bisa terhindar dari denda, deh.

advertisement

Untungnya, selama pandemi Corona ini, Perpusat membuat kebijakan untuk membebaskan masa pinjam bagi kamu yang belum mengembalikan buku. Namun, setelah semua kembali seperti biasa, jangan lupa segera dikembalikan, ya.

BACA JUGA: Lima Kenangan yang Selalu Diingat di Indomaret Perpusat UI #ByeSnackMurah

3. Perbarui Password SSO

Sumber gambar: beranda.ui.ac.id

UI memiliki sistem Single Sign On (SSO) untuk mengakses hal-hal penting yang berkaitan dengan akademik, seperti SIAK dan akses jurnal. Selain itu, SSO ini juga berguna untuk mengakses wifi di lingkungan kampus UI. Jadi, keberadaan SSO cukup penting bagi kehidupan sivitas akademika UI, termasuk mahasiswa.

advertisement

SSO memiliki password yang harus diperpanjang atau diperbarui selama enam bulan sekali. Melakukannya pun cukup dengan membuat password baru di laman SSO. Masalahnya, tidak semua mahasiswa UI ingat untuk memperbarui password mereka. Alhasil, mau tidak mau mereka harus mengurusnya ke Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) UI. Lebih ribet, kan?

BACA JUGA: Jangan Lupa Ganti Password UI Kamu!

Nah, itu tadi tiga sepele yang sering membuat mahasiswa UI skip, padahal ketiganya penting banget untuk dilakukan. Kira-kira, masih ada lagi nggak hal-hal yang bikin kamu skip? Bisa kamu tambahkan di kolom komentar, ya!

Sumber gambar header: pixabay.com