Bagi mahasiswa UI yang udah ngelewatin semester 3, mungkin ini udah saatnya kamu ngikutin program Kuliah Kerja Nyata alias K2N UI. Lewat program ini ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dan jadi bekal dalam berkarier ke depannya.

Buat kamu yang belum tau, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sounds educative yet cool isn’t it?

Sejarahnya, pada tahun 1971 Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tiga universitas yaitu Universitas Andalas di bagian barat, Universitas Gadjah Mada di bagian tengah, dan Universitas Hasanuddin di bagian timur, sebagai perintis proyek kegiatan pengabdian masyarakat. Proyek perintis ini dikenal dengan nama Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat yang dikemudian hari kita kenal sebagai Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dan yang namanya KKN, maka kondisi dan situasinya ya senyata saat kamu beneran kerja di dunia kerja. Namun, gak sedikit juga mahasiswa yang pada awalnya memiliki kecemasan tersendiri saat memutuskan apakah akan mengikuti KKN atau tidak, walau sebenernya harus sih. Khawatir gak bakal hidup nyaman di daerah terpencil, ragu-ragu bisa berbaur dengan orang baru, bimbang dengan program kerja yang akan disuguhkan ke masyarakat apakah benar-benar berguna atau tidak, takut gak bisa beradaptasi dengan cuaca, bahasa, adat-istiadat dan tetek-bengek lainnya.

Dari berbagai pengalaman menunjukkan bahwa peranan mahasiswa dalam berbagai kegiatan telah memberikan bukti-bukti serta memperkaya akan arti dan peran mahasiswa sebagai tenaga kerja terdidik dalam berbagai aspek kegiatan pembangunan. Salah satu living proof-nya adalah hadirnya konsep PUSKESMAS di antara kita. Tahukah kamu? PUSKESMAS pada awalnya hanyalah sebuah konsep dari kelompok KKN teman-teman FK UI yang bernama Posko Kesehatan Masyarakat. Sekarang? Program tersebut sudah diterapkan di hampir seluruh daerah di republik ini. Yakin, kamu masih ragu dengan kemampuanmu untuk ikut program KKN?

advertisement

Sebenarnya, dengan mengikuti program KKN ada 3 jenis manfaat yang dapat kamu nikmati sebagai mahasiswa.

BACA JUGA: Green Community of University of Indonesia, Komunitas Mahasiswa UI Pecinta Lingkungan

 

Menjadi Inspirator

Kamu akan bersentuhan langsung dengan masyrakat via k2nui

Kamu akan bersentuhan langsung dengan masyrakat via k2nui

Dengan mengikuti program KKN, kamu akan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan/atau perusahaan tertentu. Kamu dituntut untuk menciptakan cara baru dalam menyelesaiakan suatu permasalahan yang dihadapi bersama. Di sini, kamu bisa mendapatkan inspirasi, menjadi inspiras, serta memotivasi inspirasi untuk orang lain.

Kamu akan mendapatkan inspirasi dari orang-orang berpengalaman yang bekerja bareng kamu sehingga kamu akan dapat memahami situasi kerja dengan lebih mudah. Dan di saat kamu mengusulkan ide-ide baru untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, kamu menjadi inspirasi bagi orang-orang yang bekerja bersamamu.

Namun, pekerjaanmu tak sampai di sana. Sebagai mahasiswa, program KKN hanya berlangsung selama 1 bulan saja, question is, usai KKN, apakah program kamu akan berjalan sebagaimana mestinya? Apakah usulan-usulan kamu akan dimanfaatkan sebagaimana mestinya? Jika niatan KKN-mu adalah murni untuk mengubah perspektif dan mengajak orang lain untuk maju bersama-sama, maka kamu pun harus memastikan bahwa inspirasimu bisa diteruskan oleh orang lain dan tidak putus dari generasi ke generasi.

advertisement

 

Aplikasi Teori

Tantangan yang kamu hadapi adalah tantangan yang NYATA via k2nui

Tantangan yang kamu hadapi adalah tantangan yang NYATA via k2nui

Ada kata “Nyata” dalam KKN. Artinya, tantangan yang kamu hadapi adalah tantangan yang NYATA dan terjadi secara faktual dan aktual di lapangan. Jadi, kamu pun harus berkreativitas untuk menunjukkan inovasi apa yang benar-benar dapat diaplikasikan, tidak hanya secara teoritis tapi juga praktis.

Kamu juga harus memastikan bahwa ide-ide yang usulkan harus dapat diaplikasikan secara efisien (mudah) dan efektif (tepat sasaran). Dari sini bukan tidak mungkin kamu juga dapat mengeksplorasi apa saja fakta-fakta baru yang kamu temukan yang mungkin bisa menjadi pelengkap skripsimu kelak.

 

Hidup di Tengah Realita

Hidup di Tengah Realita via sayaphitamputih

Hidup di Tengah Realita via sayaphitamputih

Setiap teori yang kita pelajari di bangku perkuliahan selalu terdengar idealistis, keren, dan hebat. Namun, kita seringkali lupa apakah teori-teori tersebut masih realistis untuk diaplikasikan pada tantangan hari ini?

Dan ketika kita bekerja di tengah masyarakat, apakah realita tantangan yang kita hadapi adalah tantangan yang realistis untuk diberikan solusi? Baik secara teori, aplikasi, atau bahkan secara budget.

Banyak hal bisa terjadi di lapangan, mulai dari minimnya sumber daya, perizinan dan birokrasi yang menantang. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bertemu dengan kalangan masyarakat yang ternyata menolak atau mempersulit program KKN-mu. Bagaimana cara mengatasinya? Tentunya setiap mahasiswa akan menemukan jalannya tersendiri saat mereka berada di lapangan dan menemukan mentor yang tepat untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Above all, KKN melatih kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik secara psikologis, fisik, bahkan finansial. Akan banyak perubahan karakter yang berubah setelah kamu menyelesaikan KKN. Tentunya perubahan-perubahan tersebut semakin menyadarkan kamu akan fungsimu sebagai mahasiswa dan juga sebagai manusia.

So, jika memang kamu sudah memutuskan untuk menjadi dirimu yang baru dan mengorbankan tenaga dan waktumu untuk benar-benar mengubah atau membawa sesuatu yang baru untuk negara ini, kamu bisa mengikuti KKN dengan cara mendaftarkan diri kamu lewat http://bit.ly/pendaftarank2nui2016 dan mengikuti segala persyaratan dan informasi terkininya melalui http://k2n.ui.ac.id/ atau https://www.instagram.com/k2n_ui/

Setelah mengikuti program KKN tak dipungkiri akan ada rasa rindu yang akan mengikutimu. Entah rindu dengan rekan 1 tim, entah dengan cinta lokasi, entah dengan pengalaman tokoh atau individu masyarakat tertentu yang membekas di hatimu. Apa pun itu, hal itu membuatmu sadar bahhwa ketika KKN, kamu tidak melakukannya untuk kepentingan dirimu sendiri, melainkan juga untuk kepentingan yang lebih luas.

Punya cerita seru waktu kamu KKN? Yuk tuliskan di comment box dan share tulisan ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu!



[reaction_buttons]