Hymne berbunyi nyaring dari Senayan, menandakan Grand Prix Marching Band 2015 tengah berlangsung. GPMB 2015 berlangsung selama dua hari pada 26-27 Desember di Istora Senayan, Jakarta yang merupakan sebuah ajang kompetisi marching band tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan GPMB.

Grand Prix Marching Band 2015 berlangsung pada 26-27 Desember di Istora Senayan, Jakarta. via Grand Prix Marching Band - GPMB

Grand Prix Marching Band 2015 berlangsung pada 26-27 Desember di Istora Senayan, Jakarta via Grand Prix Marching Band – GPMB

Kompetisi ini telah terselenggara sejak tahun 1982 dan diikuti oleh sejumlah kelompok orkes barisan yang tersebar di wilayah Indonesia, memperebutkan piala Presiden, piala Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, serta piala Menteri Pemuda dan Olahraga. Sebagai ajang kompetisi paling bergengsi di Indonesia, penyelenggaraan GPMB seringkali digunakan pula sebagai tolok ukur atas perkembangan marching band di Indonesia.

Kamu pasti tau kalau UI punya marching band yang berdiri sejak 26 Desember 19678 bernama Madah Bahana Universitas Indonesia yang punya banyak prestasi di kancah nasional ataupun internasional

Hingga artikel ini ditulis, MBUI telah mengukir prestasi dengan meraih Juara 3 Divisi Utama Grand Prix Marching Band – GPMB XXXI, 2015. Juga menjadi Juara Umum pada GPMB 2010, turut berpartisipasi dalam Thailand International Marching Band Competition (TIMBC) dan menjadi Juara 2 dalam Marching Show Competition yang diikuti oleh 8 unit marching band dari Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Indonesia.

Organisasi yang digagas oleh Burhan Mallarangan ini telah banyak mendapat bantuan dari para musisi ternama seperti Arie Tess (alm), Amir Katamsi, Ireng Maulana, Elfa Secioria, Tamam Husein, Susanto Hadi, Eric Awuy, Addie MS, hingga Rene’Conway.

advertisement
Madah Bahana Universitas Indonesia via madahbahana

Madah Bahana Universitas Indonesia via madahbahana

Kompetisi Grand Prix Marching Band sendiri pertama kali dicetuskan oleh Gusanto Moeljohardjo dengan nama Tournament Invitation Marching Band atau disingkat TIMB. Pertama kali, turnamen tersebut digukirkan pada tanggal 29 Desember 1982 di Balai Sidang Senayan, Jakarta. Sejumlah kontingen marching band dari berbagai daerah di tanah air mengikuti GPMB pertama tersebut, seperti dari Bandung, Yogyakarta, Medan, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Denpasar, Makassar bahkan Aceh. Karena mendapatkan respons positif, turnamen ini terus diselenggarakan hingga kini.

Dengan terus menorehkan prestasi di kancah nasional dan internasional, prestasi mahasiswa-mahasiswi UI pun akan semakin membahana bersama Madah Bahana.



[reaction_buttons]