Pengen liburan kamu beda dengan yang lain? Mungkin sekarang saatnya kamu untuk mempertimbangkan waktu liburan untuk jalan-jalan ke Papua! Iya, Papua. Selain Raja Ampat, Papua juga terkenal dengan berbagai destinasi wisata seru yang cocok banget buat di eksplor sama kalian! Salah satunya, Jayapura!

Tapi, budgetnya gimana? Bukannya mahal? Tenang, artikel berikut akan menjelaskan perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan untuk menghabiskan waktu di Jayapura dan sekitarnya. Wisata di Jayapura selama tiga hari dua malam atau selama akhir pekan, bisa menjadi alternatif seru untuk menyejukkan pikiran, jiwa, dan raga dari kepenatan dan hiruk-pikuk kota.

Namun, jika kamu ingin menikmati keindahan kota yang juga dijuluki “Indonesian Hong Kong” ini, percayalah, kamu tidak akan puas berkeliling Jayapura hanya dalam waktu kurang dari tiga hari. Apalagi, jika ingin menjejaki daerah lain di sekitarnya, seperti Sentani, kawasan Pantai Tablanusu, hingga daerah perbatasan antara Papua dan Papua Nugini. Di Danau Sentani, setiap tahunnya terdapat Festival Danau Sentani yang berlangsung di bulan Juni. Danau Sentani dapat ditempuh hanya satu jam perjalanan darat dari kota Jayapura.

BACA JUGA: Libur Panjang Mati Gaya? One Day Trip Aja!

Pilihan Penginapan

andar Udara Sentani akan menjadi akses masuk utama menuju Kota Jayapura via everlastinggaze

andar Udara Sentani akan menjadi akses masuk utama menuju Kota Jayapura via everlastinggaze

Bila kamu berangkat melalui jalur udara, Bandar Udara Sentani akan menjadi akses masuk utama menuju Kota Jayapura. Bila rencana perjalananmu selama tiga hari dengan rancangan hari pertama melakukan tur di sekitar Kota Jayapura, hari kedua tur di seputar Danau Sentani, serta di hari ketiga tur di pantai-pantai Jayapura, maka biaya yang harus disiapkan akan bekisar sejumlah Rp6.500.000.

Biaya sebesar itu adalah perhitungan jika kamu adalah pelancong dari Jakarta. Tiket pesawat terbang rute Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta) menuju Bandara Sentani (Jayapura) diperkirakan sekitar Rp3.000.000 untuk pulang-pergi. Pastinya harga ini merupakan harga di luar musim padat kunjungan, seperti hari libur nasional.

advertisement

Untuk transportasi darat, kamu bisa menggunakan kendaraan umum. Pilihan ternyaman adalah sewa mobil dengan sopir di kisaran harga Rp400.000 per hari, tetapi tidak termasuk bensin. Untuk tarif menengah berkisar sebesar Rp1.500.000 (sudah termasuk biaya bensin) untuk 3 hari perjalanan.

Di Danau Sentani, setiap tahunnya terdapat Festival Danau Sentani yang berlangsung di bulan Juni via pelancongnekad

Di Danau Sentani, setiap tahunnya terdapat Festival Danau Sentani yang berlangsung di bulan Juni via pelancongnekad

Tak sulit menemukan penginapan di Jayapura. Mulai dari kelas melati, wisma, hotel bintang tiga ke bawah, sampai hotel berbintang empat dan lima. Pilih saja hotel yang berada di pusat Kota Jayapura. Salah satu yang terkenal adalah Hotel Matoa dan Hotel Yasmin untuk ukuran kantong menengah. Jika budget kamu lebih, bisa pilih hotel berbintang seperti Aston, Swissbell, dan Horison. Kisaran harga penginapan di Jayapura mulai dari Rp100.000 hingga jutaan.

Ada baiknya pilih hotel dengan tarif di atas Rp250.000. Pastikan kamu mencari penginapan yang terjaga keamanannya maupun hotel yang bersih, terutama jika yang kamu pilih adalah hotel kelas melati. Jika tak yakin, kamu bisa melihat terlebih dahulu kamar di hotel tersebut, cukup minta izin ke pihak petugas hotel.

Untuk makan, rata-rata kisaran makan di rumah makan antara Rp10.000 hingga Rp50.000 tergantung menu dan restoran yang dikunjungi. Jika diambil rata-rata Rp20.000, maka biaya makan kamu selama tiga hari untuk makan siang dan makan malam adalah Rp120.000, dimana sarapan biasanya tersedia di Hotel.

Sisa uang bisa kamu sisihkan untuk biaya masuk obyek wisata maupun belanja oleh-oleh. Kamu bisa memangkas biaya perjalanan jika membeli tiket pesawat rute Jakarta – Jayapura di saat harga promosi dengan kisaran harga hanya Rp1.000.000 untuk sekali jalan. Namun, biaya harus kamu siapkan lebih jika kamu berencana untuk berkeliling Danau Sentani ataupun naik perahu menyeberang ke pulau-pulau kecil.

Siap untuk rasakan sensasi liburan seru kamu?

advertisement