Falcon Project 7: “Internet of Things & Smart City Development”


0

APA ITU IoT?
IoT atau yang biasa di sebut sebagai Internet of Things, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus – menerus. Meliputi kemampuan untuk berbagi data, remote control, dan juga hal lainnya. Termasuk juga benda yang ada pada di kehidupan sehari – hari, seperti bahan pangan, benda – benda elektronik, peralatan – peralatan, dan juga benda apapun yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.
Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet. Istilah Internet of Things pertama kali disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Dan juga istilah tersebut mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.
Cara Kerja Iot?
Cara kerja IoT yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap – tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun. Internet lah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.
Tantangan terbesar dalam mengkonfigurasi Internet of Things ialah menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana jaringan tersebut sangatlah kompleks, dan memerlukan sistem keamanan yang ketat. Selain itu biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang berujung pada gagalnya produksi.
Mengapa Iot Penting Untuk Kehidupan Kita?
Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things adalah “ The Next Big Thing “ di dunia teknologi informasi. Hal ini didasarkan karena Internet of Things banyak memiliki potensi dari bagian – bagian tertentu yang bisa di perdalam. Contoh sederhana implementasi dari Internet of Things misalnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS / Email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus di isi kembali. Contoh lain dalam dunia industri, adalah ketika peralatan – peralatan dapat di rancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahan bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya kemampuan – kemampuan yang bisa di buat oleh Internet ofThings dapat memudahkan kita untuk memantau peralatan – perlatan yang kita gunakan, dan juga mempermudah kehidupan manusia sehari – hari.
Definisi Smart City
Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas yang membantu masyarakatnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau mengantisipasi kejadian yang tak terduga. SmartCity dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan sumber informasi dan menggunakan teknologi yang canggih untuk mempermudah kehidupan bermasyarakat. Konsep dari Smart City ini juga memang dengan sengaja di hadirkan sebagai solusi untuk pengelolaan sumber daya yang efektif dan juga efisien.

vertical-1

poster

Falcon Project 7 yang merupakan event ter besar tahunan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pelita Harapan mengadakan lomba yang bertemakan Internet of Things & Smart City Development. Lomba Falcon Project 7 bertujuan untuk merangkul para peserta khususnya mahasiswa dari berbagai universitas agar lebih mengerti tentang Internet of Things & Smart City Development. Dan juga menjadikan Falcon Project 7 sebagai media atau fasilitator para peserta untuk berkarya dan mengembangkan minat bakat serta potensi yang ada pada dalam dirinya pada bidang IoT itu sendiri dan juga pengembangan Smart City.
Waktu Pendaftaran Universitas:
• Pendaftaran ditutup tanggal 22 Maret 2016
• Waktu terakhir pengumpulan proposal 25 Maret 2016
• Mengumpulkan proposal ke e-mail falcon project7 (falconproject7@gmail.com)
• Peserta yang idenya diterima, maka akan di kabari dengan menggunakan e-mail, dan dapat melanjutkan ke babak grand final.
• Membuat Produk jadi (Jika lolos ke babak grand final)
• Pengumuman Pemenang akan di Umumkan pada saat hari pelaksanaan.
Peraturan Lomba Universitas:
• Peserta terdaftar aktif sebagai mahasiswa dari suatu Universitas
• Melakukan pendaftaran ( registrasi )
• meng-upload bukti pembayaran ke website form.falconproject7.com
• Melakukan pembayaran kepada pihak Falcon Project 7 ke rekening : a/n
• Peserta yang lolos ke babak grand final akan mepresentasikan dan mendemokan hasil Produknya.
• Produk yang di kumpulkan oleh peserta yang lolos ke babak grand final akan di tampilkan di exibhition Falcon Project 7
• Panitia tidak menyediakan transportasi bagi peserta
• Pengumuman Juri bersifat Mutlak


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply