4 Alternatif Pengganti Nasi untuk yang Diet

Sebagai orang Indonesia yang terbiasa makan dengan nasi dari kecil, sangat susah untuk menggantikan nasi di hidup kita, belum makan kalo belum makan nasi. Padahal kandungan gula di nasi putih itu tinggi sekali! Nah, kali ini aselomin mau kasih beberapa makanan pengganti nasi yang bisa dicoba jikalau manteman mau hidup lebih sehat dengan mengatur pola makan alias diet.


0
Makanannya orang diet via twitter aselole
Makanannya orang diet via twitter aselole

Sometimes kadang-kadang somehow maybe, ketika mau pake celana lalu terasa sempit sekali saat ingin disleting. Atau pas ingin make baju tau-tau bunyi “krekekek” nah itu berarti tanda-tanda bray n sist harus mulai diet. Salah satu makanan yang gampang sekali untuk membuat badan kita bertambah berat adalah nasi. Kandungan gula yang cukup tinggi di nasi putih membuat makanan ini menjadi salah satu penyumbang naiknya berat badan yang cukup signifikan (begitulah kata dokter boyke — yeiy).

Memang, sebagai orang Indonesia yang terbiasa makan dengan nasi dari kecil, sangat susah untuk menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat di hidup kita, bahkan ada istilah yang mengatakan, belum makan kalo belum makan nasi. Nah, kali ini aselomin mau kasih beberapa makanan pengganti nasi yang bisa dicoba sama bray n sist sekalian.

1. Lontong, Ketupat, dan sejenisnya

lontong asin
lontong asin

Secara bahan, sebenarnya makanan ini memiliki bahan dasar yang sama dengan nasi, hanya saja karena sudah dibungkus, maka makanan ini akan lebih padat, yang mengakibatkan akan lebih cepat kenyang juga. Makanan seperti ketoprak, gado-gado, ketupat/lontong sayur adalah diantaranya. Atau kalian bisa menggabungkan antara lontong sebagai pengganti nasi ditambah dengan lauk pauk seperti layaknya kita makan nasi, atau kalian bisa kombinasi lontong dan garam anti gondok, kalian bisa dobel diet, diet perut dan kantong. Lalu tiba-tiba merasa sedih.

 

2. Bubur

jangan lupa pasang RBT nya
jangan lupa pasang RBT nya

Makanan pengganti nasi yang kedua adalah makanan jenis bubur. Kita mengenal bubur ayam, bubur kacang ijo ketan item, itu bisa menjadi alternative makanan pengganti nasi. Bubur ayam memang terbuat dari beras, namun sifat bubur yang lumer dan mengembang membuat takaran yang biasanya banyak untuk nasi bisa menjadi sedikit di bubur dan juga mengenyangkan karena bubur lebih banyak mengandung air. Bubur kacang ijo juga bisa kok, makan lah bubur kacang ijo dengan roti, itu cukup mengenyangkan juga loh.. ingat kata pepatah, makan lah bubur sebelum menjadi nasi… Lalu tiba-tiba merasa sedih.

 

3. Nasi Merah

nasi merah
Nasi Merah

Kalo makanan jenis ini memang nasi, tapi nasi merah lebih sehat dan lebih mengenyangkan dibandingkan nasi putih. Kandungan serat yang banyak di sebutir nasi merah membuat nasi jenis ini bisa dimakan bagi bray n sist yang sedang melakukan program diet.

Nasi merah bisa dimakan dengan lauk pauk seperti layaknya nasi putih. Memang rasa nasi merah tidak se-manis nasi putih, tetapi dijamin bahwa nasi merah lebih sehat dibanding nasi putih, dijamin….pasti kangen nasi putih lagi. Lalu tiba-tiba merasa sedih.

 

4. Roti Gandum

enyak enyak
Enyak Enyak

Gandum adalah jenis makanan yang juga menyehatkan untuk dimakan sebagai pengganti nasi putih. Gandum mengandung lebih banyak serat dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karenanya, konsumsi roti gandum akan membuat bahan lebih sehat, mengenyangkan dan tidak baik di makan oleh bray n sist yang sedang program diet. Roti gandum bisa dimakan dengan telur, atau dengan selai, atau bisa dicelup dengan minuman sereal yang berbahan dasar gandum juga atau dicampur dengan nasi putih. Lalu tiba-tiba merasa sedih.

Gitu deh kira-kira, coba deh ganti makanan mu mulai sekarang sama makanan-makanan itu kalo kamu sedang program diet. Tapi ingat, keberhasilan diet bukan hanya ditentukan oleh makanan tersebut, harus konsisten, komitmen, focus, dan juga diimbangi dengan olahraga agar keluar keringat. Jangan lupakan doa juga, karena sekuat apapun manusia berusaha, Tuhan pula yang menentukan hasilnya. Jangan merasa sedih. Salam diet.

Baca juga tulisan kita yang lain, dengan judul 4 Alasan Kenapa Makan Siang Itu Penting buat Anak UI. Semoga artikel kita tentang ” 4 Alternatif pengganti nasi untuk yang diet ” bermanfaat ya. Nantikan artikel-artikel menarik kita lainnya hanya di sini aja.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
aselolefood

We eat and review, then become aselole Twitter/IG: @aselolefood tumblr: aselolefood.tumblr.com Youtube: Aselole Food

0 Comments

Leave a Reply