4 Basic Skincare Untuk Mahasiswi, Kata Siapa Merawat Wajah itu Ribet?

Beraktivitas seharian di kampus, berangkat pulang pergi ke/dari kampus pastinya akan membuat kulit kita terpapar debu, polusi, dan juga bakteri. Kunci yang paling penting untuk merawat wajah kita adalah memastikan wajah kita bersih.


0

Untuk beberapa mahasiswi, merawat wajah dengan menggunakan skincare adalah hal yang ribet. Selagi banyak deadline tugas kuliah yang harus di-submit serta kuis-kuis yang siap datang dalam waktu dekat, membuat sebagian mahasiswi malas untuk skincare-an. Namun, sebenarnya jangan salah! Ada kok cara yang simple untuk merawat wajah. Buat kamu wahai mahasiswi yang baru-baru memperhatikan kondisi wajah kamu dan ingin merawatnya namun merasa ribet, yuk simak dulu 4 basic skincare berikut!

1. Exfoliator

Pernah ga kamu merasa udah rutin pake skincare tapi tidak ada perubahan?

Bisa jadi itu karena sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit kamu. Selain menghalangi kandungan skincare masuk ke wajah, sel-sel kulit mati ini adalah salah satu penyebab dari berbagai permasalahan kulit wajah seperti kulit kusam dan berjerawat. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu melakukan eksfoliasi. Kamu bisa menggunakan scrub atau secara kimia seperti menggunakan AHA dan BHA untuk mengangkat sel-sel kulit mati kamu. Namun ingat ya, jangan gunakan setiap hari.

2. Cleanser

Kunci yang paling penting untuk merawat wajah kita adalah memastikan wajah kita bersih.

Beraktivitas seharian di kampus, berangkat pulang pergi ke/dari kampus pastinya akan membuat kulit kita terpapar debu, polusi, dan juga bakteri.

Bahkan tidak hanya saat beraktivitas di luar, saat kita di dalam ruangan pun  kita beresiko untuk terpapar debu karena di rumah juga sebenarnya ada debu yang tidak terlihat. Adanya kotoran dan bakteri yang menempel di wajah kita akan menimbulkan berbagai masalah kulit jika kita tidak segera mengatasinya. Masalah kulit tersebut diantaranya adalah kulit kusam, berminyak bahkan berjerawat. Jadi, jangan malas untuk membersihkan wajah ya! Kamu bisa menggunakan facial wash atau micellar water untuk membersihkannya. Pilihlah jenis pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit wajah kamu dan gunakan 2 kali sehari. Ohiya, walaupun kulit kalian harus bersih, jangan terlalu sering untuk cuci muka juga ya karena hal tersebut akan membuat wajah kamu malah menjadi kering, kamu tetap butuh minyak alami dari wajah kamu.

3. Toner

Mungkin ada beberapa teman kuliahmu yang menganggap toner tidak begitu penting, namun jangan salah! Untuk basic skincare ini merupakan komponen yang perlu kamu perhatikan. Toner ini bisa membantu memastikan agar wajah kamu benar-benar telah bersih maksimal. Selain itu, fungsi utama toner adalah untuk mengembalikan pH kulit kamu. Hal ini sangat penting untuk membuat kulit wajah kamu berada dalam kondisi yang sesuai dan juga membantu untuk mempersiapkan kulit kamu untuk skincare selanjutnya agar benar-benar menyerap dengan sempurna.

Toner sendiri secara umum terbagi atas exfoliating toner dan hydrating toner. Kamu bisa pilih yang paling sesuai untuk kulit kamu sesuai dengan fungsinya, seperti jika kulit kamu kering dan butuh hidrasi lebih kamu bisa memilih hydrating toner. Tetapi jika kamu butuh untuk mencerahan wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati kamu bisa menggunakan exfoliating toner. Namun, jika konsentrasinya tinggi jangan gunakan exfoliating toner setiap hari ya!

4. Moisturizer

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner, hal yang penting dalam basic skincare adalah menggunakan moisturizer. Salah satu kunci untuk mengatasi berbagai permasalahan wajah adalah dengan memastikan wajah kamu lembab.

Dengan wajah kamu lembab, kamu bisa mengatasi masalah kulit kering dan juga mencegah terjadinya penuaan sehingga juga bisa mengatasi anti aging. Selain itu, wajah yang lembab bisa membantu membuat seolah-olah kulit kamu sudah cukup lembab sehingga tidak mengeluarkan minyak berlebih dan bisa mencegah adanya jerawat.

Tekstur pelembab sendiri ada bermacam-macam mulai dari milk, cream, dan gel. Jika kulit kamu berminyak kamu bisa menggunakan yang bertekstur gel dan untuk kulit normal cenderung kering bisa menggunakan yang teksturnya milk atau cream. Selain untuk melembabkan, moisturizer juga biasa memiliki kandungan-kandungan berbeda seperti mencerahkan, mencegah penuaan sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan permasalahan kulit kamu. Jika di pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer yang mengandung SPF jika kamu tidak ingin menggunakan sunscreen.

Itu dia 4 senjata dasar yang harus kamu gunakan untuk merawat wajah kamu. Gunakan secara rutin agar memastikan kulit kamu sehat terawat ya! Gimana, simple bukan?

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply