4 Drama Korea Ini Bisa Bikin Kamu “Nyobain” Jurusan Lain Di UI

Di samping jalan cerita yang seru, di empat drama korea ini, kita jadi tahu apa yang teman-teman fakultas lain sedang lakukan melalui berbagai profesi yang diceritakan di drama-drama tersebut.


0
2 shares

“Duh, pengen jurusan ini deh. Tapi, penasaran juga sama jurusan itu. Eh, tapi jurusan sana juga kelihatan menarik! Gimana nih!?”

Sumber gambar: filmdaily.co

Pernah gak sih penasaran gimana rasanya jadi anak Rumpun Ilmu Kesehatan, pengen tahu apa yang dipelajari anak Hukum, atau pengen tau kehidupan anak-anak FASILKOM? Ternyata, jurusan-jurusan tersebut bisa kita “cicipi” melalui drama-drama Korea, loh! Yuk mulai masukin satu-satu ke list drama marathon liburan kalian~

1. RIK (Fakultas Kedokteran): Hospital Playlist

Karakter-karakter di Hospital Playlist memiliki cerita mereka masing-masing. (Sumber: KStreetManila)

Pengen ngerasain rasanya kerja di rumah sakit seperti career path-nya temam-teman kita yang dari Rumpun Ilmu Kesehatan? Yuk nonton Hospital Playlist! Drama Korea produksi tvN ini menceritakan tentang keseharian lima dokter yang bersahabat dan sama-sama bekerja di Rumah Sakit Yulje. Lima sekawan itu adalah Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) sang dokter ahli bedah saraf, Lee Ik Jun (Jo Jung Suk) si ahli hepatobilier pankreas, Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok) yang merupakan ahli bedah pediatrik, Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho) ahli bedah kardiotoraks, dan Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung) sebagai ahli kebidanan dan ginekologi. Hospital Playlist juga tidak hanya menceritakan persahabatan mereka berlima yang sudah terjalin sejak masa perkuliahan, namun juga keseharian para tenaga kesehatan dan pasien yang ada di Rumah Sakit Yulje.

Selain dramanya yang ringan dan menyentuh, kita juga bisa belajar banyak hal yang berhubungan dengan dunia kedokteran serta kesehatan, loh. Buat teman-teman FK yang bingung mau ambil spesialis apa, mungkin bisa lihat pengalaman dari lima sekawan ini. Dan tenang aja, meskipun drama yang juga ditayangkan di Netflix ini hanya memiliki 12 episode, kabarnya season 2 dari drama garapan Lee Woo Jung (penulis naskah Reply 1988 series) ini akan segera tayang di tahun 2021 ini. Wah, jadi gak sabar!

BACA JUGA: Pandemi Corona dan Pengaruhnya terhadap Praktikum Anak RIK UI

2. FISIP (Ilmu Komunikasi): Hush

Suka duka jadi wartawan bisa kamu rasakan di drama korea ini. (Sumber: CNNIndonesia)

Untuk kamu yang selalu pensaran gimana rasanya menjadi para wartawan yang bekerja di lapangan dan juga di media, boleh banget untuk menyimak drama Hush. Drama korea Hush mengisahkan tentang Han Joon-hyuk (Hwang Jung-min), reporter senior Daily Korea, wartawan yang ingin menegakkan keadilan namun mulai kehilangan gairahnya bekerja sebagai reporter, dan Lee Ji-soo (YoonA Girls Generation), salah satu karyawan magang Daily Korea yang memiliki karakter perempuan pemberani. Mereka akhirnya bertemu sebagai seorang mentor-dan mentee yang saling mengajarkan tujuan sejati dari seorang jurnalis: yaitu mengedepankan kebenaran dengan norma dan etika, serta berpihak kepada publik.

Untuk para penggemar Girls Generation atau SNSD, pasti sudah gak sabar untuk menonton aksi YoonA di drama ini. Selain bisa melihat YoonA dan Hwang Jung-Min beradu akting, kita juga bisa banyak mendapatkan pelajaran serta kisah mengenai bekerja di media. Drama produksi JBTC ini bisa kalian saksikan secara gratis melalui aplikasi iQIYI, dan baru aja tamat pada tanggal 6 Februari kemarin, loh!

BACA JUGA: Inilah Alasan Kenapa FISIP Begitu Dicintai Mahasiswanya

3. FASILKOM & FEB: Start Up

Saking terkenalnya, drama ini beberapa kali trending di twitter, loh. (Sumber: Hipwee)

Nah, ini dia drama korea yang sedang happening! Drama ini bercerita tentang Seo Dal Mi (Bae Suzy), perempuan sederhana lulusan SMA yang bercita-cita untuk menjadi seperti Steve Jobs, dan Nam Do-san (Nam Joo-hyuk), seorang programmer yang dipercaya Seo Dal-mi sebagai cinta pertamanya. Mereka berdua akhirnya sama-sama bekerja keras untuk menyukseskan Samsan Tech. Dalam bekerja di Samsan Tech, mereka juga dibantu oleh Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho), mentor Samsan Tech yang juga seorang ahli investasi dan memiliki rahasia besar. Mereka juga harus melalui persaingan dengan perusahaan rintisan lain yang didirikan oleh Won In-jae (Kang Han-na), yang tidak lain adalah kakak kandung dari Seo Dal-mi.

Untuk kamu yang penasaran dengan kehidupan seorang programmer, bisa simak bagaimana keseharian Nam Do-san serta kedua sahabatnya dalam mengelola Samsan Tech. Gak hanya itu, di drama ini kalian juga bisa belajar mengenai bagaimana suatu perusahaan Start-up bisa berdiri loh. Drama produksi tvN ini bisa kalian tonton melalui platform Netflix, namun ingat jangan sampai berantem sama teman karena beda team, ya!

BACA JUGA: Ya Begini Nasib Jadi Anak Fasilkom UI

4. FH (Ilmu Hukum): Suspicious Partner

Penasaran gimana mencekamnya ruang sidang? (Sumber: Owland by Brenda)

Gimana sih, kerjaan seorang jaksa atau pengacara yang biasa dijadikan sebagai profesi idaman maba-maba FH? Yuk ikut simak kehidupan No Ji-wook (diperankan oleh Ji Chang-wook) dan Eun Bong-hee (diperankan oleh Nam Ji-hyun). Tidak sengaja bertemu dan terjadi kesalahpahaman, keduanya bertemu lagi dengan posisi Eun Bonghee sebagai calon pengacara magang, dan No Jiwook sebagai pembimbing magang di kantornya. Pertemuan mereka pun tidak hanya berhenti di sana, karena situasi semakin bertambah rumit ketika Eun Bong-hee dituduh melakukan pembunuhan. No Ji-wook kemudian berusaha membantunya untuk sama-sama membersihkan nama perempuan tersebut dan mencari siapa pembunuh sebenarnya.

Biarpun terlihat serius, drama bergenre thriller ini juga diselingi dengan komedi, loh. Drama produksi SBS yang tayang pada tahun 2017 ini bisa kalian nikmati melalui platform Netflix, Vidio, dan VIU. Rasakan tegang-tegangnya menyelesaikan kasus-kasus ala anak-anak makara merah!

BACA JUGA: (Horor) Ternyata Dosen Baru yang Ngajar di FHUI Tengah Malam Itu Adalah…

***

Nah, itu dia beberapa drama korea yang bisa masuk ke list drama marathon-mu selama liburan semester ini. Di samping jalan cerita yang seru, kita jadi tahu apa yang teman-teman fakultas lain sedang lakukan melalui berbagai profesi yang diceritakan di drama-drama tersebut. Selain itu, kita juga bisa mengetahui kalau setiap jurusan dan profesi memiliki keseruan, namun juga memiliki kesulitannya masing-masing.

Punya saran drama korea tentang jurusan di UI versi kamu sendiri? Jangan lupa bagi-bagi lewat kolom komentar, ya!


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. More of Ameni's Articles | Connect with her on LinkedIn

0 Comments

Leave a Reply