4 Fakta Unik Jakun UI yang Mungkin Kamu Belum Tahu!

Halo sobat UI! Almamater kebanggaan UI yang berwarna kuning atau kerap disebut JaKun ini tentunya adalah barang yang paling eye catching dari UI gak sih? Nah, selain warnanya yang sangat menarik perhatian, ternyata ada beberapa fakta unik loh dari Jas Kuning ini. Penasaran dong pastinya? Yuk, check it out!


0

Halo sobat UI! Almamater kebanggaan UI yang berwarna kuning atau kerap disebut JaKun ini tentunya adalah barang yang paling eye catching dari UI gak sih? Nah, selain warnanya yang sangat menarik perhatian, ternyata ada beberapa fakta unik loh dari Jas Kuning ini. Penasaran dong pastinya? Yuk, check it out!

1. Asal Usul JaKun

Sobat mahasiswa pernah gak bertanya-tanya kenapa sih diantara sekian banyaknya warna, UI memilih warna kuning? Lantas kapan sih Jas Almamater UI ini disahkan?

Nah pertanyaan ini bisa dijawab melalui artikel “Menggugat ‘Mitos’ Pembaruan” oleh Indra Jaya Piliang dan Wien Muldian yang diterbitkan dalam Majalah Suara Mahasiswa Universitas Indonesia edisi 25.

Di sana dikatakan bahwa warna kuning pada jas tersebut dipilih bukan dari pihak universitas loh, melainkan diusulkan oleh Dewan Mahasiswa (Dema) UI. Dema UI dibentuk pada 21 Mei 1951 dan baru diakui pihak rektorat pada 20 November 1955.

Di tahun itu, mahasiswa Sejarah FSUI, Nugroho Notosusanto, menciptakan atribut mahasiswa UI dengan 2 unsur dasar yang masih bertahan hingga saat ini, yaitu:

  • Warna Kuning UI
  • Lambang Beringin UI, yang kemudian disebut Makara.

Lalu kenapa harus terdapat lambang beringin di JaKun UI? Apa sih maksud dari simbol pada Almamater UI? Nah ternyata, pohon dan cabang beserta kuncupnya melambangkan pohon ilmu pengetahuan dan cabang-cabang dari ilmu tersebut; lalu terdapat kuncup bermakna ilmu tersebut akan mekar dan menjadi ilmu baru.

Kuncup-kuncup tersebut akan mekar apabila pohon pengetahuan itu hidup, yang dimaksud untuk menggambarkan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Lalu makara tersebut kemudian mengalirkan air, yang berarti hasilnya menyebar ke seluruh penjuru atau dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

2. Setiap Fakultas punya Ciri Khas

Sumber gambar: Antara

Siapa bilang JaKun semua anak UI bakalan sama persis seperti almamater pada umumnya? Kamu tau gak sih? Kalau setiap JaKun antarfakultas di Universitas Indonesia ini selalu memiliki pembeda yang diletakkan di dada kiri, yang akrab dikenal dengan sebutan Makara.

Setiap fakultas memiliki warna Makara yang berbeda, misalnya Makara merah untuk Fakultas Hukum dan Makara putih untuk Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan masih banyak warna lainnya. Tapi kamu ga perlu khawatir karena kamu ga perlu hafal semua warna makara kok untuk bisa lulus ospek hehe.

Dilansir dari detik.com, Makara UI pertama kali digunakan pada sampul buku Universiteit Indonesia, Fakulteit Teknik, Bandung: Rentjana Untuk Tahun Peladjaran 1952-1953 (Percetakan AID, Bandung, 120 hlm.) yang dibuat oleh Sumaxtono. Tetapi waktu itu lambang UI tersebut belum memiliki bingkai segi lima seperti sekarang ini.

3. Sulit diperoleh

Sumber gambar: jabar.pojoksatu.id

Setelah kamu melakukan registrasi ulang, apakah JaKun akan langsung dibagikan? No no, ada serangkaian ospek yang tentunya akan sangat menguras tenaga dan waktu kamu yang harus kamu lalui sebelum JaKun punya kamu sampai ke tangan kamu. Jadi setelah kamu berjuang untuk lulus seleksi sebagai calon mahasiswa UI, kamu masih harus berjuang untuk lulus ospek dan resmi menjadi mahasiswa UI.

BACA JUGA: Seperti Inilah Rangkaian Ospek UI di Tengah Masa Pandemi

Sumber gambar: Wattpad Reelyond

Kalau kamu bolong-bolong mengikuti ospek, bisa-bisa jas almamater kamu ditahan, loh! Sebagai mahasiswa UI, kamu harus mengumpulkan 12 pasang kartu absensi OKK untuk memperoleh JaKun kamu. Hah?! 12?! Eittss… tapi adalah rahasia yang ga banyak orang tau nih, ternyata ada banyak replika dari kartu tersebut yang dijual di bawah rel atau kerap disebut dengan BaRel. Tapi, ingat ya sebagai mahasiswa kamu harus mengerti esensi dan konsekuensi dari setiap perbuatan yang kamu lakukan.

4. Bisa diramaikan

Sumber: Twitter @vctrkmng

Diramaikan? Maksudnya gimana nih? Jadi, sebagai mahasiswa UI yang aktif untuk mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa atau UKM, kamu bisa mendapatkan berbagai emblem yang bisa dijahit di JaKun sesuai dengan angkatan dan dan UKM yang kamu ikuti.

Pasti ada kebanggan tersendiri dong kalau di JaKun kamu ada berbagai jenis emblem. Tak lupa, salah satu pelengkap JaKun yang cukup eye catching, yaitu kancing berwarna emas. Kamu juga akan diberikan kancing berwarna emas ketika mendapatkan JaKun, dan kalau kancing tersebut hilang akan sangat susah mencari penggantinya. So, jangan sampai hilang ya!

Itu dia fakta-fakta unik seputar Jas Kuning UI, kalau kamu berhasil memperoleh jas kuning kebanggaan anak UI ini, jangan sampai di sia-sia kan, ya sobat muda!

BACA JUGA: 5 Spot Foto Instagramable ala Anak UI, Hits dan Kekinian!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply