Jerawat adalah salah satu masalah pada wajah yang sering kali terjadi dan tidak selalu mudah untuk mengatasinya. Apalagi buat kamu mahasiswa yang tadinya tidak pernah  mengalami masalah tersebut kemudian tiba-tiba mengalaminya di masa-masa kuliah. Kira-kira apa ya penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Coba deh liat di bawah ini!

1. Jarang Membersihkan Wajah

Sumber: insider.com

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan saat kuliah membuat kita sangat sibuk seharian.

Biasanya karena sudah terlalu sibuk akhirnya membuat kita jadi merasa sangat lelah dan akhirnya malas untuk membersihkan wajah.  Kalau kamu adalah salah satu orangnya, jangan heran kalau wajah kamu tiba-tiba jadi jerawatan. Membiarkan wajahmu tidak dibersihkan akan membuat kotoran dan debu menempel di wajah kamu, hal ini yang menyebabkan akhirnya wajahmu menjadi berjerawat. Selain menyebabkan jerawat, hal ini juga dapat menyebabkan wajahmu menjadi kusam.

advertisement

Meskipun aktivitas yang kamu jalankan hanya di dalam ruangan baik di ruang kelas perkuliahan ataupun ruang kamarmu, tetap penting untuk membersihkan wajah kamus secara teratur terutama sebelum tidur setelah melakukan berbagai aktivitas. Jangan biasakan kebiasaan buruk ini! Selelah apapun kamu, usahakan agar kamu tetap membersihkan wajah kamu terutama setelah beraktivitas. Kamu bisa membersihkan menggunakan facial wash atau micellar water kamu. Alangkah lebih baiknya jika kulit kamu berjerawat kamu melakukan double cleansing agar kulit wajah kamu benar-benar bersih.

2. Sering Begadang

Begadang memang bukan merupakan hal yang asing terutama untuk mahasiswa. Terkadang kita terpaksa begadang karena memiliki tugas yang sangat banyak. Tetapi, tidak jarang juga kamu yang sebenarnya bisa tidur dengan waktu lebih cepat tetapi malah menghabiskan waktu kamu di malam hari untuk cek timeline Twitter kamu atau sekedar scroll Instagram dan TikTok kamu hingga tidak sadar sudah tengah malam.

Nah, kebiasaan begadang ini dapat memicu tingkat stress yang menyebabkan meningkatnya hormon kortisol yang bisa memicu peradangan dan salah satunya menyebabkan jerawat. Selain  menyebabkan jerawat, sering begadang juga dapat menyebabkan mata panda dan kulit kusam. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi kebiasaan seperti ini. Jika kamu tidak memiliki hal penting yang harus dikerjakan, maka segeralah tidur.  Jangan melakukan hal-hal yang tidak penting. Namun, jika kamu memang harus begadang sebaiknya perbanyaklah minum air putih.

advertisement

BACA JUGA: Kemahiran Berbahasa Isyarat, Salah Satu Mata Kuliah Belanja Terfavorit Kebanggaan Prodi Sastra Indonesia

3. Jarang Membersihkan handphone

Handphone adalah alat yang biasa kita gunakan sehari-hari dan hampir tidak pernah jauh dari sekitar kita. Kita biasanya banyak melakukan aktivitas yang melibatkan handphone kita kapan saja dan dimana saja seperti mendapatkan chat dari teman kuliah, berdiskusi di grup angkatan, dan sebagainya. Karena banyaknya penggunaan handphone ini kita biasanya meletakkan handphone di berbagai tempat mulai dari di meja, dalam tas, bahkan di atas karpet.

Meletakkan handphone di berbagai tempat pastinya akan membuat handphone kita kotor. Lantas apa kaitannya dengan jerawat? Jika kamu menggunakan handphone tersebut tanpa dibersihkan, maka saat kamu menggunakannya untuk menelepon kotoran tersebut akan menempel di wajah kamu. Selain itu, jika kamu telah menggunakan handphone  tersebut kemudian terkena pipi  kita yang berminyak atau berkeringat kemudian kamu gunakan kembali tanpa dibersihkan, maka bakterinya akan menempel di wajah kamu. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan handphone kamu.

advertisement

4. Jarang Mencuci Sarung Bantal di Kosanmu

Nah, buat kamu yang ngekos biasanya karena hidup sendiri dan melihat sarung bantalmu bersih-bersih saja, kamu jadi jarang mengganti sarung bantal kamu. Apalagi yang mencuci sendiri, biasanya malas untuk mengganti sarung bantal karena harus mencucinya. Walaupun kelihatannya bersih, tapi ternyata banyak bakteri yang menempel di sarung bantal kamu. Hal ini yang bisa membuat wajah kamu menjadi berjerawat. Oleh karena itu, ganti sarung bantalmu secara rutin, ya!

Sumber: 123rf.com

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab wajahmu berjerawat. Jika ada salah satu kebiasaan diatas yang kamu lakukan, segera perbaiki ya! Selain hal yang disebutkan diatas masih ada berbagai kemungkinan lain seperti karena pengaruh stres dan lain-lain.  Kamu tetap harus kenal wajah kamu sehingga kamu bisa mengetahui penyebab masalah pada wajahmu dan cara yang cocok untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Serunya Punya Pacar Beda Jurusan, Tertarik?

advertisement