4 Kebiasaan yang Bisa Dipupuk Sedari Mahasiswa. Percayalah ini Akan Mengubah Hidupmu!

Meski orang punya jam hidup dan takdirnya masing-masing. Tapi percayalah, dengan menerapkan 4 dasar kebiasaan ini, hidup kamu akan menjadi lebih bermanfaat.


0
1 share

Kebiasaan yang akan mengubah hidupmu – Masing-masing orang memiliki daily routine nya sendiri, mulai dari seniman, peneliti, pebisnis, atlet, dan lain sebagainya. Apapun pekerjaannya, status sosial, dan gaya hidup seseorang pasti mereka memiliki rutinitas sehari-harinya sendiri. Kita ambil contoh Steve Jobs, sang pendiri Apple. Steve jobs menjalani hidup yang epic dan tergolong orang yang sangat sukses, banyak orang yang penasaran bagaimana dia menghabiskan waktunya, bahkan FBI (Federal Bureau of Investigation) mengumpulkan laporan mengenai kebiasaannya saat ia masih hidup.

Kita bisa saja mencontoh rutinitas harian orang-orang terkenal, tetapi kita tidak bisa memaksakan diri untuk mencontoh rutinitas harian mereka dan berharap hal itu akan bekerja di kehidupan kita. Karena kehidupan setiap orang berbeda mulai dari pekerjaan, keluarga, sosial, kultur, dan lain-lain.

Jika kamu merasa bingung untuk memulai sebuah rutinitas harian yang baru, maka buatlah list to do untuk hari tersebut, dan untuk membantumu, kamu bisa menerapkan basic kebiasaan baik sebagai permulaan dari rutinitas hidupmu yang baru!

1. Smartphone free in the morning

Sumber: shutterstock

Kebiasaan banyak orang ketika baru bangun tidur adalah membuka handphone, tak terkecuali dengan saya. Awalnya saya berpikir, jika melihat semua notifikasi, e-mail, dan pesan masuk di pagi hari, saya bisa membuat hari ini lebih produktif tapi nyatanya malah membuka aplikasi lain dan menggulir timeline media sosial sehingga banyak waktu yang terbuang.

Ketika kamu sudah terbiasa tidak menggunakan handphone di pagi hari, percayalah, kamu akan merasa lebih tenang, better mood, dan less stress out.

2. Tepat waktu

Sumber: markwilliams.ae

Untuk menumbuhkan kebiasaan tepat waktu pada awalnya memang akan terasa sulit, tetapi kita semua tau bahwa menunggu itu tidak menyenangkan, bayangkan ketika kamu sudah berusaha datang tepat waktu padahal rumahmu berada sangat jauh dari lokasi pertemuan, kamu sudah berdandan yang rapih dan mempersiapkan berbagai hal semaksimal mungkin namun orang yang kamu temui malah terlambat, kamu pasti merasa jengkel.

Tepat waktu adalah suatu kebiasaan yang baik, dari hal ini kita belajar untuk menghargai waktu yang kita punya juga orang lain.  Dengan tepat waktu, kedepannya akan lebih banyak hal yang dapat kamu lakukan di waktu senggang.

3. Membaca berita

membaca berita
Sumber: rosecp.co.uk

Manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain perlu banget up-to-date dengan situasi dan kondisi yang ada. Dengan membaca berita kita menjadi lebih peduli terhadap isu lingkungan sekitar tempat kita tinggal, apa yang terjadi dengan negara kita, apa saja perkembangan di bidang sains dan teknologi, dan lain-lain.

Penting sekali untuk mengetahui berita terbaru mengenai beberapa hal, kamu bisa mendapatkannya lewat internet, majalah, koran, atau bahkan media sosial. Tapi kamu harus cermat dalam memilah informasi dan berita, jangan sampai kamu kemakan informasi yang palsu ya.

4. Hidup sehat

hidup sehat di ui
Sumber: Laila A.

Gaya hidup sehat sangat penting, kita memiliki segudang aktifitas jika tidak didukung dengan tubuh yang sehat maka aktifitas tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Gaya hidup yang sehat turut mempengaruhi kondisi kesehatan mental dan fisik. Maka dari itu cobalah perbanyak makan sayur dan buah, kurangi makan makanan gorengan dan gula yang berlebih. Memang pada awalnya sulit maka kamu bisa mengurangi porsi atau intensitas makanan tersebut.

Misalnya kamu terbiasa beli boba tea seminggu sekali, maka kamu bisa menguranginya dengan cara bertahap menjadi dua minggu sekali, sebagai gantinya kamu bisa minum yoghurt atau susu.

Sekian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat, kamu juga bisa sharing mengenai tips lainnya di kolom komentar ya!

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
1
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply