4 Tips Tetap Stunning meskipun Magang di Rumah

Bila pekerjaanmu memuaskan, gak menutup kemungkinan kalo kamu bakal dilirik jadi karyawan tetap kan? Ini tips tetap stunning selama magang dari rumah


0

Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, magang dari rumah menjadi pilihan, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate. Dengan mengikuti magang, kamu jadi dapat menyerap ilmu dan merasakan pengalaman menjadi orang kantoran. Nah, di tengah banyaknya tugas magang yang harus dikerjakan, mau gak mau kamu harus beradaptasi untuk turut bekerja dari rumah.

Lantas, seperti apa sih cara yang tepat supaya kamu tetap semangat meskipun magang dari rumah? Berikut 4 tips yang bisa kamu terapkan agar magangmu jadi lebih mudah. Simak baik-baik ya!

1. Ciptakan Suasana Kerja di Rumah

suasana wfh
Sumber: iStockphoto

Kerja dari rumah membuat kamu lebih leluasa dalam menentukan tempat untuk bekerja. Kamu bisa mengerjakan tugas dari ruang keluarga, di taman, atau sambil rebahan di kamar. Walau begitu,kamu perlu waspada nih! Seringkali suasana rumah yang terlalu nyaman membuat kamu kurang fokus dalam melakukan pekerjaan.

Oleh karena itu, ciptakan sebuah tempat khusus untuk kamu bekerja. Kamu bisa mengubah tatanan meja belajarmu seperti meja kerja dengan cara meletakan beberapa post-it sebagai pengingat deadline atau menaruh foto beberapa teman di atas meja. Biar suasana kerjamu lebih nyaman, jangan lupa meletakkan lilin aromaterapi dan putar lagu favoritmu agar kamu lebih fokus saat bekerja.

2. Buat to-do-list

bikin to do list
Sumber: iStockphoto

Proses tatap muka saat magang yang berkurang gara-gara pandemi yang masih berlangsung dapat menyulitkan kamu dalam memahami instruksi yang diberikan. Supaya kamu gak bingung dengan tugas yang diberikan, mulailah dengan membuat to-do-list. Tulis apa saja pekerjaan yang harus kamu kerjakan sedetail mungkin. Contohnya nih, kamu magang sebagai content writer di digital agency dengan jobdesc membuat konten bulanan untuk sosial media klien. Nah, coba diperjelas deh kira-kira konten seperti apa yang diperlukan, referensi materinya darimana saja, dalam sehari butuh berapa jam untuk menyelesaikan satu konten. Bila sudah tau apa yang harus kamu kerjakan, tentunya kamu lebih gampang dong mengerjakan tugasnya?

3. Bersikap Seolah Magang di Kantor

magang di kantor
Sumber: iStockphoto

Meskipun magang dari rumah, itu bukan berarti kamu bisa bangun lebih siang dari biasanya. Kamu perlu mendisiplinkan diri untuk bangun pagi agar kamu gak perlu repot menyesuaikan diri bila bekerja normal di kantor.

Bila kamu ingin bangun sedikit lebih siang dari biasanya, pastikan bahwa kamu puna cukup waktu untuk bersiap-siap sebelum bekerja. Kamu bisa mengganti durasi perjalanan dari rumah menuju kantor dengan olahraga pagi atau sekedar bercengkerama di meja makan bersama keluarga.

Kalo ada tugas yang gak kamu pahami, segera konfirmasi dan tanyakan langsung ke mentor atau pimpinan. Jangan malu bertanya ya, dibanding nantinya tugas yang kamu kerjakan salah. Jangan lupa, saat bekerja, pastikan bahwa kamu punya waktu istirahat yang cukup. Tinggalkan layar komputer selama beberapa menit dan pastikan bahwa kamu tidak melewatkan makan siang. Biat kamu gak lupa, gunakan fitur alarm di smartphone untuk jadi pengingat waktu istirahat dan bekerja.

4. Manfaatkan Aplikasi

manfaatkan aplikasi
Sumber: iStockphoto

Tantangan terbesar saat bekerja dari rumah adalah sulitnya berkomunikasi dengan rekan kerja. Saat bekerja di kantor, kamu bisa langsung menghampiri meja rekan kerja atau pergi ke ruangan atasan untuk berdiskusi. Sedangkan, saat bekerja di rumah, kamu perlu memastikan rekanmu terhubung sebelum berdiskusi.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang memudahkan para pekerja untuk berkomunikasi dengan tim secara jarak jauh. Beberapa aplikasi yang kerap digunakan antara lain Trello yang mampu menjadi pengingat to-do-list setiap harinya, Zoom dan Google Meets untuk berkomunikasi dan berdiskusi antar satu tim dengan tim lainnya, serta Google Calendar untuk mengatur jadwal harian. Dengan menggunakan aplikasi di atas, tentunya kamu dan tim dapat lebih produktif dan terhalang dari miskomunikasi saat bekerja.

Anak UI, yang paling penting, jangan lupa kerjakan tugas sebaik mungkin dan berikan extra mile agar kamu terlihat menonjol. Bila pekerjaanmu memuaskan, gak menutup kemungkinan kalo kamu bakal dilirik jadi karyawan tetap kan? Hihi!

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
1
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply