5 Alasan Ini Membuat Kamu Harus Ikut Kepanitiaan Saat PJJ

Kali ini anakUI.com mau kasih tahu kalian nih beberapa alasan kenapa kalian harus ikut menjadi panitia di acara jurusan, fakultas atau tingkat universitas!


0
contoh alasan ikut kepanitiaan

Jadi mahasiswa itu belum lengkap tanpa ikut organisasi dan kepanitiaan!

Meskipun sekarang lagi kuliah online pun, masih banyak acara yang diselenggarakan oleh panitia yang merupakan mahasiswa itu sendiri. Gak hanya mahasiswa lama loh yang berpartisipasi, namun banyak juga mahasiswa baru (maba) angkatan 2020 yang mencoba untuk ikut andil menjadi panitia di berbagai acara tingkat jurusan hingga tingkat universitas.

Tapi, ternyata masih banyak nih yang ragu mau ambil kepanitiaan atau enggak. Beberapa alasannya, mungkin karena sedang pandemi dan takut gak bisa bekerja dengan maksimal. Ada juga maba yang masih bingung dengan kerja di kepanitiaan dan sebagainya. Nah, buat kalian maba 2020 yang masih bingung coba ikut kepanitiaan atau enggak, kali ini anakUI.com mau kasih tahu kalian nih beberapa alasan kenapa kalian harus ikut menjadi panitia di acara jurusan, fakultas atau tingkat universitas!

1. Menambah Jaringan / Networking

Sumber: republika.co.id 

Yang paling seru dari kepanitiaan tentu kamu bisa mendapatkan banyak teman yang bisa diajak kerja bareng! Kuliah online gini jadi makin sulit untuk membangun relasi dengan teman di lingkungan yang baru, makanya menjadi panitia suatu acara bisa membuatmu maba 2020 punya “alasan” untuk kenalan dan menjalin relasi dengan teman baru.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa memperluas networking dengan banyak orang kalau jadi panitia acara, loh! Kamu bisa kenal dengan banyak kakak kelas yang mungkin bisa membantumu nanti gak hanya ketika kepanitiaan, namun juga saat kuliah hingga saat mencari kerja. Selain itu, kamu juga bisa kenal dengan berbagai macam petinggi di kampus seperti dosen, wakil kemahasiswaan, dan sebagainya. Bahkan, kalau ikut kepanitiaan tingkat fakultas atau jurusan kamu juga bisa membangun koneksi dengan anak-anak dari jurusan atau bahkan fakultas lain, loh!

BACA JUGA: Mengawali Semester Baru dengan PJJ, Apa Kata Anak UI?

2. Menambah Pengalaman Kerja dan Mengasah Skill

Sumber: ie.ui.ac.id

Para maba pasti sudah beberapa kali diingetin sama kakak tingkat untuk mempercantik CV (curriculum vitae) yang akan digunakan dalam melamar kerja nanti. Nah, mempercantik CV itu caranya nggak hanya dari magang aja loh guys, tapi dari kepanitiaan dan organisasi juga!

Dengan ikut kepanitiaan, kamu bisa menghiasi CV-mu dengan acara yang kamu selenggarakan atau kamu urus (nilai plus lagi kalau acara tersebut adalah acara bergengsi tingkat nasional di UI, loh!). Selain itu, kamu juga bisa mengasah skill yang kamu punya, baik softskill maupun hardskill melalui pekerjaan yang akan diberikan kepadamu di divisi yang kamu pilih. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui!

3. Mendapatkan Kesibukan

Sumber: productivityland.com

Ngerasa hari-harimu di tahun pertama kuliah kayak gabut banget? Nah, ikut kepanitiaan bisa jadi jawaban dari kegabutanmu! Dengan ikut kepanitiaan, setidaknya satu hari dalam seminggumu akan mulai terisi dengan jadwal “rapat divisi”. Jadi, pas ditanya orang bisa bilang kalau “ada rapat”, deh. Jadi gak gabut-gabut amat, hehehe…

Selain itu, kesibukan bisa membantu kamu untuk mengatur waktu lebih baik, loh. Dengan adanya kesibukan, kamu bisa belajar lebih untuk menghargai waktu dan akhirnya gak menunda-nunda pekerjaanmu lagi. Dengan adanya kesibukan, kamu jadi tahu harus apa di waktu apa, yang akhirnya membuat pekerjaanmu bisa lebih terpegang!

BACA JUGA: Pesan Singkat Untuk Kamu Mahasiswa Yang Suka Prokrastinasi!

4. Bisa dapet benefit lainnya

Jazz Goes To Campus (Sumber: brilio.net)

Selain softskill, koneksi dan juga kegiatan tambahan, banyak juga loh benefit lain yang bisa kamu dapatkan dari kepanitiaan. Misalnya, kamu bisa ikut acara yang seru: webinar, pelatihan, dan sebagainya. Kamu bisa curi-curi menyaksikan guest star tanpa harus bayar masuk. Selain itu, gak jarang kamu bisa dapet merchandise, loh!

5. Waktu yang lebih singkat dari organisasi

Sumber: freepik.com

Kalau yang ini adalah salah satu keunggulan dari kepanitiaan. Kepanitiaan memiliki waktu yang lebih singkat daripada organisasi. Kalau organisasi biasanya satu tahun kepengurusan, kepanitiaan biasanya akan berjalan beberapa bulan saja. Yang artinya, ini gak akan bikin kamu pusing, lelah, atau jenuh. Selain itu, kepanitiaan juga lebih fokus kepada satu acara dibandingkan organisasi yang mungkin akan fokus ke beberapa macam proker.


Gimana, udah tahu kan keuntungan apa aja yang bisa kamu dapetin dari ikut kepanitiaan? Yuk makanya coba daftar kepanitiaan! Kalau belum keterima, jangan patah semangat ya. Karena, biarpun pandemi dan kuliah online, masih banyak kepanitiaan yang buka baik itu tingkat jurusan, fakultas, universitas, UKM, bahkan luar universitas loh! Semangat!

 

[zombify_post]

BACA JUGA: Kalau Belum Punya Pengalaman Kerja, Tulis Apa di CV?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. Connect with her on LinkedIn.

One Comment

Leave a Reply