Siapa sih yang gak tahu PSM UI Paragita? Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia ini selalu mencuri perhatian setiap mahasiswa baru setiap tampil di acara Display UKM. Kalian pasti pernah terpesona sama penampilan mereka yang bikin merinding juga kan, guys?

Karena penampilannya yang luar biasa, setiap pembukaan pendaftaran di Display UKM UI, pasti Paragita akan jadi salah satu stand dengan antrian terpanjang. Hm, tapi kadang melihat antriannya aja udah bikin capek duluan. Apalagi, membayangkan audisinya yang kata orang-orang memiliki tingkat keketatan tinggi dan susah banget untuk keterima, saking banyaknya yang mendaftar.

Memang apa aja sih yang bisa didapetin dari Paragita, sampai-sampai banyak banget yang mau daftar? Nah, makanya untuk kalian yang belum tahu, temen kita Ega Mariam dari PSM UI Paragita angkatan 2017 bakal kasih tahu apa aja hal-hal yang bisa kalian dapetin kalau jadi anggota Paragita!

advertisement

1. Bisa dapetin ilmunya, baik ilmu musik maupun ilmu berorganisasi

Kita bisa dilatih oleh pelatih-pelatih yang sudah profesional dalam bidang musik, loh! (Sumber foto: instagram.com/egamariam)

Sebagai paduan suara, tentu yang paling utama kalian bakal dapetin adalah teori musik dan teknik bernyanyi di paduan suara. Segala hal mengenai musik klasik, membaca not balok, sampai teknik bernyanyi di paduan suara bakal kalian dapetin dari Paragita.

“Di Paragita gue belajar gimana gue harus blending (dalam bernyanyi paduan suara), dan gimana suara gue bisa kokoh. Hal-hal itu pasti didapetin selama gue di Paragita.”

Tapi, gak hanya soal musik aja loh, guys. Sebagai UKM yang juga memiliki organisasi di dalamnya, kalian juga bisa mendapatkan softskill dalam berorganisasi. Beberapa yang bisa kalian dapetin adalah cara berkomunikasi baik internal maupun dengan pihak eksternal, serta bekerja sama dalam suatu organisasi. Ega sendiri merupakan Head of Public Relations PSM UI Paragita 2019, dan banyak hal yang dia dapetin selama menjalankan tugasnya sebagai PR yaitu mengelola media sosial Paragita.

advertisement

“Kebanyakan selama jadi PR, gue ngedesain sendiri dan itu ngebantu gue banget sih untuk pengembangan diri di bagian desain. Gue juga jadi paham gimana ngelola sosial media, kayak nanggepin orang yang nanya, komunikasi sama orang, dan sebagainya.”

BACA JUGA: 7 Hal Tentang Vocademia UI yang Harus Kamu Ketahui

2. Bisa terlibat sama konser-konser keren Paragita

Konser diadakan setiap tahun dengan venue yang berbeda dan lagu yang berbeda juga, (Sumber: dokumentasi pribadi)

Untuk kalian yang pernah hadir di konser-konser Paragita, pasti tahu gimana magicalnya konser-konser tersebut. Dan kalau kalian menjadi anggota Paragita, kalian bisa merasakan keajaiban itu bukan dari bangku penonton lagi, melainkan di atas panggung! Setiap konser Paragita dikemas dengan konsep serta lagu yang berbeda-beda, mulai dari lagu sacra hingga folklore yang akan memberikan kesan yang berbeda pula.

advertisement

“Salah satu konser yang paling berkesan adalah konser terakhir Paragita yaitu Les Chants (Konser Tahunan 2019), karena disitu gue juga jadi Project Officer-nya. Usaha gue pun jadi lebih lagi.”

Selain dari melatih konsep, lagu dan kepanitiaan konser, yang berkesan bagi Ega di konser Paragita adalah kesempatannya untuk menjadi soloist.

“Selama konser juga, gue selalu mendapatkan salah satu part solo dan menurut gue itu berkesan karena gue jadi punya tanggung jawab lebih untuk belajar. Selain itu, gue juga bisa melatih mental gue untuk tampil di depan umum dengan tampil sebagai solois.”

advertisement

3. Bisa ikut kompetisi-kompetisi serta mengukir prestasi

Kemenangan Paragita di Pesparamanas 2018. (Sumber: dokumentasi pribadi)

Gak hanya tampil di konser, kalian juga bisa tampil di kompetisi-kompetisi bergengsi untuk mewakili nama kampus, hingga nama Indonesia, loh! Tahun 2018 lalu, Paragita telah mengikuti kompetisi PESPARAMANAS di Manokwari, Papua. Sementara itu, tahun sebelumnya (2017) Paragita telah mengikuti dua kompetisi Internasional di Spanyol.

“Yang paling berkesan jelas banget bondingnya sih, karena selama setengah tahun latihan intensif. Selain itu, latihan-latihannya juga melatih mental!”

BACA JUGA: 7 Hal Ini Mungkin Nggak Akan Dirasakan Maba UI 2020

4. Bisa diundang ikut penampilan eksternal bersama Paragita

Potret Paragita selepas tampil di Istana Negara DKI Jakarta.

Pernah merasakan nggak, nyanyi di depan Presiden Jokowi atau pejabat negara lainnya? Kalau belum, kalian mungkin bisa merasakannya dengan menjadi anggota Paragita! Ega sudah beberapa kali bernyanyi bersama Paragita di acara-acara negara, dan yang paling berkesan menurutnya adalah salah satu acara yang diselenggarakan bulan Mei lalu.

“Yang paling berkesan itu, gue sempet isi acara di Istana Negara Jakarta Pusat di ruangan rapat presiden. Menurut gue itu berkesan banget, karena selama gue magang di kemensetneg aja gue gak pernah masuk ke ruangan itu. Dan gue bisa masuk ke ruangan itu karena gue anak paragita!”

Selain ikut acara-acara kenegaraan, Ega juga pernah terlibat dalam acara yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan besar, salah satu contohnya adalah Nestle.

“Menurut gue, pengalaman itu berkesan karena gue bisa melihat perusahaan segede itu. Selain itu, lagu yang dinyanyiin pun cukup menantang, karena waktu itu kita nyanyiin lagu Queen yang dimedley.”

5. Bisa memperluas pertemanan dan punya keluarga baru

Silaturahmi bersama anggota Paragita dari anggota baru hingga alumni. (Sumber: dokumentasi pribadi)

Tentunya, kalian bisa bertemu dengan keluarga baru dan teman-teman baru dari berbagai angkatan dan jurusan jika bergabung dengan Paragita. Pengalaman Ega selama tiga tahun di Paragita pun dilengkapi dengan pertemanannya yang membuat dirinya nyaman, mulai dari pertemanannya di kepengurusan, tim kompetisi, hingga latihan untuk konser tahunan Paragita.

“Gue dapet keluarga baru, apalagi gue ngerasa bonding banget sama temen-temen gue di Paragita, dan gue juga seneng bisa kenal sama temen-temen Paragita dari angkatan berapapun.”

***

Selain 5 hal tersebut, masih banyak hal lain yang bisa kalian dapatkan jika menjadi anggota PSM UI Paragita. Namun semuanya itu juga nggak instan, karena dibalik semua keuntungan tersebut banyak juga hal-hal yang harus dikorbankan seperti mengorbankan waktu dan kegiatan kampus karena harus latihan. Namun, menurut Ega, semua yang ia korbankan itu setimpal dengan semua yang ia dapatkan dari Paragita.

Gimana, tertarik untuk #GabungParagita? Jangan lupa untuk follow instagram @paragitachoir supaya gak ketinggalan mengenai tanggal audisi dan informasi audisi lainnya. Kalian juga bisa bisa tanya-tanya Ega di Instagramnya, @egamariam. Semoga berhasil, ya!

BACA JUGA: Akun-akun Instagram UI yang Wajib Kamu Follow Agar Tetap Up-To-Date