Follow your passion. Saran ini sering kamu dengar atau lihat di mana-mana, kayak dari motivator, buku, bahkan teman. Masalahnya, memilih pekerjaan tidak sesederhana mengikuti passion. Sering kali, kita belum tahu apa passion kita. Atau juga terkadang kita sudah tahu, tapi passion tersebut tidak selalu membawa kita ke pekerjaan yang kita suka.

Untuk kamu yang sedang bingung dalam memilih pekerjaan, berikut lima alasan kuat untuk kamu gunakan dalam memilih pekerjaan, selain saran follow your passion tentunya.

BACA JUGA: Dari 6 Kategori Karier Paling Populer Ini, Mana yang Cocok Buat Kamu?

 

1. Positive Impact

Cari pekerjaan yang menghasilkan dampak sosial positif untuk masyarakat via indonesiapr

Cari pekerjaan yang menghasilkan dampak sosial positif untuk masyarakat via indonesiapr

Memiliki pekerjaan yang menghasilkan dampak sosial positif untuk masyarakat bisa menjadi alasan yang kuat untuk kamu memilih satu pekerjaan. Memilih suatu pekerjaan hanya berdasarkan passion biasanya hanya akan menguntungkan dirimu sendiri, sementara pekerjaan dengan dampak sosial yang positif juga akan menguntungkan masyarakat sekitar. Pekerjaan seperti ini akan memberikanmu kepuasan lebih.

 

advertisement

2. Location

Lokasi impian bisa jadi salah satu faktor penentu kamu cari pekerjaan via thefamilyinternational

Lokasi impian bisa jadi salah satu faktor penentu kamu cari pekerjaan via thefamilyinternational

Kalau kamu tahu pasti di lokasi mana kamu ingin menetap atau tinggal, maka memilih pekerjaan di lokasi tersebut bisa menjadi alasan yang kuat. Misalnya, kamu ingin lebih dekat dengan keluarga atau ingin mulai mencicil rumah di lokasi tertentu. Alasan-alasan tersebut cukup kuat untuk membuat kamu memilih pekerjaan di sekitar lokasi tertentu.

 

3. Financial well-being

Penghasilan yang cukup akan membantumu lebih tenang via glassdoor

Penghasilan yang cukup akan membantumu lebih tenang via glassdoor

Gaji memang bukan segalanya, tapi kesejahteraan kamu juga penting untuk dipikirkan. Memilih pekerjaan berdasarkan bagaimana pekerjaan tersebut akan mempengaruhi keuangan dan kesejahteraan kamu tidaklah salah. Penghasilan yang cukup akan membantumu lebih tenang dan tidak khawatir dengan biaya hidupmu, apalagi sebagai fresh graduates yang tidak lagi diberi uang jajan oleh orang tua.

 

4. Learning

Pekerjaan yang bisa kasih kamu banyak ilmu baru via ind8production

Pekerjaan yang bisa kasih kamu banyak ilmu baru via ind8production

Tidak masalah jika pekerjaan yang kamu pilih bukanlah passion atau panggilan hidupmu, selama pekerjaan tersebut memberikanmu banyak pelajaran berharga dan membantumu berkembang secara personal dan profesional. Jika suatu pekerjaan mengajarkanmu banyak skill yang ke depannya akan berguna di kariermu, maka kamu sudah punya alasan kuat untuk memilih pekerjaan tersebut.

 

advertisement

5. Fear

Follow your fear via interfima

Follow your fear via interfima

Bagaimana jika, saran yang kamu ikuti bukanlah follow your passion, melainkan follow your fear? Mengambil pekerjaan yang terlihat sedikit berisiko dan membuatmu sedikit takut bukanlah hal yang buruk. Ada jenis ketakutan yang masuk dalam kategori the good fear, yang biasanya kamu alami saat menginginkan sesuatu namun takut tidak dapat mencapainya atau takut akan pendapat orang lain. Mengikuti rasa takut bisa menjadi alasan yang kuat untuk memilih pekerjaan yang mungkin akan membuatmu tumbuh dan berkembang lebih jauh lagi.

Jika keputusan kamu untuk memilih pekerjaan didasarkan atas lebih dari satu alasan di atas, itu berarti pilihanmu justru lebih baik lagi. Tidak ada pekerjaan yang sempurna, yang ada hanyalah pekerjaan yang cukup bagus untuk membuatmu sejahtera dan terus berkembang. Good luck!