5 Aplikasi Wajib Punya untuk Dapatkan IPK Sempurna

Aplikasi-aplikasi berikut dijamin akan membuat kehidupan belajarmu sebagai mahasiswa akan semakin produktif. Niscaya, IPK mu secara tidak langsung akan meningkat berkat aplikasi-aplikasi ini. Yuk, coba diinstall


0

Anak UI, perlu diingat bahwa belajar gak hanya sekedar belajar aja. Kamu perlu mengubah suasana belajar jadi lebih semangat agar prosesnya lebih efektif dan hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal. Nah, supaya proses belajar kamu jadi lebih efektif, yuk cobain rekomendasi aplikasi di bawah yang dapat meningkatkan efektivitas belajarmu!

1. FOREST APP & EXTENSION 

Forest App & Extension merupakan aplikasi timer yang dapat membantu kamu fokus saat belajar atau melakukan sesuatu. Pada aplikasi ini, kamu dapat menentukan waktu yang kamu butuhkan untuk fokus dengan cara menanam bibit yang lama-kelamaan menjadi pohon. Nah, bila kamu gak fokus dan teralihkan dengan cara membuka aplikasi lain di luar yang udah ditentukan, pohon yang udah kita tanam akan layu.

Aplikasi yang menyabet penghargaan sebagai aplikasi terbaik Google Play pada 2015 dan 2016, dan aplikasi pilihan editor untuk kategori aplikasi produktif pada 2018 ini berguna banget untuk kamu yang gampang banget teralih dan gagal fokus. Lewat aplikasi pengatur waktu ini, kamu bisa memaksimalkan waktu dengan baik untuk belajar atau mengerjakan aktivitas lainnya. Serunya lagi, semakin sering kamu menggunakkan aplikasi ini, maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa spesies tumbuhan baru loh. Wah, kalo gitu caranya, lama-kelamaan pohon yang kita tanam bisa makin banyak deh.

2. Notion

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu unduh adalah Notion. Sebelum kamu download, perlu diingat bahwa aplikasi ini bakal berguna banget bagi kamu yang suka mengelola notes, task, wiki, dan database sebab Notion punya fitur tambahan seperti daftar tugas, daftar membaca, quick note, dan lainnya. Gak hanya itu, Notion sendiri juga supportbanyak jenis media lho, misal gambar, to-do, bookmark, code snippet, dan lebih dari 20 block type.

Pastinya aplikasi ini pas banget digunakan buat manajemen tugas sendiri atau bareng temen lainnya. Kalo kamu penasaran dengan aplikasi ini, segera unduh aplikasinya di AppStore dan Google Play Store ya!

3. Microsoft One Note

Kalo aplikasi yang satu ini lebih cocok untuk mahasiswa yang doyan mencatat penjelasan di komputer atau tablet. Lewat Microsoft One Note, kamu bisa mengetik, tulis tangan catatan, dan menggambar dengan fleksibel sesuai keinginan.

Catatan yang udah kamu buat bisa dikategorikan dengan judul notebook tertentu, misalnya “kuliah” dan “organisasi”. Nah, di setiap notebook kamu bisa menambahkan section berdasarkan mata kuliah. Lalu, di dalam section itu kamu bisa menambahkan halaman atau tambahan catatan yang kamu buat. Menariknya lagi, catatan yang kamu buat pun tak berbatas lembar, bahkan bisa ke bawah dan kanan secara tak terhingga. Jadinya, kamu bisa nulis sesuka hati deh.

BACA JUGA: 4 Jurus Rahasia Buat Naikin IPK Kamu

Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur sisipkan video online, tambahkan file, dan voice typing yang mempermudah kamu untuk menyelesaikan catatan bila tidak sempat mencatat penjelasan guru. Oh iya, kalo kamu pengguna laptop Windows, biasanya sih aplikasi ini udah tersedia berbarengan dengan Office 365. Jadi, kamu gak perlu repot lagi deh install aplikasi yang satu ini.

Bila yang bukan pengguna Windows, kamu ga perlu khawatir sebab One Note juga tersedia di Android, iPhone, dan iPad, sehingga kamu bisa mensinkronisasikan catatan dengan semua perangkat yang kamu punya. Pastinya sekarang bikin catatan di Android dan di-review di laptop jadi lebih mudah berkat One Note.

4. X Mind

X Mind adalah salah satu aplikasi yang memudahkan kamu dalam memahami pelajaran dengan cara membuat mind mapping. Terdapat banyak pilihan template mind map menarik yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah aktivitasmu.

Nah, sayangnya nih, aplikasi ini hanya tersedia untuk laptop dengan sistem operasi Mac. Selain itu, aplikasi ini terbagi jadi tiga pilihan, mulai dari yang gratis, plus, hingga versi profesional. Bedanya hanya terletak pada hasil kinerjanya. Di aplikasi versi gratis, kamu bisa membuat mind map sederhana namun tidak bisa mengekspornya menjadi format lain. Kalo mau mengubah formatnya, kamu bisa memakan X Mind versi plus. Sedangkan, versi profesional dari aplikasi ini dilengkapi fitur canggih, seperti presentation mode yang dapat kamu gunakan untuk mempresentasikan mind map kepada orang lain.

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017)