Malam ini ada pertandingan bola seru, tapi besoknya harus masuk kelas pagi. Belum lagi saat ini masih berkutat sama tugas yang harus dikumpul besok siang. Tidurnya kapan? Sekalinya udah kepengan tidur tapi kok susah banget meremnya?

Tenang, kali ini AnakUI.com punya jurus rahasia yang bikin tidur kamu senyenyak tidur di hotel meski kamu tidurnya di kosan. Penasaran? Yuk, cuss!

advertisement

1. Makan Kacang!

Makan kacang.  (Sumber:)

Makan kacang. (Sumber:Photo Credit: HealthAliciousNess via Compfight cc)

Iya, makan kacang! Ish, seriusan! Nggak usah ketawa!

Asal tahu aja, beberapa kacang bisa bikin kita mengantuk. Cobain Walnut, kacang yang satu ini mengandung zat yang kalau dalam bahasa ‘Jowo’ dikenal dengan: sleep-enhancing amino acid tryptophan! Nah, loh, apaan tuh? Gampangnya itu kacang isinya banyak melatonin-nya. Melatonin itu hormon yang mengatur keseimbangan tidur dan bangunnya kita, manusia.

Susah cari Walnut? Coba ke supermarket terdekat, beli makanan apa pun yang mengandung almond. Almond itu kaya akan kandungan magnesium. Nah, katanya nih, unsur mineral dari magnesium mampu meningkatkan kualitas tidur kita. Yup, jadi meski cuma sempat tidur 3 jam, tidurmu bisa nyenyak dan berkualitas. Kadar magnesium yang rendah cukup untuk membuat kita tiba-tiba tertidur dengan nyenyak. Jadi, kalau mau tidur nyenyak, setengah jam sebelumnya banyak-banyakin deh makan kacang walnut atau almond. Tapi jangan kebanyakan juga, selama masih dalam kadar normal hasilnya pun akan normal.

advertisement

 

2. Baca Buku

Baca buku sebelum tidur. (Sumber:)

Baca buku sebelum tidur. (Sumber:Photo Credit: caribbeanfreephoto via Compfight cc)

Kalau cara nomor satu nggak berhasil coba cara kedua. Sulit tidur biasanya terjadi karena kita banyak pikiran dan stress. Mikirin hasil pertandingan bola lah, mikirin tugas besok lah, dan lain-lainnya lagi.

Nah, salah satu cara terbaiknya adalah dengan tidak memikirkan masalah-masalah tersebut dan biarkan  dirimu menikmati masa-masa rileks dengan membaca  buku yang kamu suka. Bisa komik, bisa novel. Apa pun yang mengasah imajinasi kamu dan membuat kamu tenang, secara perlahan tapi pasti akan membuatmu tertidur nyenyak.

advertisement

 

3. Matikan Lampu

Tidur dengan lampu mati. (Sumber:)

Tidur dengan lampu mati. (Sumber:Photo Credit: -Kyril- via Compfight cc)

Cara 1 & 2 sudah dilakukan tapi masih melek juga? Coba matikan lampu. Buat suasana kamar benar-benar gelap. Dan pastikan semua perangkat elektronik seperti TV, HP, dan laptopmu juga mati. Tanpa gelombang elektronik dan cahaya, perlahan, mata akan bosan dan pada akhirnya membawa kamu ke alam mimpi.

Nah, kalau mau maksimal, cobain bugil, lalu selimutan. Percaya atau tidak, tidur tanpa sehelai benang di badan (kecuali selimut yah) juga membantu mengurangi stress, loh.  Hanya saja, saat kamu ingin melakukan ini, pastikan nggak ada yang ngintip atau ngerekam kamu dalam kegelapan. Dan yang paling penting adalah, LAKUKAN DI SAAT KAMU SENDIRI. You know what I mean lah…

advertisement

 

4. Minuman Hangat

Minum susu kayak waktu kamu kecil. (Sumber:)

Minum susu kayak waktu kamu kecil. (Sumber:Photo Credit: Tom Simpson via Compfight cc)

Coba diingat-ingat, waktu kamu bayi, kalau mau bobok pasti mimik susu dulu kan? Ngedot susu anget abis itu langsung pulas. Well, meski sekarang usia kamu sudah bisa dikatakan dewasa, nggak ada salahnya lho mimik sebelum bobok.

Sebuah penelitian menyebutkan, kalau minum minuman hangat dapat membuat pikiran dan otot-otot pada tubuh menjadi rileks. Dan pada akhirnya, membuat kita mudah tertidur.

 

5. Olahraga

Olahraga sebelum tidur? Iya! (Sumber:)

Olahraga sebelum tidur? Iya! (Sumber:Photo Credit: SuperFantastic via Compfight cc)

Ini beneran. Kalau cara 1 sampai 4 nggak  ada yang mempang coba push up, sit up, atau olahraga apa gitu yang bikin capek badan dan keluar keringat basah. Intinya sih bikin badan capek tapi dengan cara yang sehat. Kata penelitian di Amerika, cara ini membuat otot tubuh menjadi rileks dan memudahkan kita untuk tertidur pulas.

 

6. Menipu Diri

Menipu diri sampai beneran tidur. (Sumber:)

Menipu diri sampai beneran tidur. (Sumber:Photo Credit: stareja via Compfight cc)

Nah, kalau masih nggak mempan juga, pakai cara yang terakhir. Agak aneh dan konyol sih memang, cuma metode ini sudah diakui di dunia kesehatan dengan istilah “sleep paradox”.

Caranya gimana?

Lakukan hal seperti tertulis pada nomor 3 (matikan lampu, barang elektornik, dan bugil), lalu tidak usah mikir hal macam-macam. Katakan dalam hati satu kalimat berulang-ulang : “Gue Nggak Akan Tidur!” – usahakan untuk diucapkan dalam hati sekuat mungkin. Teruuuus lakukan sampai bosen. Percaya atau tidak, lama-lama hasilnya adalah sebaliknya, kamu akan merasa bosan, lalu tak lama lagi mengantuk, terus tau-tau besok udah dibangunin sama mentari pagi yang menyenangkan.

Kalau menurut penelitian medis, otak manusia pada dasarnya akan merespons cepat pada hal-hal yang bersifat negatif dan biasanya reaksinya adalah hasil kontra yang bertentangan terhadap stimulus yang diberikan.

Nggak percaya? Kalau gitu saya akan kasih tahu kamu satu hal:

David Beckham Bakal Mutusin Victoria Demi Syahrini

Percaya? Ini betula, lho.

“Ah, masa sih?”

“Ah masa iya David Beckham mau ama Syahrini?”

Reaksi ini akan muncul pertama kali di benak kamu beberapa detik saat informasi tersebut masuk. Inilah yang disebut dengan reaksi paradox. Kontra-reaksi terhadap stimulus yang diberikan. Hal ini pun berlaku pada metode “Sleep Paradox”.

 

Nah, penasaran sama hasil dari jurus-jurus tidur nyenyak ala mahasiswa di atas? Sekarang share tulisan ini di Facebook, Twitter dan LINE kamu, lalu lihat apa yang terjadi!