5 Hal Dasar yang Perlu Kamu Tau Sebelum Sewa Apartemen

Bagi kamu yang memulai kuliah tahun ini dengan menyewa apartemen dekat kampus, berikut beberapa hal kecil yang tampaknya biasa saja, namun penting kamu ketahui.


0
Background Check Penyewanya via housing-estate

Bagi mahasiswa perantauan, menjalani perkuliahan di Jakarta akan terasa tidak mudah. Mulai dari homesick yang tak kunjung henti, hingga permasalahan-permasalahan pelik yang ditimbulkan terkait kehidupan kost atau apartemen.

Akomodasi atau tempat tinggal, menjadi kebutuhan yang harus disiapkan sejak awal bila mahasiswa perantauan berencana untuk menempuh pendidikan di Jakarta. Umumnya, akomodasi ini tersedia dalam berbagai tipe, serta bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan kocek.

Mahasiswa yang memiliki dana lebih bisa menyewa apartemen pribadi. Fasilitas apartemen pribadi umumnya lebih lengkap dan memadai seperti pendingin udara, dapur, televisi, mesin cuci hingga jaringan internet sehingga kamu merasa seperti di rumah sendiri. Tarif sewa dipatok sesuai durasi masa tinggal, lokasi serta pelayanan apa saja yang diberikan.

Bagi kamu yang memulai kuliah tahun ini dengan menyewa apartemen dekat kampus, berikut beberapa hal  kecil yang tampaknya biasa saja, namun penting kamu ketahui.

BACA JUGA: 7 Hal Penting Jika Kamu Masih Bingung Cari Kosan

 

Tahu Apa yang Kamu Mau

Tahu Apa yang Kamu Mau via Suwarti Ruhmanudin
Tahu Apa yang Kamu Mau via Suwarti Ruhmanudin

Ada banyak faktor yang menentukan apartemen mana yang terbaik untuk kamu sewa. Lokasi, ukuran, dan harga hanyalah permulaan. Namun, akan lebih baik jika kamu bisa membuat list prioritas tempat ideal yang kamu butuhkan harus ada apanya sih? Karena tidak semua ruangan apartemen itu sama. Kamu bisa gunakan list tersebut sebagai guidance kamu untuk memeriksa kebutuhanmu saat survei lokasi. Apakah sudah terpenuhi atau belum?

 

Background Check Penyewanya

Background Check Penyewanya via housing-estate
Background Check Penyewanya via housing-estate

Banyaknya aplikasi online seperti AirBnB, Infokost, dan lainnya memudahkan kamu untuk menemukan apartemen dengan lokasi dan harga yang sesuai dengan kocek kamu.

Namun, kamu tidak bisa mengetahui background si pemilik tempat dengan mudah. Akan lebih baik kamu tahu background si pemilik, bisa berdasarkan review atau komentar secara online ataupun melalui rekomendasi teman kamu.

Biasanya teman kamu yang sudah lebih lama tinggal di Jakarta dan memiliki koneksi ke pemilik apartemen tertentu dapat lebih mudah dipercaya untuk urusan keamanan.

Kenapa sih harus background check? Kok kita kepo banget sama profil si pemilik? Iya dong, kamu tidak mau kan kalau tiba-tiba ditemukan drugs di apartemenmu karena si pemilik punya penyimpanan rahasia? Atau ada CCTV tersembunyi di kamar mandimu?

Ingat, meski kamu kuliah di Universitas Indonesia, tempat kamu menetap adalah Jakarta. Ibukota yang katanya bisa lebih kejam dari Ibu Tiri. So, keep your back, stay alert.

 

Pelajari Lingkungan Sekitar

Pelajari Lingkungan Sekitar via rumahberhantu
Pelajari Lingkungan Sekitar via rumahberhantu

Apakah tetangganya ramah? Apakah nyari makanan dan segala kebutuhan lainnya mudah? Apakah lingkungannya aman? Apakah ada  preman-preman gak jelas yang mangkal di sekitar kosanmu? Atau apakah ada banyak pasangan muda-mudi yang suka keluar masuk kamar berdua?

Bukan bermaksud untuk menjustifikasi pihak tetentu. Namun, ada baiknya kita ketahui, tidak semua mahasiswa cocok dengan setiap lingkungan tertentu. Beradaptasi dengan lingkungan baru adalah hal yang pasti bisa dilakukan, namun berhati-hati adalah suatu kewajiban tersendiri. Apalagi jika kamu termasuk mahasiswa perantauan yang belum terbiasa tinggal sendiri.

 

Pelajari Peraturan Penyewaan

Pelajari Peraturan Penyewaan via nydailynews
Pelajari Peraturan Penyewaan via nydailynews

Ini yang seringkali dilupakan oleh mereka yang pertama kali menyewa apartemen. Mereka sering merasa terjebak, ditengah-tengah masa sewa masih ada iuran-iuran tambahan.

Kaget kok tiba-tiba tetangga kamu ngomel karena kamu bawa peliharaan?

Bisa saja iuran-iuran dan aturan terkait hewan peliharaan tersebut sudah dituliskan di peraturan penyewa yang kamu tidak baca karena tulisannya banyak dan terlihat membosankan.

Seperti FAQ pada website, peraturan sewa adalah guidance kamu untuk hidup selama masih menyewa di apartemen yang jika kamu langgar akan ada sanksi-sanksi tertentu yang tentunya akan merugikan kamu sendiri.

Gak mau rugi? Maka telitilah dalam memahami setiap peraturan.

 

Jangan Berbohong Pada Penyewa

Jangan Berbohong Pada Penyewa via sindonews
Jangan Berbohong Pada Penyewa via sindonews

Kepercayaan adalah sesuatu yang harus kamu bangun dan JAGA dengan penyewa kamu. Karena, kalau terjadi apa-apa, biasanya penyewa yang akan bertanggung jawab terhadap hidupmu, bahkan nyawamu aja dipertanggungjawabkan ke dia lho.

Meski dia jarang ngecek dan gak akan masuk-masuk area pribadimu, dia akan nanya sesekali, biasanya tiap tanggal penagihan, tentang bagaimana pengalamanmu, bagaimana fasilitasnya, dan lain-lain.

Jika ada fasilitas yang rusak, maka coba complain, jangan diperbaiki sendiri. Namun jika servisnya bagus, maka pujilah, berikan apresiasi. Dengan demikian dia pun akan semakin bertanggung jawab terhadap kamarmu selama kamu menyewanya dengan lancar.

Nah, itu dia beberapa hal mendasar yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu jika kamu ingin menyewa apartemen di dekat kampus.

Kamu punya saran lain terkait apa yang harus diketahui mahasiswa baru terkait penyewaan apartemen dekat kampus? Yuk, bagikan kisahmu di comment box dan share artikel ini lewat Facebook, Twitter, dan LINE kamu sekarang!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply