5 Hal Ini Bisa Melengkapimu Guna Menjadi Mahasiswa Produktif

Mengapa kita harus menjadi mahasiswa yang produktif? Apakah ada yang salah dengan gaya hidup kita? Simak artikel ini baik-baik.


0

Apakah kamu merasa, bahwa selama di rumah aja kamu jadi tidak produktif? Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang salah dengan gaya hidupmu? Artikel ini bisa membantu kamu yang bingung untuk mengubah hidupmu menjadi lebih produktif.

1. Tidur yang teratur dan berkualitas

tidur berkualitas

Banyak orang yang terbiasa hidup dengan kebiasaan begadang, susah tidur, namun ada pula yang tidur dalam waktu yang lama namun mereka tetap merasakan lelah, letih, dan lesu. Waktu yang cukup dapat membuat tidurmu jadi berkualitas dan fungsi otakmu dapat bekerja dengan lebih baik, hasilnya kamu akan lebih baik dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan dapat mengontrol diri sendiri dengan lebih baik. Tidur yang berkualitas juga menjaga kesehatan mentalmu, maka jangan pernah sepelekan kualitas dan waktu tidurmu.

2. Makan makanan yang sehat

Sumber: suara.com/Risna

Kinerja otak dipengaruhi oleh asupan makanan yang kita konsumsi, otak kita membutuhkan protein dan asam amino untuk membangun nutrisi pengembangan otak. Otak akan selalu membutuhkan energi, hal itu menghabiskan 25% total energi tubuh.

Energi dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk proses transmisi impuls elektris dan komunikasi antarsel saraf yang terus menerus, berbeda dengan organ tubuh lainnya, otak tidak menyimpan energi. Selama di rumah aja, kamu bisa melakukan perbaikan gizi, berbeda saat kita nge-kos di kukel atau kutek, kita hanya mengkonsumsi makanan yang ada, nah mumpung di rumah kamu bisa request ke orang rumah untuk membeli sayur, buah, biji-bijian, atau kacang-kacangan.

BACA JUGA: 6 Makanan Yang Selalu Jadi Danusan, Mana Yang Paling Sering Bikin Kamu Nombok?

3. Olahraga

Sumber: rctiplus

Manfaat dari olahraga memang di antara lain membuat tubuh lebih tidak mudah capek, ada juga yang karna jarang bergerak jadi sering merasa pusing dan migrain. Tanpa disadari olahraga memang meningkatkan energi tubuh dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Butuh satu bulan untuk saya membiasakan diri untuk berolah raga setiap harinya, setelahnya tulang punggung yang kaku akibat kelamaan duduk menjadi terasa lebih nyaman, dan saya merasa lebih ringan. Dengan banyak bergerak kamu membantu tubuhmu sendiri untuk mencegah diabetes, sakit jantung, dan stoke, belum lagi segudang manfaat lainnya dari olahraga yang pastinya menyehatkan.

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

4. Buatlah Time Schedule

Sumber: pinterest

Catat semua deadline tugas kuliah dan pekerjaanmu yang menumpuk, atur dari deadline yang paling dekat hingga deadline yang paling lama, setelah itu tulis jadwalmu sehari-hari, kapan ada kelas, kapan ada kerja kelompok, seminar apa yang akan kamu ikuti minggu ini, tandai semua kalendermu dan buatlah jadwal rutinitas sehari-hari.

Nah, di sela-sela jadwal yang kamu miliki, kamu bisa menyempatkan diri untuk mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaanmu di kepanitiaan atau lingkup organisasi. Dalam jeda waktu yang singkat itu kerjakanlah tugas yang deadline-nya paling mepet, dan usahakan kamu mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan semaksimal mungkin.

Dengan time schedule ini hidup kamu akan lebih teratur, kamu dapat memprioritaskan apa-apa saja hal yang mesti didahulukan, kamu bisa memperkirakan kapan kamu dapat bersantai dan menikmati waktu luang.

5. Opportunity cost

Sumber: study.com

Konsep opportunity cost memang berasal dari ilmu ekonomi, tapi jangan salah, konsep ini bisa kita terapkan di dunia nyata loh! Jika kamu rebahan di kasur selama 2 jam sambil membuka berbagai platform media sosial, mendingan kamu alokasikan waktumu untuk mempelajari teknik make-up tertentu atau membaca buku, dengan begitu waktu yang kamu punya lebih bermanfaat dibandingkan hanya dengan rebahan. Jika kamu menerapkan konsep ini dengan disiplin maka kamu bisa memanfaatkan waktu luang kamu dengan lebih baik.

Ubah hidupmu jadi produktif!

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply