Hayo, siapa yang merasa pengeluaran saat kuliah semakin lama dirasa semakin banyak? Gak heran, sih. Karena, untuk kegiatan akademis sendiri, kita butuh modal yang cukup besar seperti membeli buku-buku kuliah dan printilan-printilan lainnya seperti alat kesehatan, alat lab, peralatan gambar, dan sebagainya. Belum lagi, kalau kita mendaftarkan diri untuk mengikuti suatu organisasi atau kepanitiaan. Bukan hanya set up cost yang perlu dibayarkan di awal kepanitiaan, namun danusan kepanitiaan yang tak terjual pun harus digantikan dengan uang saku kita!

Jangan lupa, pengeluaran untuk kebutuhan akademis dan organisasi kampus tersebut juga belum ditambah dengan kebutuhan pribadi kita loh, guys. Kebutuhan makan sehari-hari, service laptop dan handphone, skincare, sampai modal untuk refreshing sama temen segeng jumlahnya juga gak sedikit, loh. Untuk itu, gak ada salahnya kita mencari pundi-pundi uang sendiri supaya setidaknya kita masih bisa makan dengan layak di tanggal tua.

Tapi, kuliah sambil cari uang? Emang bisa, ya?

advertisement

Tentu bisa, dong! Jangan salah, banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk dapat uang. Ya, meskipun nggak seberapa, seenggaknya hal ini bisa membantu finansialmu ketika masa-masa kritis, loh. Yuk, simak hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan tambahan uang saku!

1. Kerja Sambilan

Jadi barista di kafe bisa jadi salah satu pilihan! (sumber: qerja.com)

Yang ini tentu menjadi hal pertama yang terlintas ketika kita sedang membutuhkan uang saku tambahan. Kerja sambilan atau part time merupakan salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang, guys. Kalian bisa memulai dengan mencari lowongan pekerjaan di sekitar kampus seperti lowongan menjadi barista atau kasir di kafe-kafe sekitar kampus, atau bakan menjadi guru les privat atau bimbel. Kalian bisa juga loh, cari sendiri lowongan part time di internet, misalnya di instagram @parttimeindonesia atau @magang_id yang sering membagikan informasi lowongan part time dan magang.

Selain itu, kerja sambilan di kampus sendiri juga lumayan loh, guys. Misalnya, menjadi asisten dosen atau magang di kantor fakultas atau universitas. Selain mendapatkan uang tambahan, jadi asisten dosen juga bisa mempertajam ilmu kalian terhadap bidang yang kalian pilih, loh. Kalian bisa mengikuti prosedur lowongan di jurusan kalian masing-masing atau mencari informasi dari kakak tingkat atau bahkan dosen kalian sendiri untuk melamar menjadi asisten dosen. Untuk dapat magang di kantor universitas, kalian bisa pantau situs web universitas (misalnya di UI, ada Wiradha UI). Kalian juga bisa pantau situs web atau kanal informasi fakultas, atau mencari informasi sendiri di kampus untuk mengetahui informasi magang di fakultas. Selain menambah uang saku, magang dan part time ini juga bisa membantumu menghiasi CV, kan?

advertisement

2. Kerja Lepas

Enaknya jadi freelancer adalah kalian jadi boss untuk diri kalian sendiri! (sumber: caraguna.com)

Kalian juga bisa mencoba mencari pekerjaan lepas atau freelance untuk mendapatkan uang tambahan loh, guys! Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang sibuk serta tidak mau terlalu terikat terhadap suatu pekerjaan. Kalian bisa cari lowongan dari orang-orang yang mencari freelancer melalui akun instagram @freelancekerja atau website-website seperti freelancer.com. Bisa juga loh guys, mencari klien kalian di aplikasi khusus seperti panggilin, dimana kalian bisa mencari pekerjaan atau menawarkan diri sebagai freelancer.

Kalian juga bisa loh, mempromosikan diri sendiri melalui media sosial untuk mencari seseorang yang mau merekrut kalian! Menjadi freelancer cocok untuk kalian yang bergerak di bidang seni misalnya desainer grafis, pelukis atau illustrator (melakukan open commision misalnya), content writer, programmer, atau penerjemah. Apalagi sekarang ada yang namanya the power of twitter, karena suatu tweet bisa saja menjadi viral dengan cepat karena Twitter.

BACA JUGA: Di Mana Saja Kita Bisa Mencari Info Lowongan Magang?

advertisement

3. Jadi Eksis dan Unjuk Bakat

Coba jadi MC di acara fakultas dulu, siapa tau suatu saat bisa jadi MC di acara internasional! (sumber: news.ddtc.co.id)

Kalau poin yang ini cocok banget untuk kalian yang memang punya jiwa-jiwa influencer dan penguasa panggung, guys. Tau kan, kalau mahasiswa-mahasiswa di organisasi atau kepanitiaan sering mengadakan berbagai macam jenis acara-acara baik acara jurusan, fakultas, atau bahkan universitas. Nah, kalian bisa manfaatkan jiwa panggung kalian dengan menjadi eksis dan unjuk bakat kalian. Ikut audisi jadi MC di acara kampus, audisi jadi pengisi acara dan sebagainya. Gak ada salahnya juga loh, melakukan networking sebanyak-banyaknya supaya semakin banyak yang mengetahui potensi kalian dan mengajak kalian bekerjasama.

Untuk yang senang eksis juga, kalian bisa mencari pundi-pundi uang dengan menjadi influencer dan melakukan endorse atau ikut berbagai campaign seru, loh! Salah satu aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk mengikuti campaign yang menghasilkan uang adalah partipost. Selain itu, gak ada salahnya untuk memulai sesuatu yang baru misalnya membuka akun youtube atau menulis blog. Dengan adsense, konten kalian di internet bisa berubah menjadi uang loh.

4. Bikin Usaha Online

Kalau mau diseriusin, harus direncanakan secara matang ya, supaya menghindari merugi! (sumber: forbes.com)

Siapa yang disini suka berbisnis? Mungkin menjadi penjual online shop bisa menjadi satu pilihan kalian untuk mendapatkan uang untuk bertahan hidup di tanggal tua. Kalian bisa mulai dari menentukan mau menjual apa dan dimana mau menjualnya. Barang dengan target pasar kaum muda tentu akan lebih menjual jika menggunakan platform penjualan yang sudah tidak asing di mata kaum muda juga. Kalian bisa membuka bisnis di media sosial seperti instagram, facebook dan twitter, atau membuka toko di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

advertisement

Bingung mau menjual apa? Tenang, kalian bisa juga loh menjadi reseller atau dropshipper dengan menjual barang yang telah disediakan oleh supplier. Namun tentunya, usaha kalian tidak bisa memiliki nilai “wah” dibandingkan dengan usaha lainnya. Merancang produk sendiri, biarpun agak pe-er namun bisa semakin menarik perhatian pembeli, loh! Kalian bisa mencoba merancang produk mulai dari pakaian sampai dengan makanan atau minuman. Gak menutup kemungkinan bahwa usaha kalian bisa berkembang menjadi usaha yang besar loh, guys!

BACA JUGA: Inilah 20 Usaha Waralaba Bermodal Kecil untuk Mahasiswa

5. Danusan!

Untungnya memang gak seberapa, jadinya coba masukin plan B dulu aja lah… (sumber: kaskus.co.id)

Untuk para budak proker, pasti gak asing dengan yang satu ini. Ya, danusan! Mungkin kalian agak muak ya karena danusan itu melelahkan, dan kalau gak laku kita bisa merugi dengan harus nalangin kekurangannya untuk kebutuhan acara kalian. Namun, jika dilakukan dengan rajin (dan semangat pantang menyerah), danusan juga bisa menghasilkan uang yang bisa kalian tabung untuk keperluan mendesak juga, loh! Kalian bisa coba dengan menghubungi kontak para penjual danusan secara mandiri dan menjualnya sendiri pula. Atau, kalau kalian takut danusannya gak laku, kalian bisa coba danusan snack-snack bungkus yang bisa bertahan lama, misalnya coklat atau chiki. Asal pantang lelah dan mau menabung, tanpa sadar uang danusan tersebut akan bertambah banyak dan setidaknya bisa membantu kalian untuk survive di perkuliahan tanggal tua!

***

Nah, itulah hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk mencari uang sambil kuliah. Jika kalian pernah melakukan salah satu hal diatas, gimana nih hasilnya? Apakah kalian berhasil menghidupi diri atau sebaliknya malah makin boros karena punya uang lebih? Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menggunakan uang dengan bijak dan jangan sampai kehidupan pencarian uang kalian mengganggu kehidupan perkuliahan kalian, ya. Selamat berusaha!

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Menarik untuk Dieksplorasi!