Iya, kamu  nggak salah baca. Artikel kali ini berjudul “5 Hal yang Cuma Bisa Dimengerti Anak UI Kalau Lagi Wisudaan” – yang artinya 5 rangkuman kami kali ini cuma bisa kamu ngerti kalau kamu pernah “wisudaan” di UI. “Wisudaan” – di sini bukan hanya berarti kamu lulus kuliah loh. Bisa jadi cuma ngelewatin orang yang lagi wisuda atau melakukan hal-hal yang waktunya pas wisuda UI berlangsung.

Buat kamu yang masih jadi Maba (mahasiswa baru) dan belum ngerti sama yang namanya wisuda (masa sih ada anak UI yang belum tahu arti wisuda? xD), berikut ada penjelasan dari Wikipedia:

Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Biasanya prosesi wisuda diawali dengan prosesi masuknya rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan. Biasanya setelah acara selesai dilakukan acara foto-foto bersama dengan orang tua, teman-teman serta suami/istri dari wisudawan/wisudawati atau dengan pasangan wisudawan/wisudawati. Dilakukan biasanya setiap akhir semester dalam kalender akademik baik semester genap maupun semester gasal (ganjil). Pada wisuda biasanya memakai pakaian yang ditentukan, pakaian pria menggunakan hem putih dan celana hitam bersepatu hitam, pakaian wanita menggunakan kebaya tradisional tipis dengan kain jarik, tapi secara umum menggunakan baju toga.

Oke, kembali ke topik! Apa aja sih hal-hal yang katanya cuma Anak UI yang ngerti kalau lagi ada wisudaan di UI?

 1. Hari Wisuda di UI=Hari Termacet se-Universitas Indonesia, Margonda Depok, dan sekitarnya

3888673198_68f0ed7349_b

Macet! (Sumber:Photo Credit: Ikhlasul Amal via Compfight cc)

Yup, hanya di Hari Wisuda UI yang kagak pernah ada harinya di tanggalan-tanggalan kamu yang nggak kuliah di UI, tapi diperingati oleh kamu-kamu yang sering bulak-balik bunderan UI. Diperingatinya dengan apa? M-A-C-E-T a.k.a “mengheningkan kendaraan” selama wisuda UI berlangsung dan/atau selama kamu dan kendaraan kamu kuat aja ngejalaninnya. Maklum, kuliah di UI nggak pernah gampang. Penuh perjuangan dan peluh kerja keras.

 

advertisement

 2. Hari Makanan Gratis

makan gratis. (Sumber:)

makan gratis. (Sumber:Photo Credit: juhansonin via Compfight cc)

Hanya di Hari Wisuda UI setiap Maba dapat makanan gratis. Biasanya sih fast food. Kalau beruntung, ada yang bisa dibawa pulang ke kosan. Lumayan kan buat nyetok semingguan?

 

3. Hari Kehilangan Sinyal

Ngeselinnya, nggak ada sinyal! (Sumber:)

Ngeselinnya, nggak ada sinyal! (Sumber:Photo Credit: pheezy via Compfight cc)

Buat kamu yang terlibat “wisudaan” di UI, pasti ngerasain momen-momen haru di saat kamu dan teman kamu berpisah… Bukan. Bukan karena dia lulus terus kamu belum, tapi karena sinyal kamu dan teman kamu tiba-tiba hilang dari peredaran. Apa pun providernya pasti lenyap seketika. Dan itu adalah hal yang tak akan terhindarkan.

 

4. Hari Pasar Bunga Dadakan

UI berubah kayak Rawa Belong

UI berubah kayak Rawa Belong. (Sumber: sewakost.com)

Hari Wisuda UI juga sering diperingati sebagai “Hari Pasar Bunga Dadakan”. Karena cuma di hari ini, kamu bisa tiba-tiba ngeliat mantan kamu jualan bunga demi ngeliat wisudaannya kamu. Atau bisa saja ada bakal calon gebetan kamu di luar kampus UI tiba-tiba datang bawa bunga. Bukan, bukan buat kamu. Buat dijuallah! Di hari ini, hampir semua orang yang kamu kenal atau nggak kenal bisa mendadak jualan bunga. Dan harganya pun beraneka ragam. Dari harga kaki lima sampai harga yang bintangnya lima juga ada. Ada aja!

 

advertisement

5. Hari Pencairan

Bukan senior aja yang senang. Kamu juga! (Sumber:)

Bukan senior aja yang senang. Kamu juga! (Sumber:Photo Credit: Thompson Rivers via Compfight cc)

Bukan, bukan cairan aneh-aneh. Tapi ‘cair’-nya dana-dana untuk kegiatan organisasi kemahasiswaan. Jadi, kalau kamu punya acara yang akan dilangsungkan di kampus kuning, siap-siap aja deh ajuin pas deket-deket hari wisuda. Jarang-jarang loh proposal kamu cuma akan ditanggapi kayak: “dari mana?” “kapan acaranya?” “oh, yaudah.” lalu seketika tandatangan ‘acc’ pun meluncur. Cuss!

 

Nah, apakah kamu setuju dengan rangkuman kami seputar Keistimewaan Hari Wisuda yang Cuma Bisa Dimengerti Anak UI? Jika kamu setuju dengan rangkuman kami, jangan lupa untuk dishare di Twitter, Facebook, atau LINE kamu, ya! Kalau kamu merasa memiliki UI punya keistimewaan lain di Hari Wisudaan-nya jangan sungkan-sungkan untuk dishare ke kita yah. Siapa tau besoknya kamu bisa tiba-tiba ikutan wisuda…an.  😀

Photo Credit: Universitas Indonesia via Compfight cc

 



[reaction_buttons]