5 Kelakuan Canggung yang Biasa Dirasakan Saat Kamu Baru Berstatus Mahasiswa UI

AnakUI.com berhasil mengumpulkan hal-hal kikuk apa saja yang biasa dilakukan oleh kamu-kamu yang pertama kali menginjakkan kaki di kampus kuning ini.


0
Kamu bakal dikenalin sama yang namanya seminar atau kuliah pakar tamu via vokasi

Kehidupan perkuliahan memang berbeda dengan kehidupan kamu semasa SMA. Bagi kamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di kampus UI, tentunya akan ada banyak hal baru yang kamu temui, namun, let’s be honest, tidak semuanya menyenangkan hati.

Dari setiap hal baru yang kamu temui, kami sangat yakin bahwa sebagian di antaranya membutuhkan waktu kamu untuk struggle dan berjuang dalam beradaptasi dengan berbagai tantangan dan lingkungannya.

AnakUI.com berhasil mengumpulkan hal-hal kikuk apa saja yang biasa dilakukan oleh kamu-kamu yang pertama kali menginjakkan kaki di kampus kuning ini.

BACA JUGA: Maba UI for Dummies: Ceklis Persiapan Setiap Mahasiswa Baru UI

 

Bingung Cari Kosan

Kamu bingung nyari kosan; sendiri/berdua, campur/khusus, kosan/apartement via
Kamu bingung nyari kosan; sendiri/berdua, campur/khusus, kosan/apartement via Photo Credit: romanboed via Compfight cc

Buat kamu yang anak rantau atau emang lagi kepengin hidup misah dari ortu, tentunya akan bingung cari kos atau apartment yang tepat—apakah akan tinggal di kosan yang khusus cewek/cowok, atau yang campur, atau ingin di apartment supaya lebih private.

Apa pun pilihanmu, just remember, all places have good and bad things, tinggal bagaimana kita menyikapinya dalam proses pendewasaan diri sebagai mahasiswa.

 

Bingung Belanja

Setelah nemu kosan, kamu bingung nyari makan di mana via simomot
Setelah nemu kosan, kamu bingung nyari makan di mana via simomot

Ok, tempat kos udah ketemu yang cocok, namun esok paginya  kamu akan bingung cari sarapan karena lingkungan yang kamu tinggali belum kamu kenali sepenuhnya. Tengok kiri-kanan dan orang-orang sampe ngeliatin. Namun, tenang, jika kamu memang anak yang baik dan tidak sombong, niscaya kamu akan mendapat bantuan dari orang-orang sekitar untuk mengetahui tempat-tempat belanja yang kamu butuhkan.

Kalau kamu tinggal di lokasi yang interaksi sosialnya rendah seperti apartemen gimana? Tenang, masih ada Google dan segala aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengeksplor apa saja tempat menarik di area terdekatmu. Ditambah lagi, biasanya penghuni apartemen yang sudah lama pun akan ramah dengan tamu dan tetangga barunya.

 

Bingung Ngikutin Seminar

Kamu bakal dikenalin sama yang namanya seminar atau kuliah pakar tamu via vokasi
Kamu bakal dikenalin sama yang namanya seminar atau kuliah pakar tamu via vokasi

Kosan udah, tempat makan dan kongkow-kongkow sudah, selanjutnya, sebagai mahasiswa baru tentunya hidup kamu gak sepenuhnya kuliah kan. Kamu bakal dikenalin sama yang namanya seminar atau kuliah pakar tamu. Akan ada seseorang cerdas dari luar dunia kampus yang akan datang ke kampus, entah karena dibayar atau karena diundang, yang akan bicara di depan kelasmu atau auditorium, tentang hal-hal yang belum kamu pahami sepenuhnya.

Namun, tenang, satu hal yang pasti, kamu gak sendirian. Ada puluhan bahkan mungkin ratusan anak baru di kampus atau bahkan anak lama pun juga akan sama nggak ngertinya dengan kamu saat ngikutin suatu seminar. So, take your time and just enjoy the “show”.

 

Bingung Saat Ujian

Bingung Saat Ujian via rinaldimunir
Bingung Saat Ujian via rinaldimunir

Nah ini yang paling ngagetin. Ada suatu kisah dimana seorang anak SD di kelasnya diajari 1+1 = 2, namun ketika ujian soal yang keluar adalah 6:2 (1+2) = ?

Nah, kan, penulis aja bingung barusan nulis soal apaan. Namun, jangan kaget pola soal serupa juga bakal keluar di ujian kamu. Artinya, selain mata kuliah yang kamu pelajari saat ini, ada baiknya kamu menambah pengetahuan umum tentang hal-hal lain yang berada di luar mata kuliah kamu tapi masih berkaitan dengan mata kuliahmu. Hal ini untuk membuat kamu dapat memahami logika berpikir dosen yang ngajar di kelasmu. Meski, gak jarang juga sih ada dosen-dosen yang logika berpikir gak bisa ditebak.

Itu tadi hanya 5 rangkaian kecil dari sekian banyak rintangan yang akan kamu temukan saat pertama kali menginjakkan kakimu sebagai mahasiswa di kampus kuning. Namun, kamu tidak perlu khawatir, seperti kata pepatah “good things always follow good people”, jika memang kamu berada di posisi yang sangat amat terdesak, percayalah bantuan akan selalu ada untukmu. Entah dari teman, atau dari mantan. Eh…

Yuk, bagikan informasi ini lewat facebook, twitter dan LINE Kamu sekarang!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply