Pernahkah kamu merasakan serunya membahas film-film terpopuler seperti The Hunger Games atau Life is Beautiful di dalam kelas-kelas kuliah tertentu? Tahukah kamu apa saja manfaat dari pembahasan film-film tersebut?

Dari suatu film, pengamat pendidikan biasanya tidak hanya menilai manfaat suatu film hanya dari sisi seru atau tidak serunya suatu ceritera. Melainkan dari ragam sisi yang tak pernah bisa kita bayangkan sebelumnya.

Apa saja sih hal-hal yang dapat kita pelajari secara ilmiah dari sebuah karya film?

 

Emotional Learning

Mempelajari  tahapan emosional melalui akting seorang aktor via fpsi.usu.ac.id

Mempelajari tahapan emosional melalui akting seorang aktor via fpsi.usu.ac.id

Dengan membahas suatu film, kita dapat mempelajari bagaimana tahapan emosional seseorang melalui akting/peranan seorang aktor. Kita juga dapat mengetahui apa saja yang dapat memengaruhi sensitivitas emosi seorang manusia dalam kehidupan. Di sisi lain, kita pun dapat merefleksikan tahapan emosional kita saat menyaksikan dan menganalisa film tersebut.

 

advertisement

Social Studies

Kamu jadi tahu hubungan antar sosial manusia seperti apa dalam sebuah film via mbu.edu

Kamu jadi tahu hubungan antar sosial manusia seperti apa dalam sebuah film via mbu.edu

Hubungan antar sosial manusia pun dapat terlihat lebih jelas dan tergambar dengan mudah melalui sebuah film. Bagaimana status sosial orang tertentu dapat mengubah kondisi sosial suatu masyarakat pun dapat menjadi bagian dari cultural studies.

 

Sains

Bahan diskusi menarik tentang mitos yang ada di film via jambimoviefreakers

Bahan diskusi menarik tentang mitos yang ada di film via jambimoviefreakers

Beberapa film seperti LUCY, Limitless, atau Flight of Wilderness juga mengangkat background story dari mitos sains terkait brain power—bagaimana otak manusia dapat mengubah keadaan jika digunakan dalam kapasitas maksimal. Film-film seperti ini dapat menjadi bahan diskusi menarik apakah mitos yang ditawarkan benar adanya atau belum memiliki temuan sains secara ilmiah.

 

Literatur

Bisa jadi bahan literatur via vivanews

Bisa jadi bahan literatur via vivanews

Yang sering luput di mata kita adalah bagaimana sebuah film dapat menjadi suatu studi literatur bahkan bagi bidang-bidang keilmuan di luar pengkajian ilmu perfilman itu sendiri.

Tak sedikit literatur-literatur klasik kini diangkat menjadi film layar lebar dan layak untuk diperbincangkan secara ilmiah di dalam kelas. Bahkan, mempertontonkan film sebelum membaca buku terkadang membantu sebagian mahasiswa dalam memahami bahasa-bahasa penulisan yang “challenging” dan monoton.

advertisement

 

Membuka Wawasan Dunia

Membantu memahami wawasan dunia secara muda via reviewfilm

Membantu memahami wawasan dunia secara muda via reviewfilm

Mengenal ragam budaya dan habbit setiap masyarakat di negara tertentu membantu kita memahami wawasan dunia secara mudah. Bahkan, tak jarang kemampuan kita berbahasa asing pun ikut terasah baik secara sadar maupun tanpa sadar sewaktu menganalisa suatu film.

Bagi kamu, mahasiswa FIB UI yang udah masuk tahun kedua, kamu akan sangat merasa beruntung jika mendapatkan dosen yang sering membahas film tertentu untuk dibahas dari sisi budaya, semiotika, atau bahkan dari sisi politik, sosial, dan ekonomi. Yup, film adalah produk budaya dan akan selalu menjadi objek pembelajaran budaya yang tak kan pernah tuntas untuk terus dibahas dari masa ke masa.

Semua rasa penasaran kamu tentang apa saja latar belakang budaya yang mewarnai sebuah film dapat kamu pelajari pada kelas pengkajian sinema di FIB UI. Bentuknya seperti kelas biasa, namun setiap kali kamu disuguhkan sebuah film, kamu akan diberikan penugasan untuk menganalisanya dengan referensi yang menurut kamu relevan. Bahkan, di prodi Prancis FIB UI, kelas Pengkajian Sinema menjadi salah satu mata kuliah wajib dan menantang.

Penasaran? Yuk mampir-mampir ke FIB UI dan temukan bidang-bidang keilmuan yang dapat puaskan rasa penasaranmu! Yuk, bagikan tulisan ini lewat Facebook, Twitter dan LINE kamu sekarang! Simak terus informasi terkini mengenai setiap kegiatan civitas akademika Universitas Indonesia hanya di anakui.com.