Duh, berat badan yang menanjak selalu bikin stress. Nggak sedikit cewek-cewek terganggu dengan hal ini. Maka dari itu, untuk menurunkan berat badan yang terlanjur naik, diet selalu jadi pilihan. Nggak heran kalau kita selalu melihat berbagai macam program diet yang keluar, mulai dari yang sehat, tradisional, sampai memakai obat.

Tapi, banyak pula orang yang tidak kuat mencoba diet. Akhirnya selalu gagal lagi, lagi, dan lagi. Terus nggak ada solusinya? Tentu ada, beberapa makanan ini akan membuat berat badanmu tetap ideal dan membantu membakar si lemak jahat itu.

 

1. Oatmeal

Tambah buah? Boleh juga! (sumber)

Tambah buah? Boleh juga! (gambar: stu_spivack via Compfight cc)

Berapa banyak di antara kalian yang melupakan sarapan dengan alasan supaya kurus? Oh, com’on! Tahukah kamu bahwa sarapan itu sebenarnya membantu menurunkan berat badan? Hal itu karena perasaan kenyang yang ditimbulkannya sehingga kamu tidak makan berlebih saat siang nanti. Nah, kalau kamu memilih sarapan dengan mie atau nasi uduk, rasanya kamu harus menghentikan kebiasaan itu. Gantilah menu sarapanmu dengan sesuatu yang berbahan dasar gambum. Misal oatmeal, roti gandum, atau sereal. Kamu tentunya familiar dong dengan nama di atas? Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di pusat perbelanjaan. Penyajiannya pun cukup simpel, hanya membutuhkan segelas air hangat atau susu untuk oatmeal dan sereal. Sedangkan untuk roti gandum kamu cukup memakannya seperti itu saja. Rasa awalnya mungkin rada tawar dan aneh, tapi jika hal ini terus menerus dilakukan, percayalah berat badan idealmu akan tergapai nyata.

 

2. Beras Merah

2297256018_4520b61c1a_b (1)

Beras merah (gambar: Arria Belli via Compfight cc)

 

advertisement

Tahukah kamu, nasi putih yang biasa kita makan ternyata dapat membuat kita cepat lapar? Hal ini dikarenakan nasi putih mengandung Glycemic Index (GI) yang tinggi. Semakin tinggi kadar GI dalam sebuah makanan, maka semakin tinggi pula kadar gula darah seseorang. Yang mana penyakit-penyakit yang akan timbul dari hal tersebut adalah penyakit yang ditakuti. Solusi agar kamu tetap dapat mengonsumsi nasi adalah dengan menggantinya menjadi beras merah. Memang dari segi rasa agak sedikit kesat dan keras, tapi ini baik untuk tubuh dan berat badanmu. Karena serat dan protein yang terkandung di dalamnya akan bertahan lama sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lama.

 

3. Masakan Pedas

Pedaaaas! (sumber)

Pedaaaas! (gambar: JaBB via Compfight cc)

Kamu ngga suka pedas? Bagaimana dengan tubuh ideal, apakah kamu suka? Jika ya, mungkin kamu harus melatih rasa cintamu dengan pedas. Karena makanan pedas itu sendiri berperan penting dalam proses pembakaran lemak di tubuh. Menurut studi yang dilakukan oleh Purdue University, Amerika Serikat, menunjukan bahwa seseorang yang baru saja memakan makanan pedas akan terhindar dari keinginan makan. Selain itu ia dapat memicu pengeluaran energi yang tinggi dan kaya akan vitamin c yang dibutuhkan tubuhmu.

 

4. Sayur dan Buah

Jangan lupa sayur dan buah (sumber)

Jangan lupa sayur dan buah (gambar: Miles Cave via Compfight cc)

Kamu nggak suka semua makanan di atas? Nih, ada yang lebih mudah dan acceptable untuk dikonsumsi, yakni sayur dan buah. Jangan salah, mereka ini primadona teratas dalam menu diet, lho. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur sulit dicerna tubuh. Sehingga menimbulkan perasaan kenyang lebih lama. Maka dari itu, jangan malas makan sayur dan buah, ya.

 

advertisement

5. Teh hijau dan Kopi

Teh hijau atau kopi (sumber)

Teh hijau atau kopi (gambar: Anant N S (www.thelensor.tumblr.com) via Compfight cc)

Last but not least, green tea and coffee. Duh, selain enak dan menyenangkan, dua minuman yang pas diminum sore hari ini mempunyai manfaat untuk diet loh. Selain kafein, kopi juga mengandung Clorogenic (CGA). Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia, CGA inilah yang mampu mencegah dampak buruk dari obesitas. CGA ini sendiri tak hanya dapat mencegah berat badan, namun juga dapat menstabilkan gula darah, mengurangi resistensi insulin dan penumpukan lemak hati. Begitu pula dengan teh yang mempunyai kandungan theobromine, flavanoid, dan theophylline yang dapat membakar lemak serta sebagai antioksidan. Dengan meminum rutin segelas kopi hitam dan teh hijau tanpa gula akan membuat berat badanmu menurun secara signifikan. Cool!

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang akan membantumu menurunkan berat badan dan menstabilkannya. Untuk hasil yang bagus, dapat secara rutin dikonsumsi. Diet tak akan semenyiksa dulu lagi. Selamat mencoba!



[reaction_buttons]