Benefit melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberi penyuluhan, mengedukasi masyarakat tentang menjaga lingkungan alam, mengajar anak-anak yang kurang mampu, membuat kegiatan amal untuk disalurkan kepada masyarakat, dan masih banyak lagi. Kenapasih kita sebagai mahasiswa harus repot-repot melakukan kegiatan pengabdian masyarakat? Tentu saja karena kegiatan ini akan memberikan kamu banyak manfaat, seperti:

1. Memberi dampak positif bagi masyarakat

Pengabdian masyarakat yang kamu lakukan dalam bentuk apapun akan memberikan dampak positif bagi masyarakat,  entah itu berdampak langsung atau tidak, besar atau kecil, banyak atau sedikit, pengabdian masyarakat dapat menjadi sesuatu yang berharga bagi masyarakat itu sendiri. Sebagai mahasiswa kita sudah selayaknya menebar hal yang positif bagi masyarakat, siapa tau setelah kita melakukan pengabdian, karakteristik atau kebiasaan orang-orang di daerah tersebut dapat berganti ke arah yang lebih baik.

2. Memperbanyak relasi

Saat melakukan pengabdian masyarakat mau tidak mau kamu akan berhubungan dengan banyak orang, bukan hanya di tim kamu, atau tim lainnya, namun juga berhubungan langsung dengan tokoh masyarakat, pengusaha, dan pemerintah setempat. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk menjalin relasi yang luas, siapa tau setelah lulus kamu bisa mengembangkan lagi daerah tempat kamu melakukan pengabdian masyarakat, dan mengubah tempat tersebut menjadi lebih sejahtera.

advertisement

BACA JUGA: Serunya Ikut Kepanitiaan, Kalian Udah Ngerasain?

3. Meningkatkan soft skill dalam berkomunikasi

Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, berarti kamu harus berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat, jika kamu melakukan pengabdian ini di luar kota, maka kamu harus bisa berbicara bahasa mereka, walaupun kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi, bahasa daerah akan membuat kamu lebih dekat dengan masyarakat setempat, selain itu kamu dipaksa untuk lebih komunikatif lagi dalam berinteraksi dengan masyarakat yang datang dari berbagai usia dan latar belakang yang berbeda dengan kamu.

4. Belajar hal baru

Saat melakukan pengabdian masyarakat secara tidak langsung kamu akan belajar mengenai adat istiadat, karakteristik dan kebiasaan orang di daerah tersebut. Hal tersebut dapat memperkaya pengalaman serta wawasan kamu yang tidak bisa dimiliki atau dicuri oleh orang lain, contonya, kamu bisa belajar bernegosiasi dengan orang yang lebih tua usianya dari usiamu, belajar tentang menghargai pendapat orang lain, belajar untuk lebih peka dengan lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pelajari.

advertisement

BACA JUGA: Rekan Kerja di Kantor, Organisasi, atau Kepanitiaan Nyebelin? Ini Kiat-Kiat Menghadapinya

5. Menumbuhkan sifat simpati dan sabar

Sumber: its.ac.id

Tidak dapat dipungkiri jika melakukan kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kepekaan terhadap jiwa sosialmu, dengan melihat keadaan masyarakat yang sebenarnya kamu bisa menjadi lebih kritis dan peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga menambahkan rasa simpati dan empati dalam diri kamu. Dengan melakukan kegiatan ini kamu juga bisa belajar untuk lebih bersabar, bersabar jika ide atau opini kamu ditolak, bersabar ketika apa yang kamu inginkan tidak berjalan sesuai rencana, sifat-sifat ini sangat berguna bagi kamu untuk menghadapi hidup di kemudian hari, sehingga kamu bisa lebih bijak dalam memilih keputusan.

***

advertisement

Nah, jadi itu dia manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu melakukan pengabdian masyarakat, sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya ketika kamu melakukan hal ini, tapi secara garis besar kira-kira inilah manfaat yang paling saya rasakan ketika melakukan pengabdian masyarakat. Biasanya banyak dosen yang mengajak mahasiswanya untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat loh, kamu bisa Tanya-tanya langsung ke dosen mu atau teman-teman lainnya mengenai info pengabdian masyarakat di UI. Intinya pengalaman ini sangat berharga dan sangat sayang untuk kamu lewatkan!

BACA JUGA: 8 Fakta Pusgiwa UI yang Cuma Diketahui Aktivis UKM dan Organisasi



advertisement