5 Public Figure Dunia dan Pekerjaan Pertama Mereka

Banyak public figure yang luar biasa sukses yang punya humble beginning di pekerjaan pertamanya. Berikut 5 tokoh sukses dan pekerjaan pertama mereka.


0
Obama pernah bekerja di Baskin-Robbins Honolulu selama summer holiday via jelmerdeboer

Memilih pekerjaan pertama bisa jadi PR yang sulit bagi mahasiswa ataupun fresh graduates. Siapa yang gak pingin langsung bekerja di perusahaan prestigious dengan gaji yang tinggi? Tapi ternyata, banyak public figure yang luar biasa sukses yang punya humble beginning di pekerjaan pertamanya. Berikut 5 tokoh sukses dan pekerjaan pertama mereka.

BACA JUGA: Ini Tokoh-tokoh Politik Indonesia yang Lahir dari Kampus UI

 

Barack Obama dan Baskin-Robbins

Obama pernah bekerja di Baskin-Robbins Honolulu selama summer holiday via jelmerdeboer
Obama pernah bekerja di Baskin-Robbins Honolulu selama summer holiday via jelmerdeboer

 

Siapa sangka kalau pekerjaan pertama Presiden Amerika Serikat ini adalah tukang es krim? Obama bekerja di Baskin-Robbins Honolulu selama summer holiday. Kelihatannya mudah, tapi bagi Obama, menyendok es krim itu melelahkan! Pekerjaan ini tidak glamor, tapi ia belajar banyak hal mulai dari tanggung jawab, kerja keras, hingga menyeimbangkan pekerjaan, keluarga, dan teman-teman.

 

Maynard Webb, Chairman Yahoo! Dipecat dari Pekerjaan Pertamanya

Webb belajar bahwa tugas apa pun harus dikerjakan dengan maksimal via maynardwebb
Webb belajar bahwa tugas apa pun harus dikerjakan dengan maksimal via maynardwebb

Pekerjaan pertama Maynard Webb, Chairman Yahoo! dan mantan COO eBay adalah membersihkan toilet di sebuah toko donat. Ia tidak digaji untuk pekerjaan itu, tapi ia boleh memakan donat sepuasnya. Saat itu, Webb baru berusia 13 tahun. Setelah beberapa lama, ia dipecat dari pekerjaan karena dianggap kurang maksimal membersihkan toilet. Bosnya juga menganggap ia memakan terlalu banyak donat. Dari sini Webb belajar bahwa tugas apa pun harus dikerjakan dengan maksimal.

 

Tim Brown, CEO Ideo dan Pekerjaan sebagai Pegawai Supermarket

Tim Brown, CEO Ideo dan pekerjaan sebagai pegawai supermarket via designthinking
Tim Brown, CEO Ideo dan pekerjaan sebagai pegawai supermarket via designthinking

CEO dari perusahaan konsultasi desain dan inovasi yang mendunia ini, pernah bekerja sebagai pegawai supermarket di kampung halamannya. Kedengarannya memang tidak promising, tapi Tim Brown justru mendapatkan pelajaran leadership yang berharga di supermarket ini. Manajer supermarket tempat Brown bekerja memiliki gaya manajemen “blusukan” yang bersedia mengerjakan pekerjaan sekecil mengurus sampah. Dari pekerjaan ini, Brown juga belajar tanggung jawab untuk datang ke kantor tiap hari–sesuatu yang sederhana tapi sebenarnya butuh kedisiplinan tinggi.

 

Meg Whitman, CEO Hewlett-Packard, dan Ukuran Lubang Botol Shampoo

Meg Whitman pernah diminta menentukan ukuran lubang botol shampoo via dailytech
Meg Whitman pernah diminta menentukan ukuran lubang botol shampoo via dailytech

Pekerjaan pertama Meg Whitman cukup prestigious, yaitu sebagai marketing manager di P&G. Namun, yang tidak ia sangka adalah tugas pertamanya, yaitu menentukan ukuran lubang botol shampoo. Whitman yang saat itu sudah memiliki gelar MBA, terbiasa menyusun rencana bisnis dan menyelesaikan studi kasus bisnis selama studi. Namun, belum pernah mengambil keputusan terkait desain produk. Dari tugas tersebut ia mendapat pelajaran nyata pertamanya di dunia pemasaran, yaitu mendengarkan konsumen.

 

Rachel Zoe dan Pekerjaan sebagai SPG Toko Sepatu

Rachel Zoe dan pekerjaan sebagai SPG toko sepatu via theschoolofstyle
Rachel Zoe dan pekerjaan sebagai SPG toko sepatu via theschoolofstyle

Rachel Zoe yang namanya melambung sebagai stylist, editor, dan desainer lewat reality show The Rachel Zoe Project memulai kariernya sebagai SPG toko sepatu di sebuah mal. Dari pekerjaan tersebut, Rachel Zoe belajar tentang pentingnya people skill sebagai seorang sales person–bahwa pelanggan selalu benar dan penting untuk mengerti keinginan dan insecurity pelanggan dalam memilih sepatu. Saat itu, Zoe menjadi salah satu SPG paling kompetitif di tepatnya bekerja, tapi di sisi lain ia sering melakukan kesalahan saat konsumen akan melakukan pembayaran. Pekerjaan pertama tersebut pun membantu Rachel Zoe menyadari kelebihannya di bidang selling serta kekurangannya dalam finance.

Nah, itu dia 5 public figure dunia yang ternyata kariernya gak langsung cemerlang. Kayak kamu yang pernah ngalamin masa-masa nyari kerja pertama atau magang waktu semester akhir yang seringkali susah nyari lowongan yang pas. Nah, kamu lagi mencari pekerjaan pertama? Temukan first job yang kamu suka di Bukapintu.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Bukapintu.co

Bukapintu.co adalah online platform untuk mahasiswa dan fresh graduates mencari magang dan kerja, serta belajar tentang karir dan budaya perusahaan.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals