5 Rekomendasi Matkul Eksternal FIB UI yang Anti-Mainstream

Bingung mau belanja matkul apa? Anakui.com punya rekomendasi matkul eksternal dari FIB UI khusus buat kamu. Matkulnya anti-mainstream, loh!


0

‘Setiap semester baru, salah satu hal yang terbesit di pikiran anak UI adalah mau mengambil mata kuliah (matkul) eksternal apa. Mengambil matkul eksternal memang menjadi pilihan untuk menambah jumlah SKS, nilai, dan pengetahuan baru yang mungkin asing bagi mahasiswa fakultas lain.

Salah satu satu fakultas yang jadi langganan matkul eksternal incaran banyak mahasiswa adalah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB). FIB merupakan fakultas dengan jumlah jurusan terbanyak di UI, yaitu 15 jurusan. Tidak heran juga kalau pilihan matkul eksternalnya cukup bervariasi, mulai dari bahasa asing sampai kesejarahan.

siak war

Kali ini, anakui.com akan merekomendasikan lima matkul eksternal dari FIB yang anti-mainstrean. Sebagai disclaimer, artikel ini hanya mengulas matkulnya secara umum, ya. Jadi, jangan harap kamu akan mendapatkan bocoran tugas dan ujiannya dari artikel ini.

1. Sejarah Peradaban dan Kebudayaan Turki (3 SKS)

Sumber: pixabay.com/Engin_Akyurt

Buat kamu yang tertarik dan kepo sama dunia Timur Tengah, terutama Turki, matkul ini cocok banget buat kamu. Matkul yang dibuka oleh Sastra Arab ini akan memberimu pengetahuan mengenai konteks sejarah peradaban Turki dan sejarah dinasti-dinasti Turki sejak Dinasti Seljuk Raya sampai Dinasti Ottoman.

Sementara itu, ruang lingkup yang akan dibahas meliputi penelusuran kehidupan di stepa Asia Tengah, dinasti-dinasti Turki sebelum Islam, negara-negara Islam Turki pertama, Dinasti Seljuk Raya, Kesultanan Seljuk Rum, Dinasti Mamluk, Dinasti Ottoman, Sejarah Turki di luar Turki, dan suku bangsa Turki sebagai minoritas di luar negara Turki. Aspek yang dipelajari adalah mulai dari budaya, sosial, ekonomi, dan perkembangannya dari setiap periode.

2. Bahasa Inggris untuk Korespondensi Bisnis (3 SKS)

Sumber: pixabay.com/aymanejed

Kamu yang tertarik sama dunia bisnis dan mau belajar korespondensi bisnis, matkul ini cocok buat kamu. Di matkul yang dibuka oleh Sastra Inggris ini, kamu akan mempelajari berbagai macam surat korespondensi bisnis, mulai dari letters of adjustments, letters letters of advice, letters of announcements, letters of apologies, letters of appointments and interviews, letters of appreciations, letters of complaints, cover letters, follow-up letters, fundraising letters, undangan, letters of orders, surat referensi dan rekomendasi, letters of requests and proposals, sales letters, dan thank you letters.

Selain belajar membuat suratnya, kamu juga akan belajar menganalisis surat dengan sistem diskusi dan cooperative learning. Sesuai dengan namanya, bahasa pengantar matkul ini adalah bahasa Inggris.

BACA JUGA: Sudah Tahu Bedanya Tes TOEFL, IELTS, dan TOEIC?

3. Perkembangan Industri Perfilman Hollywood (3 SKS)

Sumber: pixabay.com/bissartig

Suka nonton film Hollywood? Daripada cuma nonton, kamu bisa mengambil matkul ini, nih. Matkul yang dibuka oleh Sastra Inggris ini akan memberimu pengetahuan tentang sejarah perkembangan perfilman Hollywood, mulai abad ke-20 hingga berkembang menjadi industri perfilman yang saat ini menguasi pangsa pasar perfilman dunia.

Materi yang diberikan disesuaikan dengan film yang sedang tren, baik pada saat ini maupun masa-masa tertentu. Topik-topik yang akan dikaji antara lain film Hollywood dalam sebuah medan budaya, memahami alasan suatu film komersial menjadi sukses atau gagal, dan melihat posisi film tersebut dalam konteks budaya masyarakat.

4. Paradigma Feminis (3 SKS)

Sumber: pixabay.com/viarami

Akhir-akhir ini, isu-isu tentang feminisme sering dibicarakan di masyarakat. Biar kamu tidak salah dalam memahaminya, kamu bisa mengambil matkul Paradigma Feminis yang dibuka oleh jurusan Ilmu Filsafat.

Karena dari jurusan Ilmu Filsafat, pendekatan yang digunakan tentu saja mengarah ke filsafat. Kamu akan mempelajari epistemologi, etika atau nilai, self, dan filsafat politik feminis. Bahan-bahan yang digunakan merupakan karya filsuf feminis yang nantinya akan dikaitkan dengan isu ketidakadilan gender dan perbandingannya dengan filsuf laki-laki.

5. Sejarah Dunia (3 SKS)

Sumber: pixabay.com/Alexas_Fotos

Buat kamu yang suka belajar sejarah, kamu bisa banget mengambil matkul ini. Sesuai namanya, matkul yang dibuka oleh jurusan Ilmu Sejarah ini akan mempelajari sejarah perkembangan dunia dari berbagai aspek, mulai dari peradaban, dinamika perkembangan IPTEK, Perang Dunia, sampai perkembangan dunia di masa modern. Kamu akan diajari cara mengumpulkan sumber, memverifikasi, menginterpretasi, dan menulis sejarah dengan langkah-langkah metode sejarah.

Itulah tadi lima matkul eksternal anti-mainstream yang bisa kamu ambil dari FIB. Seru kan rekomendasinya? Kalau kamu kepo sama matkul eksternal lain dari FIB (selain bahasa dasar tentunya), tulis saja di kolom komentar dan anakui.com akan mengulasnya buat kamu.

BACA JUGA: Coba “Belanja” 3 Matkul dari Prodi Sastra Indonesia Ini, Yuk!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com

0 Comments

Leave a Reply