5 Skill Ini Harus Dimiliki Kalau Mau Kuliah Jauh dari Keluarga

Saat lulus SMA kamu punya keinginan untuk kuliah di luar kota. Artinya bakal jauh dari keluarga, teman, dan (mungkin) pacar. Nggak mudah ternyata merantau atau jauh dari mereka. Namun, setidaknya dengan skill ini, kamu bakal ketolong.


0

Semua bergenerasi, begitu pun kehidupan kamu. Tanpa terasa, sebentar lagi kamu akan meninggalkan kehidupan seragam putih abu-abu menggantikan dengan pakaian bebas. Kamu merasa sudah dewasa dan menganggap kini saatnya untuk merantau dari rumah. Nggak sedikit di antara kamu sudah mantap dengan universitas pilihanmu yang ternyata, sooo faaaar away dari rumahmu. Kamu sudah siap dengan segala risiko. Termasuk menjalani long distance relationship dengan orang terkasih, mulai dari orang tua, teman, hingga pacar. Tapi tunggu dulu, apakah merantau semudah itu?

Sebenarnya, sih,  nggak jadi masalah kalau kamu masih tinggal bersama sanak keluarga  yang kemungkinan masih menjamin hidup kamu. Tapi bagaimana jika kamu harus bertahan hidup sendirian di tempat orang? Tentu saja ini membutuhkan keahlian. Berikut adalah skill yang harus kamu kuasai jika ingin merantau alias kuliah di kota orang.

1. Memasak

Cowok juga harus masak! (Sumber: )
Cowok juga harus masak! (Sumber:Photo Credit: jaumescar via Compfight cc)

Masak berhubungan dengan makanan. Makanan berhubungan dengan kelangsungan hidup. Tentunya sudah kamu tahu, kalau dengan masak kamu bisa bertahan hidup sekaligus menekan biaya hidup. Apalagi nanti kamu berstatus sebagai anak perantau yang harus hidup hemat. Ya, kalau tiap hari makan di luar mulu bisa tekor, belum tentu juga sehat. Biar pun kamu boleh ngutang sama ibu kantin, tetap aja musti dibayar kan pake uang, bukan pake doa. Semurah-murahnya makan di warteg, lebih murah lagi kalo kamu masak indomi di kosan. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa saat merantau, memasak adalah hal utama yang setidaknya, sih, (sedikit) harus kamu kuasai. Nggak perlu jago-jago amat, yang penting dasarnya. Toh, semua akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Hidup masak!

 

2. Bersih-bersih

Yakin mau tidur di kamar kayak gini? (Sumber:)
Yakin mau tidur di kamar kayak gini? (Sumber:Photo Credit: Scott* via Compfight cc)

Kalau memasak sudah clear, sekarang waktunya untuk skill selanjutnya yang perlu kamu kuasai, yaitu bersih-bersih. Buat kamu yang udah biasa apik dan rapi hal ini tentu bukan persoalan sulit. Coba tanyakan kepada temanmu yang kurang biasa. Pasti dia bingung. Ketahuilah, nanti kamu akan tinggal sendiri di kosan atau kontrakan. Kalau kamu nggak bisa bebersih, siapa yang bakal bersihin bekas makan kamu, atau nyapu kamar, atau ngepel? Kamu mau hidup di tempat berserakan sampah? Nggak, kan? Gih, sana mulai bebersih bantuin Ibu.

 

3. Mengatur Uang

Atur uang (Sumber:)
Atur uang (Sumber:Photo Credit: Magh via Compfight cc)

Gini lho ya, kamu kan nantinya bakalan jauh dari orang tua dan uang yang kamu miliki akan terbatas, mending dari sekarang belajar cara mengatur uang. Biar nantinya setelah merantau kamu nggak kelimpungan. Kamu harus pinter menghemat, memilih mana yang penting dan ngga, juga nyari kesempatan untuk mendapatkan sokongan finansial.

 

4. Mencari Uang

Jadi guru? Boleh juga! (Sumber:)
Jadi guru? Boleh juga! (Sumber:Photo Credit: Barrett Web Coordinator via Compfight cc)

Kalau kamu udah pinter ngaturnya, sekarang waktu yang tepat untuk menambah pundi-pundi uang kamu. Malu dong ya tiap ada apa-apa minta mulu sama orangtua. Nah, untuk menambah dan memenuhi kebutuhan kamu yang bukan itu-itu aja, kamu harus cari uang tambahan. Caranya ya jual jasa. Kamu pinter bahasa Inggris, ya kembangkanlah jasa translate, kamu pinter foto, bisa juga jadi fotografer freelance, semacam itu deh.

 

5. Mengatur Waktu

9602157038_f53b49bb50_b (1)
Mengatur waktu (Sumber:Photo Credit: kondesamsons via Compfight cc)

Ngatur waktu itu susah-susah gampang. Kamu harus pinter-pinter milih mana yang harus didahulukan. Karena kalau kamu nggak bisa ngatur waktu dengan baik, bisa dipastikan hidupmu akan berantakan. Bayangin, gimana kalau dalam sehari kamu harus kuliah, ngerjain tugas, ngerjain pekerjaan rumah, kumpul ini-itu, dan freelance—belum lagi buat ketemu pacar. Apa jadinya coba kalau waktumu nggal teratur dengan baik? Bisa amsyong kamu. Kalau kamu merasa tetep nggak bisa ngatur hidupmu, solusinya gampang, carilah pasangan yang pengatur.

Kayanya itu dulu skill utama yang harus kamu kuasai saat merantau. Sisanya sih bisa kamu sesuaikan seiring dengan waktu yang berjalan. Kalau kamu merasa ada skill lain yang perlu ditambahkan boleh lho ditambah di kolom komnetar. So, selamat merantau!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
dityatamaputri
Perempuan. Juru tulis. Kecil. Hobi mandi. Punya obsesi jadi tinggi yang sayangnya ngga tercepai.

0 Comments

Leave a Reply