5 Skill Tambahan yang Bisa Kamu Pelajari Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Dengan PJJ, kita memiliki banyak waktu luang selama di rumah. Kamu sudah belajar apa aja nih selama di rumah aja? Ceritakan pengalaman kamu mempelajari hal baru selama PJJ di kolom komentar ya!


0

Selama di rumah aja, kamu bisa banget mempelajari hal-hal baru yang belum sempat kamu pelajari sebelumnya karena terkendala waktu yang sibuk. Untuk kamu yang gabut dan belum punya rencana apa-apa untuk mempelajari hal baru, berikut skill yang bisa kamu pelajari selama PJJ berlangsung!

1. Menulis

mahasiswa menulis
Sumber: kupang.tribunnews.com

Sebagian besar mahasiswa akrab banget nih sama kegiatan menulis, khususnya saat mengerjakan tugas, mencatat materi yang diberikan dosen, mencatat materi atau agenda pertemuan, meeting organisasi, dan lain sebagainya. Tetapi, apakah kamu pernah mencoba menulis suatu artikel atau deskripsi suatu produk?

Menulis suatu artikel atau deskripsi produk memiliki banyak manfaat, diantaranya melatih otak kita untuk menjabarkan suatu hal atau peristiwa dengan baik, memecahkan masalah dengan baik, menuturkan kata secara terstruktur, membantu daya ingat, dan lain-lain. Menulis penting untuk mengungkapkan dan mengeksplorasi pikiran serta emosi kita, hal ini dapat meningkatkan kecerdasan emosional kita. Dengan menulis, kita juga akan dilatih untuk berpikir secara runut.

2. Membuat Konten

membuat konten anakui

Yash, membuat konten, dan kalau bisa kontennya yang bermanfaat ya. Banyak platform yang bisa digunakan untuk mengeksplorasi hobi dan bakat kamu.

Sebagai awalan kamu bisa membuat konten outfit of the day ala kamu di feeds Instagram, konten memasak sarapan yang mudah di IGTV, thread skincare di Twitter, konten joget di Tik-Tok, atau kalau kamu mau share tentang pengalaman kamu dengan durasi yang lebih panjang seperti vlog selama liburan, atau tips masuk UI ala kamu, kamu bisa menguploadnya di platform Youtube.

Belakangan juga banyak organisasi yang membagikan kontennya lewat podcast, kamu juga bisa kok! Menciptakan konten membuat kita dituntut untuk kreatif dan menghasilkan karya.

BACA JUGA: Karena Kamu Bisa Makin Eksis dengan Menjadi Content Creator, Ini 4 Tipsnya

3. Entrepreneurship

menumbuhkan bisnis
Sumber: banyuwangi.merdeka.com

Selama PSBB berlangsung, mobilitas orang-orang menjadi terbatas sedangkan orang-orang masih harus mempenuhi kebutuhannya. Nah kamu bisa memenuhi kebutuhan orang-orang dan sekaligus menambah pemasukan lewat berdagang.

Apa yang harus dijual? Apa saja sesuai minat kamu, misalnya mamah kamu jago masak, kamu bisa bantu promosiin ke temen-temen kamu, atau misalkan kamu suka order album k-pop, kamu bisa cari supplier yang murah dan menjualnya kembali, pokoknya mulailah berjualan dengan hal yang kamu suka.

4. Digital marketing

digital marketing yuk

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, digital marketing adalah salah satu metode pemasaran yang menggunakan digital tools atau dengan menggunakan device, contohnya seperti videotron, tv, atau lewat radio.

Ada juga internet marketing yang memuat tentang website dan SEO, selain itu ada juga social media marketing yang awalnya dipakai untuk berinteraksi antar sesama manusia dan menemukan orang baru. Tetapi sekarang media sosial sudah berkembang, kita bisa berinteraksi dengan customer lewat media sosial tersebut seperti lewat postingan dan Instastory kita bisa membangun engagement dengan customer di media sosial tersebut.

Selain berinteraksi, tentunya kita bisa berjualan di media sosial dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan, nah banyak banget kan elemen digital marketing yang bisa kamu pelajari selama masa pandemi.

5. Belajar Bahasa Baru

belajar bahasa asing
Sumber: imore.com

Banyak sekali manfaat ketika kita mempelajari bahasa baru, salah satunya yang paling jelas adalah kita bisa berkomunikasi dengan bahasa tersebut.

Tetapi selain kita bisa terhubung dengan orang-orang dari negara tersebut, mempelajari bahasa baru dapat meningkatkan karir sekaligus memberi asupan baru ke otak karena bisa mengembangkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi, dan memiliki skill pendengaran yang lebih baik.

Lima skill diatas masih sedikit loh, dibandingkan dengan banyaknya ilmu yang bisa kita pelajari selama PJJ berlangsung, kalau kamu sudah belajar apa aja nih selama di rumah aja? Ceritakan pengalaman kamu mempelajari hal baru selama PJJ di kolom komentar ya!

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply