Jika kamu mempunyai passion yang kuat di bidang seni, budaya, linguistik ataupun komunikasi, pekerjaan impianmu mungkin tidak jauh dari menjadi aktor, musisi, seniman, jurnalis, chef, atau bahkan seorang desainer. Walaupun terdengar seperti industri yang cool dan menarik, banyak tantangan dan tuntutan yang dihadapi oleh mereka yang berkarier di bidang ini. Selain dituntut untuk memiliki talenta, mereka yang sukses di bidang seni dan budaya adalah orang yang mempunyai motivasi dan komitmen tinggi, ketekunan, sertakerja keras sehingga karyanya dapat dinikmati dan diapresiasi.

Bagaimana kamu tahu bahwa kamu cocok berkarier di bidang Arts & Humanities? Di bawah ini terdapat lima personality traits yang dapat meyakinkan kamu bahwa kamu cocok untuk mengejar karier di bidang Arts & Humanities.

BACA JUGA: Dari 6 Kategori Karier Paling Populer Ini, Mana yang Cocok Buat Kamu?

 

1. The Talent to be Creative

Mereka harus memiliki jiwa yang kreatif via soundup

Mereka harus memiliki jiwa yang kreatif via soundup

Seseorang yang bekerja di bidang ini tentunya harus memiliki jiwa yang kreatif. Mereka adalah orang-orang yang gemar menantang diri mereka untuk menyajikan karya-karya yang berbeda dan out of the box. Tantangan untuk menjadi kreatif bukanlah menjadi halangan untuk mereka, tetapi merupakan kesempatan untuk terus mengembangkan diri dan talentanya.

 

advertisement

2. Adaptabilitas Tinggi

Kamu harus memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi via aub.ac.uk

Kamu harus memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi via aub.ac.uk

Tingkat adaptabilitas yang tinggi bisa kita lihat dari tuntutan seorang aktor untuk menguasai berbagai macam peran, atau tuntutan seorang desainer grafis untuk memuaskan client pada tiap proyek. Seorang artist harus siap belajar dengan tempo yang cepat dan mampu mengeksekusikan idenya dengan tepat. Untuk survive di industri ini, kamu harus memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dan memiliki keinginan untuk menerima tantangan baru.

 

3. Siap untuk Mengikuti Segala Aturan

Siap untuk mengikuti segala aturan via ahcts

Siap untuk mengikuti segala aturan via ahcts

Seperti pekerjaan lain pada umumnya, karier di bidang Arts & Humanities tidak sebebas yang kamu pikir. Seorang chef, aktor, pemeran teater, atau desainer tentunya harus siap untuk mengikuti rules of the game dari bidangnya. Hal ini bisa kita lihat dari jadwal latihan, behavior saat mengikuti audisi, safety procedures in the kitchen, dan hal teknis lainnya yang membutuhkan kedisiplinan tinggi. Jika kamu sudah siap untuk mengikuti aturan, maka kamu sudah memiliki nilai tambah untuk menekuni karier di bidang ini.

 

4. Kemampuan Bekerja Sendiri

Memiliki kemampuan untuk bekerja secara independen via fredonia

Memiliki kemampuan untuk bekerja secara independen via fredonia

 

Pekerjaan di bidang seni dan budaya terkadang menuntut kamu untuk bekerja tanpa bantuan orang lain. Mulai dari mencari inspirasi, brainstorming ide-ide, sampai proses pembuatan karya itu sendiri. Untuk itu, jika kamu ingin serius di bidang ini, kamu harus memiliki kemampuan untuk bekerja secara independen.

advertisement

 

5. Bekerja di Bawah Tekanan

Siap dengan tekanan kerja yang tinggi via lifehacker

Siap dengan tekanan kerja yang tinggi via lifehacker

Bekerja di bidang Arts & Humanities juga dapat memicu tekanan kerja yang tinggi. Contohnya bisa kita lihat pada seorang fashion designer yang harus meluncurkan koleksi busana tiap musim, atau para chef yang terus membuat menu of the week tiap minggunya. Karier di bidang ini membutuhkan kamu untuk bekerja lebih lama, tetap mempertahankan antusiasme, dan tingkat kreativitas dalam tekanan tinggi. Unfortunately, you’ll also need to be ready to sacrifice most of your rest time.

Jadi, apakah kamu sudah yakin untuk meniti karier di bidang Arts and Humanities?