5 Teknologi Canggih yang Muncul 5 Tahun Mendatang


0
sumber: wikipedia.com
sumber: wikipedia.com

Sumber: Wikimedia Commons CC-BY-SA-2.5

Setiap tahunnya, IBM melansir 5 teknologi yang saat ini sedang dikembangkan dan diprediksi akan diluncurkan dalam lima tahun mendatang. Menariknya tahun ini teknologi komputer diprediksi akan mempelajari fungsi lima indra manusia: melihat, mencium, mendengar, meraba, dan merasa Berikut adalah lima prediksi tahun 2012 untuk lima tahun ke depan:

1. Kita akan bisa “menyentuh” sesuatu lewat handphone touchscreen

Selama ini bila kita ingin membeli pakaian secara online, kita hanya bisa melihat pakaian itu. Ke depannya kita juga bisa “menyentuh” bahan dari pakaian tersebut, kita bisa membedakan apakah pakaian tersebut terbuat dari linen, sutra, . Teknologi getaran pada layar sentuh dikembangkan untuk men-simulasikan tekstur tersebut, terutama untuk tekstur kain atau pakaian.

2. Komputer bisa memahami apa yang dilihatnya

Di masa depan, komputer bisa mempelajari sesuatu dengan hanya melihat foto, kemudian memberikan saran tentang apa yang dapat kita lakukan selanjutnya. Ini berguna untuk keperluan medis, di mana komputer melihat foto gejala atau luka pasien, kemudian memberikan masukan diagnosis kepada dokter tentang penyakit itu dan bagaimana menanganinya.

3. Komputer bisa mengerti apa yang di dengarnya

Hari ini, komputer bisa memahami perintah yang kita berikan. Ke depannya, komputer dapat memahami apakah kita bicara dengan nada marah, atau senang, atau apa yang dia dengar adalah suara orang bernyanyi atau bayi yang sedang menangis. Lebih canggih lagi, suara tangisan bayi itu nantinya dapat dihapami, apakah karena kelaparan, atau hanya ingin bermain.

4. Komputer memahami makanan kesukaan kita dan memberikan resep sehat yang sesuai dengan kesukaan itu

Kadang kita bingung memilih makanan, dan seringkali yang kita pilh bukan makanan yang sehat. Ke depannya, komputer memberikan saran apa yang bisa kita makan hari itu dengan mempertimbangkan selera kita, juga kesehatan kita.

5. Komputer bisa mencium bau dan mengartikan bau tersebut

Teknologi ini sebenarnya sudah lama dikembangkan untuk mendeteksi alkohol oleh polisi-polisi di negara maju, namun. Ke depannya, komputer tidak hanya bisa mencium bau tajam seperti alkohol, tetapi juga dapat mendeteksi penyakit seperti diabetes atau kelainan ginjal hanya dengan mencium harum nafas kita.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ricky Setiawan
A mixture of marketing, art, the web, and caffe latte. Hardcore fan of remarkable stuffs.

0 Comments

Leave a Reply