5 Tips Agar Resolusi Tahun Barumu Tak Gagal

Jangan takut untuk menceritakan resolusi tahun baru kepada teman atau anggota keluarga terdekat. Dengan bercerita ke orang terdekat, bisa jadi kamu mendapatkan bantuan dan motivasi untuk meraihnya.


0

Selamat hari terakhir di tahun 2020, AnakUI!

Akhir tahun merupakan momen paling pas untuk merenungkan kembali apa yang sudah dijalani selama ini. Kamu bisa mengingat kembali tentang resolusi awal tahun, apakah semuanya tercapai atau malah terbuang sia-sia?

Sumber: pexels.com

Bila banyak keinginan yang gagal diraih, mungkin salah satu penyebabnya karena kamu membuat resolusi yang tidak realistis. Misalnya, ingin punya badan lebih kurus tapi hobinya makan junk food. Duh, kalo seperti ini, kamu butuh kiat khusus agar resolusi tahun barumu tercapai. Gimana sih caranya? Yuk, simak tips agar resolusi tahun baru kamu gak ambyar di tengah jalan!

1. Fokus Pada Satu Hal

Sumber: pexels.com

Pergantian tahun membuat kita berambisi untuk mendapatkan pencapaian baru. Entah itu grafik IPK di SIAK NG naik, kenaikan jenjang karir, punya badan langsing, hingga ingin lulus dari UI tepat waktu.

Punya banyak keinginan memanglah baik, namun jangan lupa untuk mempertimbangkan kesanggupan diri kamu. Jangan sampai kamu kewalahan di tengah jalan dan merasa tidak sanggup untuk mengejar resolusi yang telah dibuat.

Supaya gak pusing, coba deh fokus pada satu hal di suatu waktu. Misalnya nih, kamu ingin menurunkan berat badan di enam bulan pertama. Nah, kamu bisa melakukan sesuatu yang dapat membantumu meraih resolusi tersebut, seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Jika sudah merasa lebih sehat dan bugar, baru deh mengejar resolusi berikutnya.

2. Buat Resolusi yang Realistis

Sumber: Getty Images

Dalam merencanakan sesuatu, usahakan resolusi dibuat se-realistis mungkin dan terukur agar lebih mudah untuk diwujudkan. Sebab, kalo gak punya tujuan yang jelas, kita cenderung menghabiskan waktu, uang dan tenaga dengan sia-sia.

Supaya pencapaian kita berjalan mulus, cobalah memulainya dengan membuat rincian berapa waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai resolusi tersebut, berapa biaya yang dikeluarkan, hingga kiat apa saja yang perlu dilakukan.

Misal, tahun berikutnya kamu ingin mengganti laptop. Tulis berapa uang yang perlu kamu siapkan untuk membelinya, jumlah uang yang harus ditabung sehingga terkumpul senilai harga barang, hingga usaha apa saja yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan. Kalo semuanya udah jelas kan kamu jadi lebih semangat mencapai resolusinya.

3. Fokus Pada Proses

Sumber: pexels.com

Perlu diingat bahwa proses mencapai impian itu tidak selalu berjalan mulus. Setiap perubahan membutuhkan waktu tergantung usaha kita untuk mencapainya.

Agar mentalitas positif kamu tetap terjaga, yuk mulai berpikir cara terampuh dalam memotivasi diri sendiri agar terus membuat kemajuan. Hindari menunda pekerjaan dengan cara mencatat segala kegaitan yang dilakukan dan buat tenggat waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang ada di daftar tersebut.

4. Jangan Takut Gagal

Sumber: pexels.com

Satu hal yang membuat resolusi tidak tercapai adalah takut akan kegagalan. Padahal, saat melakukan sesuatu, kamu gak bisa menghindari kemungkinan gagal sebab kegagalan merupakan proses alamiah yang perlu kamu terima. Dari kegagalan, kamu bisa mengambil pelajaran berharga supaya nantinya kamu terbiasa menghadapi sesuatu yang sulit.

Jika di tengah tahun kamu menemukan kesulitan, coba berhenti sejenak dan evaluasi diri. Kira-kira apa sih yang menghambatmu mencapai tujuan? Strategi mana yang efektif diterapkan agar prosesnya menjadi mudah? Bila kegagalan terulang lagi, coba lakukan strategi dan pendekatan yang berbeda.

Misalnya nih, kamu punya resolusi untuk menjalani pola hidup sehat di tahun baru, namun kamu gak bisa menahan godaan junk food dan makan di tengah malam. Nah, kalo gini, coba kamu buat ‘cheating day’ atau waktu untuk mengonsumsi makanan yang kamu hindari sebelumnya. Kamu juga bisa mengurangi konsumsi junk food dengan mengonsumsi smoothies dan kacang-kacangan.

5. Ceritakan Kepada Teman atau Anggota Keluarga Terdekat

Sumber: pexels.com

Jangan takut untuk menceritakan resolusi tahun baru kepada teman atau anggota keluarga terdekat. Dengan bercerita ke orang terdekat, bisa jadi kamu mendapatkan bantuan dan motivasi untuk mencapai resolusi sehingga lebih mudah untuk diwujudkan. Kiat ini juga turut membantu kamu untuk terus konsisten menjalani kebiasaan yang mendukung resolusi tahun baru.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda (Vokasi, Administrasi Rumah Sakit 2017)

0 Comments

Leave a Reply