5 Tips dan Trik Survive Kuliah Daring Sebagai Anak UI

Suka bingung gimana caranya supaya bisa tetap selamat di dunia perkuliahan? Tips and trik berikut ini cocok banget untuk bisa ngebantu kamu sukses di perkuliahan sebagai mahasiswa UI. Yuk simak


0

Halo mahasiswa! Daring gini pasti suka bingung dong gimana sih caranya supaya bisa tetap survive di dunia perkuliahan? Kan semua serba virtual, memangnya bisa ya? Nah, buat kamu yang mempertanyakan hal itu, tips and trick berikut ini cocok banget untuk bisa ngebantu kamu selamat di perkuliahan sebagai mahasiswa UI. Check it out!

1. Berjuang sejak awal di SIAK War

Sumber gambar: memegenerator.net

Sebagai mahasiswa UI pasti udah akrab dong dengan sebutan SIAK War. Yups! SIAK War adalah ketika mahasiswa UI harus mengisi IRS (Isian Rencana Studi) dengan cara “berperang”, mahasiswa akan memperebutkan kelas dan dosen mana yang akan menjadi tempatnya belajar selama satu semester ke depan.

Lantas apakah peperangan ini worth it untuk dilakukan? Jawabannya adalah YES! Sangat worth it. Kenapa? Karena, setiap dosen memiliki cara mengajar yang berbeda, begitu pun dengan kita mahasiswa. Setiap dari kita memiliki cara belajar yang bervariasi. Untuk itu, agar bisa belajar dengan semangat dan menggebu-gebu, kita bisa mengusahakan untuk mendapatkan kelas dan dosen yang sesuai dengan cara kita belajar, sehingga kita tidak mudah jenuh dan tidak kehilangan motivasi untuk belajar.

Kalau kelas yang kita hadiri sesuai dengan tipe belajar kita, tentunya akan membawa pengaruh baik dong ke indeks penilaian kita hihi, so jangan lupa untuk berjuang di SIAK War ya!

2. Cari tahu kriteria dosen dan mata kuliah dari kating

Masih berkaitan dengan poin pertama, sebelum memulai perang, tentunya kamu harus mengerti apa tujuan kamu untuk berperang bukan? Nah sama halnya ketika SIAK War, kamu juga harus mengetahui dosen seperti apa dan mata kuliah apa yang sesuai dengan tujuan kamu.

Caranya adalah manfaatkan momen yang ada untuk bertukar wawasan dengan kating kamu. Kamu akan mengetahui cara mengajar dan tipe belajar apa yang diberikan oleh dosen kamu, kamu juga akan mendapatkan gambaran terhadap mata kuliah yang akan kamu ambil sehingga kamu bisa mempertimbangkan secara matang sebelum pada akhirnya mengambil keputusan.

BACA JUGA: Calon Anak UI, Udah Kenalan dengan Digital Makara Belum?

3. Ikutan kelompok belajar di luar jam kuliah

Kalau kamu tipe mahasiswa yang lebih senang belajar sendiri, itu bukanlah suatu masalah. Namun, akan lebih baik apabila kamu memiliki kelompok belajar di luar jam kuliah kamu. Sehingga kamu memiliki partner yang bisa kamu ajak untuk diskusi dan bertukar pikiran satu sama lain.

Bagaimana pun, dari suatu hal, selalu ada banyak perspektif yang ditimbulkannya. Ketika kamu mempelajari satu materi di kelas, bisa saja kamu dan teman kamu memiliki perspektif yang berbeda. Bayangkan apabila setelah kelas, kamu dan teman kamu mendiskusikan perspektif kalian yang berbeda, akan sangat seru bukan? Kamu jadi bisa mempelajari suatu hal dari berbagai sudut pandang.

4. Ikut Kepanitiaan/Organisasi untuk mengasah Soft Skills

Gimana sih caranya supaya kita bisa lebih mudah beradaptasi di banyak lingkungan? Trus kalau kita mau lebih percaya diri ngobrol di depan publik tuh gimana ya? Pasti pernah dong sobat mahasiswa mempertanyakan hal semacam itu? Nah, kalau kamu penasaran, ikut organisasi maupun kepanitiaan bisa jadi solusi, loh!

Dengan kamu mengikuti kepanitiaan, kamu akan dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan yang baru, dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial yang baru, dan itu akan membentuk kamu untuk menjadi pribadi yang lebih berani dalam menghadapi tantangan, serta mendorong kamu untuk bisa memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kamu. Kamu juga bisa membangun relasi yang baru dan itu akan sangat membantu kamu untuk bisa survive di dunia perkuliahan.

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

5. Gunakan privilege anak UI buat ikut lomba

Anak UI cukup terkenal loh dalam mengikuti berbagai bidang lomba, jadi ada sangat banyak kesempatan lomba yang bisa kamu ikuti sebagai anak UI. Tentunya setiap lomba yang kamu ikuti akan memberikan pengalaman dan pembelajaran untuk mengembangkan diri kamu sendiri. Di Indonesia sendiri ada banyak universitas, tapi mahasiswa UI harus aware dengan privilege kampus perjuangan yang bisa menambah kepercayaan diri saat lomba.

Itu dia lima tips yang bisa kamu terapkan supaya kamu bisa survive di perkuliahan daring yang terbilang tidak mudah dan butuh perjuangan ini. Tetap semangat ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

One Comment

Leave a Reply