5 Tips Hemat Ala Mahasiswa UI yang Bisa Kamu Terapkan!

Kalau kamu sebagai anak UI, biasanya apa nih yang dilakukan demi menjaga uang bulanan tetap aman?


0

Halo mahasiswa UI, bagaimana keadaan akhir bulan ini, uang jajan aman?

Anak kuliah terutama anak rantau biasanya suka bingung cara menghemat uang bulanan, iya nggak? Apalagi masih mahasiswa baru yang harus beradaptasi dengan lingkungan kampus terutama biaya hidup jadi harus bisa hemat. Nah, kali ini AnakUI mau bagi-bagi tips hemat sehingga kamu ga kanker (baca: kantong kering) saat akhir bulan.

1. Pilih Bayaran UKT sesuai kemampuan

Sumber: https://www.istockphoto.com/

Hal pertama yang paling penting dan paling banyak dikeluarkan setiap bulan oleh mahasiswa, apalagi kalau bukan UKT. Kalau di UI, bayaran UKT tiap semester bisa disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masing-masing mahasiswanya.

Saat Maba, kamu pastinya akan disuruh mengurus berbagai berkas setelah resmi diterima menjadi mahasiswa UI. Salah satunya, berkas untuk memilih kelas pembayaran UKT yang dibagi menjadi dua yaitu BOPB dan BOPP.

Untuk yang BOPB, kamu akan diminta untuk mengurus berkas sesuai dengan kelas atau rentang biaya UKT yang ingin dipilih. Berkas-berkas yang diperlukan biasanya slip gaji ortu, slip token listrik, rincian keuangan keluarga, surat keterangan ekonomi dari Pak RT dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek disini : https://penerimaan.ui.ac.id/

Nah, kalau kamu udah terlanjur pilih BOPP dan ternyata ditengah jalan kondisi ekonomi keluargamu memburuk (amit-amit), kamu bisa mengurus keringanan jadi bisa disesuaikan lagi UKT nya atau kamu bisa mengajukan berkas untuk pembayaran cicilan.

Kalau di UI, jangan takut gabisa kuliah karena tidak mampu bayar UKT. UI sendiri termasuk universitas yang bayaran bulanannya lebih murah dari kampus lain bahkan ada yang bebas bayar UKT alias Rp0. Selain itu, kamu juga bisa daftar berbagai beasiswa seperti Bidikmisi (sekarang Kartu Indonesia Pintar Kuliah) dan lainnya. Untuk info tentang beasiswa bisa kamu cek disini http://beasiswa.ui.ac.id

2. Jadi Pengguna Setia Bikun

Sumber: https://nawalakarsa.id/

Nah, tadi kita udah bahas hal yang krusial nih demi memangkas pengeluaran uang bulanan. Tips hemat selanjutnya yaitu gunakan fasilitas kendaraan gratis di UI, contohnya bikun.

Kalau kamu ngekos sekitaran UI, daripada naik ojek ke fakultasmu mending naik bikun aja. Selain lebih hemat, juga membantu lebih mengurangi polusi. Kalau kamu anak kereta, setelah dari stasiun juga bisa langsung naik bikun entah kamu turun di Stasiun Pocin atau Stasiun UI.

Oh ya, kalau naik bikun, mesti tau aturannya ya, kalau naik lewat depan dan turun lewat belakang. Terus kalau ada penumpang baru masuk, kamu geser ke belakang untuk memberi tempat kepada mereka. Pastikan juga kamu naik jurusan bikun yang sesuai dengan arah fakultasmu. Kalau bikun biru rutenya dari asrama UI – Gerbatama – FT. Kalau bikun merah dari asrama UI – Gerbatama – FH. Selain bikun, ada juga transportasi gratis di UI seperti spekun dan sekarang ada skuternya juga yang bekerja sama dengan Gowes

BACA JUGA: Hal-Hal yang Akan Ngebedain Kamu di Kehidupan Kuliah dan SMA

3. Jangan Sia-siakan Fasilitas Gratis di UI

UI memberikan banyak fasilitas gratis ke mahasiswanya, jadi kamu perlu tahu dan jangan sia-siakan fasilitas tersebut. Kamu bisa log in SSO untuk tersambung ke WiFi UI, lumayan kan jadi hemat kuota bulanan. Tapi, gunakan dengan bijak yaa karena rumornya kuota kita dibatasin sampai kita lulus. Kalau untuk kecepatan jaringannya sih yaa.. untung-untungan kadang bagus kadang jelek haha.

Log in SSO juga bisa buat akses berbagi jurnal atau e-book gratis loh, perpustakaan UI juga menyediakan ribuan e-book dan buku yang bisa dipinjam gratis oleh mahasiswa UI. jadi, uangnya yang tadinya buat beli buku bisa ditabung. Aku aja ya, selama 4 tahun kuliah keperawatan, paling beli buku cuma 2-3 kali, selebihnya e-book jadi andalan buat belajar dan nugas hehe.

Kalau punya akun UI, kamu juga bisa dapet berbagai akses premium untuk beberapa aplikasi misal ya grammarly, microsoft original, g-drive premium dan lainnya yang semuanya gratis, tinggal googling cara ngurusnya, gampang kok.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Aktifkan Akun Google UI dan Semua Gratisannya

4. Pilih Asrama UI daripada Kos

Sumber: https://www.ruangguru.com/

Mahasiswa baru yang rantau atau rumahnya jauh dari UI, bisa banget memilih asrama UI sebagai alternatif dari kosan. Karena selain harganya murah, fasilitasnya juga oke. Kamarnya ada tempat tidur, lemari dan meja belajar, ada kantin asrama, musholla, minimarket, laundry, ATM, dan pelayanan kesehatan.

Tapi, kamarnya nggak ada yang kamar mandinya dalam yaa.. Asrama UI bisa ditempati oleh mahasiswa atau mahasiswi yang gedungnya dipisahkan. Selain murce, keuntungan lainnya asrama yaitu kalian bisa kumpul-kumpul paguyuban bersama dengan temen-temen yang berasal dari daerah yang sama.

Banyak juga kegiatan bersama di asrama yang biasanya difasilitasi oleh residen asrama yang disebut SR (senior resident). Tapi, biasanya  UI lebih mementingkan mahasiswa baru untuk pendaftaran asrama jadi kalau kamu udah bukan maba disarankan untuk cari tempat tinggal selain asrama. Kecuali kamu residen asrama yang kemungkinan bisa tinggal selama 4 tahun di asrama.

BACA JUGA: Tipe-Tipe Pengguna Bikun, Kamu Termasuk yang Mana ya?

5. Ajak Temen Buat Nge-kos Bareng

Sumber: brilio.net

Kosan disekitar UI tuh menjamur alias banyak banget. Tinggal pilih aja yang paling deket dengan fakultasmu, ada kosan di barel (belakang rel Stasiun UI), di pocin (sekitar Stasiun Pondok Cina), di kukel (Kukusan Kelurahan deket Vokasi), di kutek (Kukusan Teknik belakang Klinik Makara) dan lainnya.

Banyak yang murah juga kok kosan, tergantung fasilitasnya sih, tapi kalau mau lebih murah bisa ajak temenmu ngekos bareng. Lumayan, selain bisa hemat bayar kosan, makan juga bisa patung bareng-bareng yang jatuhnya lebih murah. Misalnya temenmu nyediain nasi, kamu lauknya, sayuran bareng-bareng. Banyak juga kok warung makan yang murah sekitar kosan kayak warung bahari, dll (apalagi yak?). Eh tapi jangan kayak meme ini ya, ngekos bareng temen tapi kerjaannya ngutang mulu hahaha.

Sumber: brilio.net

Itu dia tips hemat ala mahasiswa UI yang udah lulus ini hehe. Aku sendiri bukan anak rantau sebenernya, tapi kalau lihat temen-temenku yang ngekos atau ngerantau biasanya mereka melakukan tips-tips dia tas.

Kalau kamu sebagai anak UI, biasanya apa nih yang dilakukan demi menjaga uang bulanan tetap aman?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me Aisyah... I'm a nursing student (FIK 17). I like cooking, drawing, writing and singing also I'm a movie lover. To get to know me more...hit me up on IG: aissyarofina or visit my website on: https://aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply