5 Tips Me-Time di Tengah Kesibukan Kuliah

Me-time di tengah kesibukan kuliah, kenapa tidak? Berikut ini ada tips me-time buat kamu yang nggak bakal mengganggu jadwal kuliahmu.


0

Kesibukan kuliah ditambah agenda kepanitiaan atau organisasi sering kali membuatmu lupa memanjakan diri. Kamu pun jadi merasa stres dan burn-out karena terlalu sibuk untuk memenuhi tuntutan di kampus. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada kesehatan mental dan produktivitasmu.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba untuk melakukan me-time. Me-time merupakan istilah yang merujuk pada waktu yang digunakan untuk bersantai dengan diri sendiri yang bertujuan untuk mengurangi stres dan mengembalikan energi. Dilihat dari pengertian umumnya saja, me-time punya banyak manfaat, loh! Rugi rasanya kalau kamu tidak meluangkan waktu untuk me-time.

Kali ini, anakui.com akan memberikan lima tips me-time di tengah kesibukan kuliah. Tips ini dijamin tidak akan membuat tugas dan jadwal kuliahmu keteteran, deh!

1. Atur Waktu dan Buat To-do-list

Sumber: pixabay.com/marijana1

Banyaknya agenda di kampus sering kali membuat kamu tidak punya waktu luang untuk sekadar beristirahat. Kondisi itu semakin parah ketika kuliah berjalan secara daring seperti sekarang ini. Kamu sering lupa waktu karena terlalu asyik berhadapan dengan layar untuk mengerjakan tugas, rapat, mengikuti webinar, dan lain sebagainya.

Agar kesibukanmu tidak menjadi toxic, kamu perlu mengatur waktu dan membuat to-do-list kegiatan sehari-hari. Bedakan waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, mengurus kepanitiaan atau organisasi, dan beristirahat. Jangan sampai kamu lupa makan dan kurang tidur, ya! Sibuk boleh, yang penting jangan lupakan kesehatanmu.

2. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Sumber: pixabay.com/kaboompics

Luangkan waktu minimal sehari dalam seminggu untuk melakukan me-time. Akhir pekan bisa menjadi pilihan agar tidak mengganggu jadwal kamu yang lain. Pastikan kamu benar-benar melakukan me-time tanpa gangguan apapun, ya. Kalau ada gangguan, jadi percuma deh me-time-nya, hehe.

Lakukan kegiatan yang kamu suka. Kalau kamu introvert, kamu bisa me-time di rumah aja, seperti membaca novel, memasak, menonton film, atau memesan makanan untuk dirimu sendiri. Kalau kamu ekstrovert, kamu bisa mengembalikan energi dengan nongkrong di kafe atau berkumpul bersama teman. Intinya, sesuaikan dengan porsi dirimu sendiri, ya.

BACA JUGA: 5 Tempat di UI Ini Ramah untuk Kamu yang Introvert

3. Tambah Jam Tidur

Sumber: pixabay.com/Claudio_Scott

Sering merasa kurang tidur saat kuliah? Tenang, kamu bisa membayar utang tidurmu di akhir pekan. Menambah jam tidur bisa menjadi alternatif kalau kamu ingin me-time tapi tidak punya referensi kegiatan lain.

Eits, menambah jam tidur bukan berarti kamu tidur seharian, ya. Kamu bisa menambah jam tidurmu dengan tidur siang, hal yang jarang dilakukan saat kuliah. Selain untuk me-time, tidur juga bisa bermanfaat untuk memulihkan energi setelah melakukan banyak aktivitas.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Sumber: pixabay.com?StockSnapti

Pagi kuliah, sore rapat, malamnya nugas. Padatnya jadwal sering membuat mahasiswa lupa berolahraga. Padahal, olahraga juga penting untuk kebugaran tubuh, loh. Gimana mau produktif kalau tubuh rasanya lemas terus?

Biar tidak gampang sakit di tengah sibuknya kuliah, kamu bisa melakukan olahraga ringan. Misalnya, kamu bisa berjalan-jalan sejenak di lingkungan kampus setelah kegiatan pembelajaran selesai. Nah, pada akhir pekan, kamu bisa melakukan olahraga lain yang lebih berat, seperti jogging, gym, atau yoga. Dengan begitu, kesehatanmu pun akan tetap terjaga dan kekebalan tubuh meningkat, deh.

5. “Kencan” sama Diri Sendiri

Sumber: pixabay.com/StockSnap

Pernahkan terbayang di benakmu menonton bioskop sendirian? Maksudnya bukan menonton sendirian dalam satu ruangan ya, tapi kamu datang ke bioskop tanpa ditemani orang lain. Hanya kamu dan dirimu.

Coba deh lakukan hal itu sebagai alternatif untuk me-time. Tidak hanya nonton, kamu juga bisa shopping, makan di restoran, atau sekadar jalan-jalan di mal sendirian. Dengan begitu, kamu lebih leluasa untuk menikmati waktu luangmu tanpa diganggu orang lain. Kalau kata anak zaman now sih istilahnya ‘dating with myself’, hehe.

Nah, itu tadi lima tips me-time di tengah kesibukan kuliahmu. Selain untuk mengembalikan energi setelah capek di kampus, me-time juga menjadi bentuk self-love, loh. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa menghargai dan menyayangi dirimu sendiri.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply