Salah satu kebahagiaan bagi anak UI adalah Mac Room di perpustakaan pusat UI yang katanya download speed bisa mencapai 7,5 mbps, ketika mengunduh lebih cepet daripada copy paste. Mac Room bagi sebagian civitas UI bisa dikatakan sebagai habitat kedua, juga menunjukkan bahwa Wi-fi dan internet connection dewasa ini merupakan kebutuhan primer di bawah pangan, mengingat penuhnya Mac Room bisa menyamai penuhnya kantin meskipun di Mac Room nggak ada makanan.

Ngapain sih di Mac Room? Salah satu aktivitas paling digemari adalah nonton, dan ini adalah top 5 tontonan anak Mac Room. Kalau kamu film apa?

 

Musik

Update sama MV terbaru.

Update sama MV terbaru.

Kalau nggak ada aral melintang, yang namanya streaming MV di Youtube nggak pake acara buffering. Nggak ada acara main snake di layar Youtube-nya, bahkan bisa buka beberapa tab video untuk ditonton, plus download beberapa file lain secara bersamaan. MV yang ditonton juga beragam, mulai dari MV band-band ’90-an kebelakang yang videonya masih low quality terbatas pada 360p atau 480p, band-band indie yang kadang cuma sebatas lyric video, MV boyband girlband korea yang kalo nggak kelewat warna-warni ya item putih mainan lighting, sampe MV musik-musik mainstream macam Taylor Swift. Bahkan ada juga yang saking hopeless-nya cari video musik bagus di Youtube, sampai searching The Voice UK, The Voice Switzerland, X-Factor Kepulauan Fiji kalau ada.

 

Film/Serial

Nggak bakal ketinggalan episode terbaru Running Man

Nggak bakal ketinggalan episode terbaru Running Man

Keterbatasan channel TV di rumah atau keterbatasan keuangan untuk nonton di XXI diatasi dengan mendatang Mac Room untuk streaming film atau serial TV. Jangan heran kalau ada orang yang hanya datang dengan bawa earphone, duduk di salah satu kursi dan mulai nonton film-film macam Avengers 2, Pitch Perfect 2, 50 shades of… enggak mereka nggak streaming itu di Mac Room. Download, mungkin.

advertisement

Lalu ada juga yang mungkin lagi nggak ada kerjaan sampai serial marathon di Mac Room, dari pukul 9 sampe lagu-lagu mulai dikumandangkan (pemberitahuan perpus akan tutup, atau mengusir pengunjung lebih tepatnya). Kalau kuat duduk dari pagi sampai sore sih, bisa aja. Tapi sebenernya streaming Running Man terus-terusan dan nggak gantian sama pengunjung lain itu agak selfish, tapi biarlah. Urusan sendiri-sendiri lah itu. Tapi memang nggak banyak juga yang kuat, mungkin hanya 3 sampai 5 episode, sambil nungguin download selesai.

 

Anime

Nonton lanjutan episode Naruto. (Sumber:)

Nonton lanjutan episode Naruto. (Sumber:Photo Credit: lyk3_0n3_tym3 via Compfight cc)

Kenapa dipisahkan sama film/serial? Ya, karena memang beda dan mereka sendiri beragam. Ada banyak banget anime yang bisa ditonton, mulai dari streaming anime yang terkenal macam One Piece, sampai ke anime-anime yang nggak ada yang tahu selain yang nonton.

Gadis rambut pendek dengan penutup mata, vampire yang bawa pistol, sampai cewe rambut pink yang keliatan kaya setan psikopat. Umumnya yang menonton ini pasti punya harddisk eksternal yang dibawa ke mana-mana, karena selalu download episode baru kalau ada kesempatan, dan biasanya mereka bisa following lebih dari tiga jenis anime sekaligus. Mereka nggak bakal duduk selama yang streaming Running Man atau drama korea kok.

 

Sport

Ketinggalan pertandingan NBA kemarin? (Sumber:)

Ketinggalan pertandingan NBA kemarin? (Sumber:Photo Credit: jshyun via Compfight cc)

Yang ini masuk top 5 bukan karena banyak, tapi karena selalu ada meskipun cuma satu dua orang. Misalnya nggak sempet nonton pertandingan bola semalem dan nggak sempet liat highlight di tv, maka nontonlah video highlight via Youtube. Jumlahnya meningkat kalau misalnya lagi Liga Champions atau NBA Playoffs. Mereka kalau nonton itu doang dan nggak ada kepentingan lain, nggak bakal lama-lama stay di Mac Room.

advertisement

 

Smackdown

Bahkan Smackdown bisa ditemui di Mac Room. (Sumber:)

Bahkan Smackdown bisa ditemui di Mac Room. (Sumber:Photo Credit: Cortexmelon via Compfight cc)

Ini masuk top five karena… karena kamu belum tentu pernah liat, meskipun kamu habitatnya di Mac Room. Ada loh, orang yang nonton gulat pro di Mac Room. Terus kenapa masuk top five? Karena hanya ada beberapa orang tertentu yang nonton ini, dan hanya orang-orang itulah yang nonton Smack Down! di Mac Room, dan kamu baru bisa dikatakan penghuni Mac Room kalau kamu berhasil mengidentifikasi orang-orang yang nonton ini. Serius. Kenali tetanggamu, Bung.

Kamu sering main juga ke Mac Room? Atau punya temen yang habitatnya di sana? Share tulisan ini via Facebook, Twitter, dan Line, siapa tau temen kamu sekarang beneran lagi di Mac Room dan baca tulisan ini, lalu mulai berkeliling matanya, nyariin yang nonton Smackdown.

Gambar utama dari thremales.tumblr.com



[reaction_buttons]