6 Alat Pendukung Selama PJJ, Mana Saja yang Sudah Kamu Miliki?

Berbagai alat-alat tersedia untuk mendukung keberlangsungan kamu agar perkuliahan jarak jauh aka PJJ bisa berlangsung dengan lancar. Semua alat-alat tersebut tentunya mudah didapatkan di pasaran. Apa saja? Simak artikel berikut


0

Tools pelengkap untuk kamu selama PJJ – Siapa diantara kalian yang sering kali mengalami masalah teknis ketika PJJ berlangsung? Selain sinyal Wifi yang ilang-ilangan, sering kali banyak masalah teknis yang menghampiri seperti kamera laptop error dan sebagainya. Jika kamu mengalami masalah serupa, berikut alat alternatif yang bisa kamu gunakan selama PJJ berlangsung.

1. Webcam

webcam
Sumber: hngnews.com

Banyak orang yang menggunakan webcam sebagai alat bantu di personal computer atau laptop ketika mereka harus tampil saat meeting atau belajar di via daring. Harga webcam di pasaran khususnya di e-commerce juga berbeda-beda, ada yang mulai dari 50.000 (lima puluh ribu), ada pula yang menyentuh angka ratusan ribu tergantung pada kualitas dan merek webcam tersebut.

webcam lucu binggo
Sumber: windowscentral.com

Ada berbagai ragam webcam seperti webcam yang bisa langsung menjadi microphone, webcam yang bisa mengeluarkan lampu flash, dan lain-lain. Range pixel dari webcam ini juga variatif dari yang resolusi rendah sampai ke resolusi tinggi. Pada akhirnya kamu sendiri lah yang bisa memilih butuh webcam yang seperti apa.

2. Ringlight

ringlight asik
Sumber: Adriana Lacy

Ringlight adalah salah satu dari banyak jenis lampu yang biasa digunakan untuk membantu dalam tata pencahayaan. Ringlight banyak digunakan oleh influencer sebagai alat bantu pencahayaan. Ukuran ringlight beragam ada yang berdiameter 10cm, 16cm, hingga 26cm. Selain itu, keunikan ringlight adalah warnanya yang bisa diubah sesuai dengan mood atau keinginan kita. Biasanya ringlight. bisa diubah kedalam tiga warna agar menghasilkan pencahayaan cold/biru, netral, dan warm/jingga.

Harganya ringlight bervariatif mulai dari sepuluh ribuan hingga ratusan ribu. Ada yang dapat ringlight-nya aja, tapi ada juga yang lengkap dapat baterai, tripod, tas, dan juga alat untuk menjepit handphone sekaligus. Ringlight ini berguna banget untuk kamu yang selama PJJ memiliki ruangan yang gelap atau kurang pencahayaan.

3. Speaker

speaker kecil
Sumber: tokopedia.com

Laptop saya sempat error pada waktu itu, sehingga suara yang harusnya keluar menjadi tidak ada alias bisu. Saya pun mencoba mengakalinya dengan menggunakan headset, akan tetapi telinga saya terasa sakit jika harus memasang benda itu dalam jangka waktu yang lama. Akhirnya saya putuskan untuk membeli speaker.

Speaker bisa juga jadi alternatif lain bagi teman-teman yang memiliki masalah serupa dengan saya. Banyak merek dan harga yang bermacam-macam di pasaran. Saran saya adalah pilih speaker yang jelas merek dan kualitasnya. Syukur-syukur ada garansinya jadi jika sewaktu-waktu ada masalah bisa langsung diurus tanpa beli speaker baru.

BACA JUGA: Buat Kaum Rebahan Selama Liburan, Ini Bahayanya dan Cara Atasinya!

4. Microphone

microphone ajaib pelunas hutang
Sumber: fr.dhgate.com

Sebenarnya kamu bisa menggunakan headset sebagai alternatif jika kamu membutuhkan microphone. Tetapi, jika kamu hobi bikin konten podcast, bisa banget kamu mencoba membeli microphone yang ada di pasaran. Selain suara yang dihasilkan akan lebih halus dan mengurangi noise atau kebisingan dari sekitar tempatmu, audio yang masuk akan terasa lebih bersih dan jernih.

5. Meja portable

meja portable sekali
Sumber: bukalapak.com

Duduk di meja belajar secara terus menerus dan berulang-ulang membuat badan terasa pegal-pegal dan kaku ketiga digerakan. Alhasil, beberapa kali saya belajar di lantai, saya memutuskan menggunakan meja lipat atau meja portable agar bisa bergerak lebih leluasa. Selain dapat dipindah-pindah kemanapun kamu mau, meja lipat ini juga multifungsi dan dapat kamu gunakan di mana saja.

6. Stationary

aksesoris
Sumber: thearchitecsguide.com

Ada beberapa dari kita yang senang menacatat langsung di komputer atau tablet secara digital dengan menggunakan tools-tools yang tersedia, namun ada juga yang senang menggunakan alat tulis yang lucu-lucu seperti pen brush, pulpen glitter, stiker, pulpen warna-warni, dan lain-lain. Saya pribadi senang mencatat menggunakan perangkat digital dengan memanfaatkan tools yang ada di laptop, namun kadang berkreasi menggunakan pulpen warna-warni juga menyenangkan. Alat-alat tulis tersebut bisa kita temui di toko buku sekitar kita atau di e-commerce.

BACA JUGA: Mengawali Semester Baru dengan PJJ, Apa Kata Anak UI?

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply