6 Alternatif Ini Membuatmu Tetap Hasilkan Uang meski Kuliah di Rumah

Bagaimana sih cara mendapatkan uang meski harus belajar di rumah? Yuk, simak enam alternatif untuk menghasilkan uang meski harus kuliah di rumah versi AnakUI!


0

Anjuran pemerintah untuk menjalani kegiatan belajar di rumah tentunya berdampak pada kebiasaan masyarakat. Bagi orang tua, kebijakan ini membuat orang tua tak perlu mengeluarkan uang saku bagi anak-anaknya. Hal ini tentunya menjadi masalah bagi mahasiswa yang terbiasa menjadikan uang jajan sebagai pemasukan utama.

Eits, tapi bukan mahasiswa namanya kalo gak punya ide kreatif untuk menghasilkan uang tambahan. Meski gak bisa pergi ke kampus, kamu bisa loh menambah pemasukan tanpa perlu beranjak dari rumah.

Bagaimana sih cara mendapatkan uang meski harus belajar di rumah? Yuk, simak enam alternatif untuk menghasilkan uang meski harus kuliah di rumah versi AnakUI!

1. Mulai Berjualan Online

Sumber: Pexels

Dalam kondisi seperti ini, berjualan online bisa jadi salah satu opsi untuk mengisi pundi-pundi. Hal ini bukan tanpa sebab. Selama pandemi, konsumen tidak leluasa untuk berbelanja ke mall sehingga minat konsumen beralih ke belanja online.

AnakUI, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk memulai bisnis online. Selain tidak memerlukan modal yang banyak, pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa memulainya dengan membuka usaha preloved store dan menjual barang kesayanganmu yang sudah tak terpakai. Untuk brand tertentu, biasanya punya nilai jual lebih tinggi lho! Jika ditekuni dengan baik, usaha ini dapat mendatangkan uang dengan sendirinya.

2. Jadi Tutor Online

Sumber: Pexels

Situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah membuat pelajar memiliki banyak waktu luang untuk belajar di rumah. Tentunya situasi ini meningkatkan permintaan terhadap jasa tutor online, sebab pelajar membutuhkan pengajar tambahan guna membantu menyelesaikan tugas.

Sekarang, coba deh pikir-pikir, kira-kira kamu punya materi pelajaran atau keterampilan yang kamu kuasai gak sih?  Bila AnakUI menguasai mata pelajaran tertentu, profesi tutor online bisa jadi pilihan kamu untuk mengisi waktu luang. Selain pelajaran sekolah, keterampilan tambahan seperti desain gratis, penulisan kreatif, atau fotografi juga bisa kamu ajarkan kepada orang lain untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

BACA JUGA: Sidang Skripsi Bukan Momok Yang Menakutkan, Simak Deh 4 Tips Ini!

3. Penerjemah

Sumber: Getty Images/iStockphoto

Buat AnakUI yang tergabung dalam jurusan sastra asing, ini saat yang tepat bagi kamu untuk memaksimalkan potensimu dengan menjadi penerjemah. Profesi ini juga tidak sesulit yang kamu bayangkan kok, apalagi jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik.

Bisnis tanpa modal yang satu ini sangat tepat dikerjakan disela-sela aktivitas tanpa mengganggu waktu kuliah. Selain itu, profesi ini juga menghasilkan uang tambahan sebab saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah. Tinggal cari klien yang tertarik untuk menggunakan jasa dan Voila! Uang jajan tambahan pun berhasil kamu dapatkan!

4. Isi Survei dan Kuesioner Online

 

Sambil mengisi kegabutan, yuk kunjungi situs survei berbayar seperti ClixSense, Toluna, SurveyOn, dan sebagainya. Lewat situs berikut, nantinya kamu akan mendapatkan imbalan setelah mengisi survei atau kuesioner yang diberikan. Biasanya sih imbalannya berupa poin. Setelah poin tersebut berhasil kamu kumpulkan, kamu bisa menarik hasilnya atau membelanjakan poin tersebut.

BACA JUGA: Keseruan Malam Puncak Acara OKK UI 2020, Kontribusi Memberi Arti

5. Blogger

Sumber: Shutterstock

Bila kamu tertarik di bidang tulis menulis, kamu bisa menuangkan tulisanmu dan menjadi seorang blogger. Di dalam blog tersebut, kamu bisa membagikan beragam informasi faktual dan actual, tips dan trik, pengalaman pribadi, atau opini seputar tren terkini untuk menarik perhatian pembaca.

Supaya semakin banyak orang yang menelusuri blog kamu, kamu bisa memanfaatkan trafik hasil pencarian di search engine, seperti Google. Dari trafik ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar tren terkini. Nah, setelah itu, kamu tinggal menyesuaikan keyword pada blog dengan hasil pada trafik tersebut. Inget, semakin banyak orang yang mengunjungi blog kamu, maka semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan.

6. Buat Podcast

Situasi pandemi yang membatasi kita untuk berinteraksi dengan orang lain membuat manusia cenderung jenuh dan merasa kesepian. Untuk mengisi rasa kesepian itu, kamu bisa loh saling membagikan cerita dan mengisi kekosongan lewat podcast.

Buat yang belum tahu, podcast adalah rekaman audio berupa monolog atau percakapan dengan topik tertentu. Untuk membuat podcast, kamu gak butuh banyak peralatan. Untuk pemula, cukup gunakan aplikasi Anchor yang dapat membantumu merekam dan mengunggah rekaman hanya dengan bermodalkan gadget. Cukup gadget dan headset agar suara yang terekam terdengar jelas dan jernih. Menariknya lagi, kamu juga bisa mendapatkan uang dari hasil rekaman yang kamu buat dengan cara memonetisasi akun sendiri.

Itu tadi enam alternatif yang bisa menghasilkan uang dan bisa kamu lakukan selama #DiRumahAja. Meskipun harus belajar di rumah, kamu harus tetap semangat dan jaga kesehatan ya, AnakUI! Agar kamu bisa tetap produktif dan segera bertemu dengan teman lagi.

BACA JUGA: Mau S2 di UI Tanpa Ujian SIMAK? Begini Caranya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply