6 Fasilitas Unik di UI yang Wajib Kamu Tahu

Universitas Indonesia menyediakan fasilitas-fasilitas keren yang bisa digunakan keluarga Universitas Indonesia dan publik juga lho!


0

Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai salah satu universitas bergengsi di Indonesia. Selain karena ketatnya seleksi masuk yang menjadikannya bergengsi, UI menjadi incaran banyak orang karena akreditasinya yang unggul, tenaga pengajar yang hebat, dan tidak ketinggalan, fasilitas-fasilitas penunjangnya yang keren-keren, lho!

UI menyediakan berbagai macam fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar mahasiswanya. Tapi, UI tidak menuntut mahasiswanya untuk belajar terus, lho! UI juga menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang untuk kegiatan seni dan olahraga mahasiswanya. Keren banget kan?

Kalau berbicara tentang fasilitas di UI, wah, mengacungkan 2 jempol pun tidak cukup, deh, rasanya! Nah, mari kita bahas beberapa fasilitas keren yang ada di Kampus UI Depok yang bakal bikin kamu terkagum-kagum.

1. Crystal of Knowledge

Sumber: factsofindonesia.com

Sebuah kampus pastinya tidak akan lengkap tanpa adanya perpustakaan, tentunya UI juga punya, dong! Crystal of Knowledge ini merupakan perpustakaan pusat UI, dengan luas bangunan sebesar 33.000 m2 dan menempati lahan seluas 2,5 Ha. Crystal of Knowledge ini memiliki lebih dari 6 juta koleksi buku, memiliki ruang baca, dilengkapi 100 buah silent room, dan dapat menampung 10.000 orang pengunjung sekaligus, wow! Di lantai bawah perpustakaan ini terdapat fasilitas restoran Korea, cafe, hotspot area, toko merchandise, bahkan kantor pos. Kamu pasti betah, deh, kalau datang ke sini!

2. FelFest

 

Sumber: Felfestui.com

Felfest UI atau Felicity Festival UI merupakan salah satu fasilitas Universitas Indonesia untuk mendukung kegiatan dan program kampus. Felfest ini sebelumnya khusus untuk kegiatan mahasiswa, dosen, dan member saja. Tapi, saat ini Felfest sudah dibuka untuk umum.  Felfest UI menyediakan berbagai macam fasilitas di dalamnya, di antaranya meeting point, lakeside gathering indoor dan outdoor, sebagai weeding venue, dan fasilitas olahraga seperti lapangan golf driving range, panahan, dan kolam renang. Kuy, mampir untuk olahraga di weekend!

BACA JUGA: 8 Jenis Olahraga Yang Asik Dilakukan Pagi Hari di UI

3. Sarana Olahraga (SOR) UI

Sumber: ui.ac.id

Pembangunan SOR UI ini merupakan upaya pengembangan kawasan olah raga yang telah tersedia sebelumnya, yaitu berupa revitalisasi lapangan tenis, lapangan basket, dan lapangan Voli. SOR Zona 1 ini memiliki luas bangunan sebesar 7.425 m2 dan memenuhi standar internasional, loh!

SOR Zona 1 memiliki 2 indoor hall yang masing-masing terdiri atas 3 lapangan multisport, sehingga tersedia total 6 lapangan. Bangunan ini ditunjang pula dengan fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi, ruang ganti dan loker, mushola, juga tangga dan ramp untuk memfasilitasi penyandang disabilitas. Yuk, main ke sana!

4. Gymnasium UI dan Stadion UI

Sumber: twitter.com oleh MI_Calcio

UI sangat-sangat mendukung mahasiswanya untuk berolahraga, ya, sebab lagi-lagi kita akan membahas sarana olahraga di UI, nih. Gymnasium UI merupakan fasilitas olahraga indoor yang mencakup lapangan voli dan lapangan bulu tangkis. Gymnasium UI sering dijadikan tempat perlombaan bola voli dan bulu tangkis antar fakultas di UI. Sementara itu, Stadion UI memiliki fasilitas berupa lapangan sepakbola, lintasan atletik, serta lompat jangkit di dalamnya. Tentu saja, terdapat juga tribun penonton dan ruang ganti, sebagaimana stadion sepakbola tim profesional yang kamu tahu!

5. Pusgiwa

Sumber: twitter.com oleh ui_fess

Pusgiwa merupakan kepanjangan dari Pusat Kegiatan Mahasiswa. Ya, sesuai namanya, gedung ini digunakan sebagai tempat kegiatan mahasiswa Universitas Indonesia dan tempat kerja staff-staff Universitas Indonesia. Uniknya, gedung Pusgiwa yang terdiri dari 8 lantai ini menggunakan konsep green building, loh! Selain hemat energi, gedung ini juga ramah terhadap mahasiswa difabel. Keren banget, ya!

6. i-CELL FTUI

Sumber: Dokumentasi pribadi

i-CELL merupakan singkatan dari Integrated Creative Engineering Learning Laboratory. Yap, sesuai namanya, i-CELL ini merupakan fasilitas laboratorium penelitian terintegrasi yang dimiliki oleh fakultas teknik. i-CELL FTUI memiliki luas bangunan sebesar 8.410 m2, yang terdiri atas 8 lantai dan 1 rooftop laboratorium. Gedung ini menerapkan konsep smart building dan green building sekaligus, loh! i-CELL melakukan upaya implementasi energi bebas karbon, sirkulasi udara, serta memiliki fitur teknologi water harvesting dan solar panel sebesar 101 kWp.

Selama berkuliah di UI, fasilitas apa saja yang telah kamu coba?

Juga walaupun kamu belum pernah ke UI, yuk catat lokasi-lokasi di atas untuk kamu kunjungi nanti!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
2
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
1
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
Andreas Chrisdikananda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi angkatan 2017. Yuk, Baca artikel dari saya lainnya

0 Comments

Leave a Reply