Pertengahan Maret kemarin, anak UI terpaksa menghentikan perkuliahan tatap muka di kelas dan menggantinya dengan PJJ alias perkuliahan jarak jauh karena adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk tetap #dirumahaja. Tapi, mudah-mudahan hal ini dapat mencegah pandemi ini semakin luas dan Universitas Indonesia tetap aman dan sehat, ya.

PJJ sudah berjalan hampir dua bulan, namun rasanya sudah dua tahun gak ketemu temen-temen dan ngerasain vibe ngampus. Untuk mengobati rindu, yuk sama-sama ngobrolin mengenai hal yang mungkin terlihat nyebelin namun ngangenin untuk dilakukan di kampus kuning kita ini!

1. Bunyi-Bunyian di Halte Stasiun UI

Lampu merah Halte Stasiun UI. (sumber: kimmidoremi.blogspot.com)

Kalau ngobrolin Halte Stasiun UI, pasti salah satu yang lewat di benak kita adalah bunyi khas “tetot tetot” yang berasal dari lampu penyebrangan Halte Stasiun UI. Mungkin bagi sebagian kita bunyi itu mengganggu dan bikin sebel karena menimbulkan berisik. Namun bunyi-bunyian itu sangat membantu loh untuk teman-teman kita yang tunanetra, karena dapat membantu mereka mengetahui kapan lampu penyebrangan berubah warna menjadi hijau.

Selain bunyi lampu, pasti gak asing juga dong dengan suara petugas PLK yang memarahi pengendara bermotor di Halte. Suara yang diulang-ulang tiap ada pengendara bermotor yang bandel berhenti di depan halte ini mungkin bikin kita sebel sendiri, namun sudah sewajarnya petugas mengingatkan supaya hal ini tidak mengganggu jalur masuk Bis Kuning. Makanya, buat kalian yang masih sering bandel, selepas PJJ ini jangan lupa untuk lebih tertib supaya gak kena omel ya!

BACA JUGA: Seberapa Sering Sih Kamu Gunain Tombol Lampu Penyeberangan Stasiun UI?

2. Lari-Larian Demi Gak Telat Kelas

Mini heart attack ketika melihat bikun sudah sampai tapi kamu belum sampai halte (sumber: nawalakarsa.id)

Siapa sih yang gak kesal kalau kesiangan kelas? Apalagi kalau harus lari-larian mengejar bikun yang kita gak tahu berapa lama lagi bakal datang (dan apakah masih muat untuk kita atau enggak). Memang PJJ bikin kita terhindar dari lari-larian menuju kelas tersebut, tapi pasti kalian kangen dengan rasa tegang yang didapat saat lari-larian dan rasa bangga ketika akhirnya bisa naik bikun dan sampai di kelas lebih dahulu sebelum dosen, kan?

advertisement

BACA JUGA: Selain Antar-Jemput Mahasiswa, Bikun Juga Bisa Telolet Lho!

3. Nugas di Perpusat

Hayo ngaku, siapa yang pantang pulang sebelum dengar lagu daerah? (sumber: news.okezone.com)

Kalau lihat perpusat, bawaannya ingat tugas yang bikin pusing, deh. Namun, pasti ada sedikit rasa kangen sama perpusat yang bisa meningkatkan produktivitasmu dalam mengerjakan tugas ini. Perpusat punya banyak banget koleksi referensi buku yang bisa membantumu mendapatkan nilai sempurna. Selain itu, bisa juga loh refreshing dari penatnya nugas dengan membaca novel yang ada di rak 600.

Selain ruang baca, pasti kangen juga sama kebun apel, dimana lebih banyak yang menggunakan laptopnya sendiri daripada memanfaatkan iMac yang ada. Jangan lupain juga jajanan yang ada di perpusat, seperti Javaroma dan Kantinnya!

BACA JUGA: Lima Kenangan yang Selalu Diingat di Indomaret Perpusat UI #ByeSnackMurah

4. Explore Kantin UI

Kamu team Takor atau Balsem? (sumber: food.detik.com)

Pergantian jam kuliah yang lumayan panjang tentu bikin kesal dan bosan, namun pasti kalian kangen sama satu hal ini: kulineran di kantin fakultas-fakultas UI! Penat karena tugas langsung hilang karena bisa makan sate Fasilkom yang murah meriah, mie ayam bakso keju bu’e di Takor FISIP, nasi goreng sambil menikmati pemandangan riverside di KaFE FEB, sampai mencoba kemewahan steak di kantin Pusat Studi Jepang sama teman segeng. Karena PJJ, terpaksa harus masak dan makan sendiri, deh!

BACA JUGA: Berikut Ini Tipe-Tipe Pengunjung Kantin di UI, Kamu Termasuk yang Mana?

advertisement

5. Hype Organisasi dan Kepanitiaan Yang Hectic Banget

Semangat untuk para budak proker! (sumber: bempsikologi.ui.ac.id)

Yang ini, biarpun bikin kesal dan bikin repot, tapi tetap punya tempat kecil di hati dong. Inget ribetnya susun jadwal rapat dan saat-saat dimana ngobrol gak jelasnya lebih banyak dari pada rapatnya, kan? Ada juga saat-saat dimana terpaksa harus ngerjain printilan kepanitiaan pas lagi kelas. Apalagi kalau udah mulai dekat hari H, bisa-bisa sampai nginep bareng buat ngurusin sana sini! Biarpun begitu, berproses bersama teman-teman satu kepengurusan dan melihat hasil jerih payah sendiri itu merupakan salah satu perasaan yang dikangenin tentunya. Mudah-mudahan acara-acara yang tertunda bisa segera dilaksanakan seusai social distancing, ya.

BACA JUGA: Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakuin Ketika Daftar di Organisasi!

6. Kelegaan Sepulang Kuliah

Senja di UI emang paling bikin kangen. (sumber: tentangkampus.id)

Hal paling dikangenin dan paling ditunggu setiap harinya yaitu perasaan lega dan puas setelah selesai menjalani hari! Entah itu nongkrong di selasar bareng teman-teman sejurusan sambil ngomongin banyak hal, jalan sama temen atau pacar ke margonda untuk makan malam, atau sekadar menikmati senja di perjalanan pulang sambil denger lagu kesukaan. Kuliahnya mungkin gak begitu menyenangkan, namun perasaan lega setelahnya pasti membekas, kan?

Wah, biarpun hari-hari kuliah tatap muka melelahkan, namun ternyata tetap bikin kangen juga, ya. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa bertemu di kampus kuning tercinta dengan keadaan sehat, ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan!

BACA JUGA: Dari #AkuKangen sampai #AkuMasihKangen, Kapankah Rindu ini Berujung Temu?

Gambar header Senja di Kampus UI (sumber: suaramahasiswa)