6 Hal Yang Bisa Bikin Liburan #DiRumahAja Jadi Produktif

Pandemi Corona belum usai-usai nih. Terus, apa dong yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif menghabiskan waktu di rumah? Ini dia


0
1 share

Akhirnya kita berjumpa juga dengan liburan! Setelah sekian lama berkutat dengan Ujian Akhir Semester, akhirnya mahasiswa UI bisa bernafas lega dan menikmati liburan semester ini meskipun agak telat! Namun, pandemi yang belum usai menandakan kalau kita harus tetap menghabiskan liburan tersebut di rumah aja demi keamanan kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita.

Terus, apa dong yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif menghabiskan waktu di rumah? Berikut ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah supaya bisa dapat “sesuatu” menurut anakUI.com. Bisa dicoba, nih!

1. Ikut Kelas-Kelas dan Webinar Online

Ikutan kelas-kelas online yang bisa menambah insight untukmu! (Sumber: BTK)

Jaman pandemi gini, semakin banyak platform yang mengadakan webinar atau kelas online untuk mempelajari keahlian tertentu, misalnya marketing, programming, sains, sampai personal development. Ada yang menyediakan satu kali webinar untuk mempelajari satu hal, ada juga yang menyediakan kelas-kelas yang bisa diikuti selama beberapa kali pertemuan, baik secara realtime atau tidak. Berikut beberapa website yang bisa kamu kunjungi untuk mengikuti kelas-kelas online:

Ada beberapa yang juga sering membuka kelas secara gratis, loh! Makanya, harus sering-sering cek dan jangan lupa untuk segera mendaftar karena biasanya kuota kelas terbatas.

2. Belajar Bahasa Asing

Saat belajar bahasa, rajin latihan adalah kunci! (Sumber: KnowYourMeme)

Untuk kalian penggemar film-film non-berbahasa Indonesia seperti film berbahasa Inggris, Prancis, Jepang hingga Korea, pengen nggak sih coba untuk mengerti sedikit tentang perbincangan mereka tanpa melihat subtitle? Nah, belajar bahasa asing bisa jadi salah satu aktivitas selama liburan untuk mewujudkan keinginanmu itu! Sudah banyak platform yang tersedia untuk membantumu belajar bahasa asing secara online, seperti Duolingo dan Busuu. Banyak juga loh, yang menyediakan video pembelajaran bahasa secara gratis di Youtube. Jangan lupa catat yang kamu pelajari dan ulangi terus sampai bisa, ya!

3. Belajar Investasi

Daripada dipakai buat jajan, mending sisihkan sebagian uang dinginmu untuk investasi dan nabung saham! (Sumber: KnowYourMeme)

Nah, ini dia salah satu yang lagi rame sejak kemarin. Banyak yang bilang, pandemi ini adalah saat yang tepat untuk investasi, supaya kita memiliki dana cadangan lebih untuk hal-hal yang tidak terduga. Saat ini, banyak loh perusahaan yang menyediakan reksadana atau perusahaan sekuritas yang dapat membantu kita untuk membuka rekening secara online. Namun, jangan asal investasi, ya. Ada baiknya untuk belajar lebih lanjut dulu mengenai investasi melalui akun-akun seperti @ngertisaham, Felicia Putri Tjiasaka atau mengikuti Sekolah Pasar Modal yang biasa diadakan oleh Bursa Efek Indonesia dan perusahaan-perusahaan sekuritas. Siapa tahu aja, suatu saat kamu bisa jadi sekaya Han Ji Pyeong dari drama Start Up. Tapi jangan lupa untuk menanamkan mindset bahwa investasi itu adalah menabung, bukan berjudi atau mendapat uang secara instan, ya!

4. Belajar Memasak

Yang tadinya cuma bisa masak di game, sekarang bisa masak beneran! (Sumber: TechInAsia)

Gak bisa dipungkiri kalau memasak itu adalah basic survival skill, yang artinya semua orang harus dapat melakukannya untuk dapat bertahan hidup. Makanya, gak ada salahnya buat kalian yang belum bisa masak, bisa belajar mengikuti resep-resep sederhana yang sering muncul di Youtube atau media sosial lainnya. Kalau sudah mahir, bisa juga loh mulai berkreasi dengan ngintip akun-akun Tiktok yang gemar memasak atau akun Youtube memasak seperti pufflova.

5. Jualan dan Belajar Bisnis

Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit, loh! (Sumber: Liputan6)

Buat yang pengen mencari cuan di rumah, belajar bisnis dan mulai jualan bisa jadi salah satu alternatif loh. Misalnya, mulai jadi reseller produk barang-barang yang kamu suka, seperti keperluan sehari-hari atau barang lainnya. Selain itu, buat kalian yang hobi masak juga bisa mencoba untuk menjual hasil karya kalian lewat berbagai macam media seperti media sosial atau ecommerce, loh. Banyak juga kelas-kelas bisnis yang diadakan secara online, atau blog dan artikel yang membantumu untuk memahami bisnis dan menggunakan platform ecommerce serta fitur-fiturnya.

6. Berkarya dan lakukan yang kamu suka!

Jangan lupa bahagia! (Sumber: HuffPost)

Yang terakhir, jangan lupa untuk tetap berkarya dan lakukan yang kamu suka! Kamu suka menggambar? Suka menulis? Suka main musik? Suka ngobrol dan tertarik bikin Podcast? Manfaatkan waktu liburan di rumah ini untuk mendalami hal-hal yang kamu suka dan buat dirimu bahagia. Kamu suka nonton drama korea? Suka ngomongin film? Suka baca novel? Manfaatkan juga waktu ini untuk mempelajari hal-hal yang baru lewat film, drama, dan novel yang kamu tonton dan kamu baca. Jangan lupa, dimanapun kamu berada, tetap jaga kesehatan dengan makan dan minum semua yang sehat, serta patuhi selalu protokol kesehatan.

Selamat mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi, ya!

BACA JUGA: Gimana Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru UI Sebelum Adanya Pandemi?


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. More of Ameni's Articles | Connect with her on LinkedIn

0 Comments

Leave a Reply