6 Tips Mengerjakan Skripsi agar Selesai Tepat Waktu

Buat kamu yang sedang berjuang skripsian dan pengin selesai tepat waktu, 6 enam tips mengerjakan skripsi yang bisa kamu coba.


0

Skripsi sering kali menjadi momok bagi para mahasiswa. Butuh perjuangan ekstra untuk menyelesaikan karya tulis tersebut agar bisa lulus kuliah dengan selamat. Kalau nggak hati-hati, bisa-bisa nggak selesai tepat waktu, deh.

Buat kamu yang sedang berjuang mengerjakan skripsi dan pengin selesai tepat waktu, kali ini anakui.com akan memberikan enam tips yang bisa kamu coba. Check it out!

1. Tentukan Topik Sebelum Semester Akhir

tips mengerjakan skripsi
Gambar oleh Robin Higgins dari Pixabay

Sebelum kamu menjadi mahasiswa tingkat akhir, usahakan untuk sudah memiliki topik yang akan kamu bahas dalam skripsi. Nggak harus topik spesifik, kamu bisa mulai dengan memikirkan topik umum terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih mudah menentukan topik yang spesifik.

Usahakan juga kamu memilih topik yang memang kamu suka, bukan karena ikut-ikutan teman atau alasan yang lain. Memilih topik yang kamu suka akan membuat kamu lebih enjoy ketika mengerjakan skripsi nanti.

Selain menentukan topik, kamu juga bisa mulai memikirkan data apa yang kira-kira cocok dengan topik tersebut. Jika kamu sudah punya konsepnya, kamu pun akan lebih mudah mengerjakan proposal.

2. Perbanyak Baca Buku

tips mengerjakan skripsi
Gambar oleh PourquoiPas dari Pixabay

Untuk mematangkan opsi-opsi topik yang sudah kamu pikirkan, kamu perlu membaca sumber-sumber buku yang berkaitan dengan topik tersebut. Selain buku, kamu juga bisa membaca sumber internet, jurnal, dan skripsi terdahulu yang punya topik serupa.

Namun, jangan batasi buku yang kamu baca, ya. Kamu juga bisa mencari referensi lain yang mungkin saja bisa memberikan sudut pandang baru yang membuatmu tertarik untuk membahasnya.

3. Atur Jadwal dan To-do List

tips mengerjakan skripsi
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Tips mengerjakan skripsi selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengatur strategi. Setelah menyiapkan opsi topik dan banyak membaca buku, saatnya kamu mulai mengatur strategi ketika memasuki semester akhir. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur jadwal dan to-do list. Buat deadline untuk dirimu sendiri, misalnya kapan harus selesai mengerjakan proposal, mengumpulkan data, dan seterusnya.

Kalau kamu masih punya beban mata kuliah, tentu kamu memerlukan strategi yang berbeda dalam mengerjakan skripsi. Coba atur waktumu dan bedakan kapan harus mengerjakan tugas dan kapan harus mengerjakan proposal atau skripsi. Jangan sampai dua-duanya bentrok dan malah membuat jadwalmu berantakan, ya.

4. Kerjakan Secara Rutin

tips mengerjakan skripsi
Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Setelah proposalmu disetujui, jangan sekali-kali menunda waktu untuk mengerjakan skripsi. Sering menunda waktu justru akan membuatmu terbiasa menyepelekan skripsi dan akhirnya nggak tersentuh sama sekali. Ujung-ujungnya kamu akan keteteran saat mendekati deadline.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengerjakan skripsimu secara rutin setiap hari. Tidak perlu banyak dan berlama-lama, yang penting ada progres setiap harinya. Seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan aktivitas tersebut dan skripsi pun nggak menjadi beban buatmu.

Ingat, jangan mengerjakan skripsi dengan metode SKS alias sistem kebut semalam, ya. Selain akan membuat kamu capek, hasilnya pun nggak akan maksimal. Pasti kamu nggak mau lulus dengan nilai pas-pasan, kan?

5. Jaga Komunikasi dengan Pembimbing

jaga komunikasi dengan pembimbing

Gambar oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Dosen pembimbing (dosbing) merupakan sosok yang bisa kamu andalkan selama pengerjaan skripsi. Beliau akan dengan senang hati membantumu jika kamu cukup komunikatif dan nggak ilang-ilangan. Jadi, jaga komunikasimu dengan dosbing, ya.

Setiap kamu menemukan masalah ketika mengerjakan skripsi, sebisa mungkin segera konsultasikan masalah tersebut dengan dosbing. Selain itu, kamu juga bisa menyetor progres mingguan agar dosbingmu bisa lebih mudah mengecek pengerjaan skripsimu. Cara ini juga akan meringankan beban revisimu menjelang deadline.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menjaga sopan santun ketika berkomunikasi dengan dosbing. Terlebih ketika pandemi seperti ini, kamu hanya bisa berkonsultasi via chat, telepon, atau video call. Kamu bisa berinisiatif untuk terlebih dahulu menghubungi dosbing dan menanyakan metode komunikasi jarak jauh seperti apa yang kira-kira cocok dengan beliau.

Ingat ya, kalau kamu memperlakukan dosbingmu dengan baik, beliau pun akan memperlakukan hal yang sama padamu.

6. Jangan Tunda Revisimu

jangan tunda revisi
Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay

Last but not least, jangan tunda waktu untuk mengerjakan revisi. Setiap kamu menyetor progres pada dosbing, kamu akan diberi catatan mengenai hal-hal yang perlu kamu perbaiki. Sebisa mungkin kerjakan perbaikan tersebut sembari melanjutkan bagian selanjutnya.

Jika kamu tidak segera mengerjakan revisi dari dosbing, revisi tersebut lama-kelamaan akan menumpuk dan membebanimu di detik-detik akhir. Kamu pasti nggak mau stres hanya karena mengerjakan skripsi, kan?

Itu tadi enam tips mengerjakan skripsi agar selesai tetap waktu yang bisa kamu coba. Tips tersebut berlaku pada semua sistem kuliah, baik online maupun offline. Kalau kata Sisca Kohl, “Mudah, kan? Selamat mencoba!”


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply