Mungkin kamu bingung kalo melihat berbagai senior kamu yang udah jadi alumni tetap suka bersemayam di kampus. Mungkin kamu gak peduli, tapi lebih besar kemungkinan kalau kamu akan berpikiran kemana-mana tentang alumni-alumni yang berkeliaran itu.

BACA JUGA: 7 Entrepreneur Alumni UI yang Sukses Melahirkan Puluhan Ribu Lapangan Pekerjaan

Pemikir konvensional biasanya langsung terbersit di otaknya “Lah, mereka gak kerja apa?” Karena anakui gak sesederhana itu otaknya, mari kita luruskan beberapa hal mengenai alumni-alumni yang masih ‘ngampus’ itu.

 

Lagi S2

Mungkin mereka lanjutin S2 via silviajunaidi

Mungkin mereka lanjutin S2 via silviajunaidi

Ini mungkin aja. Kalau kamu lihat senior kamu yang udah jadi alumni, dan kamu inget banget kamu pernah dateng ke wisudanya beliau, kemungkinan dia emang bolak-balik kampus lagi S2 atau malah udah siap ngajar.

BACA JUGA: Nah, Ini Dia Perbedaan Antara Mahasiswa S1 dan S2

advertisement

Sah-sah aja dong balik ke kampus? Kalau kamu sendiri gak tau alasan senior itu ngampus terus, berarti kamu gak bersosialisasi sama senior dan alumni kamu, sayang sekali.

 

Kerja di industri kreatif

Bisa aja mereka kerja di industri kreatif kayak Raditya Dika via kata-kata

Bisa aja mereka kerja di industri kreatif kayak Raditya Dika via kata-kata

Jam kerja industri kreatif itu gak sekonvensional dan strict jam kantor biasa. Bisa aja malah dia sekarang kerjaannya adalah penulis atau desainer grafis, atau dia bisnis dan punya passive income. Gak berarti kehadirannya di kampus bisa kamu jadikan alasan nganggep dia pengangguran dong? Meskipun mungkin, coba cari tau.

 

Kangen kantin

Atau mungkin mengenang masa-masa sering ngutang di kantin via

Atau mungkin mengenang masa-masa sering ngutang di kantin via bpmfmipaui

Ini makes sense juga, sih. Kamu juga kalau misalnya udah lulus ada kalanya kangen sama kantin kampus, terutama kamu yang semasa kuliah memang doyannya bersemayam di sana ngeliatin gebetan. Atau kamu emang suka nongkrong karena suka makan atau suka atmosfir rame-rame sayup-sayup suara obrolan kantin yang unik itu.

Boleh bangetlah alumni kangen kantin. Malah penulis berharap banget alumni macam Dian Sastro mau singgah ke Kansas lagi. Bolehlah sekalian foto bareng.

advertisement

 

Dimintain bantuan sama senior kamu

Bisa jadi Dimintain bantuan sama senior kamu via bpmfmipaui

Bisa jadi Dimintain bantuan sama senior kamu via bpmfmipaui

Ini possible juga. Ada aja acara atau kepentingan senior kamu yang butuh bantuan orang yang berpengalaman, dan salah satunya adalah alumni.

BACA JUGA: Beberapa Alasan Kenapa Maba Harus Dengerin Seniornya

Boleh dong senior kamu summon alumni ke kampus buat minta bantuan, entah itu bantuin ngurus acara, jadi supervisor acara sampai ke ngelatih teater atau jadi juri lomba.

 

Ngutang jurnal

Ngutang jurnal via greensingkong

Ngutang jurnal via greensingkong

Yaaaa ini bisa dibilang yang paling mainstream. Mereka masih utang jurnal, mereka belum lulus secara maksimal karena ijazah masih ditahan gegara perkara tugas akhir yang kesannya eternal. Alhasil, bolak-balik kampus buat bimbingan jurnal deh sama dosen. Makanya kamu sering liat alumni berkeliaran.

 

Emang masih nganggur

Ya, walaupun ada kemungkinan masih nganggur juga sih via wepreventcrime

Ya, walaupun ada kemungkinan masih nganggur juga sih via wepreventcrime

Ini hard fact. Kenyataan kadang pahit dan ga setiap sarjana bisa dapet kerja dengan mudah. Dunia di luar sana keras, Bung. Tapi gak berarti kamu boleh nge-judge mereka based on that loh. Siapa tau, siapa tau loh ya, amit-amit sih, kamu lulus juga bakal bernasib sama. Amit-amit dah!

 

Ngunjungin pacar

Nah, atau nggak ngunjungin pacar yang masih belum lulus juga via hipwee

Nah, atau nggak ngunjungin pacar yang masih belum lulus juga via hipwee

Pernah denger pacaran beda agama? Berarti gak asing sama pacaran beda angkatan dong ya. Atau bisa aja angkatan sama tapi yang satu telat lulus. Intinya skenario ini juga mungkin jadi alasan kenapa ada alumni yang sering bolak-balik kampus, bahkan lebih sering dari kamu yang masih kuliah.

Nah, gimana, apa kamu ada alasan lain? Share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, siapa tau emang ada temen kamu yang bertanya-tanya kenapa itu alumni di kampus kok masih suka ngeliat batang idungnya.